Jika mendengar kata ‘bekerja’, pasti yang pertama kali kamu bayangkan adalah pergi ke kantor, berpakaian rapi, lalu berhadapan dengan setumpuk data yang diberikan oleh atasan. Duh, membayangkannya saja sudah pusing. Tapi ada juga lho pekerjaan-pekerjaan unik di dunia ini yang menantang, jauh dari perasaan suntuk, tetapi memiliki penghasilan yang menggiurkan! Kamu bahkan bisa mencoba salah satu dari pekerjaan-pekerjaan itu dan menjadikannya peluang bisnis.

Apa saja sih bidang pekerjaan tersebut? Yuk, simak daftar di bawah ini!

1. Kamu yang punya selera bagus dan supel dengan semua orang bisa menjadi asisten belanja pribadi atau personal shopper

Personal shopper via experience.tripster.ru

Kalau kamu memiliki ketertarikan di dunia mode, pekerjaan ini bisa menjadi pilihan karirmu. Personal shopper menyediakan jasanya untuk membeli barang-barang pesanan klien. Barang-barang yang dipesan biasanya berupa barang mewah dengan edisi terbatas.

Kebanyakan klien personal shopper berasal dari kaum sosialita, atau wanita karir yang terlalu sibuk untuk berbelanja namun harus tetap memperhatikan busananya. Sering mendapat pesananan yang ajaib, tidak jarang pula seorang personal shopper harus pergi ke luar negeri atau menghadiri pelelangan barang mewah untuk memburu barang-barang yang diinginkan klien.

Advertisement

Lalu bagaimana dengan penghasilan yang didapat oleh personal shopper? Fee menjadi personal shopper biasanya ditentukan lewat negosiasi dengan klien. Kika reputasi personal shopper sudah tinggi, ia dapat mematok fee sendiri. Angka yang dihasilkan pun cukup mencengangkan. Dalam sebulan, personal shopper bisa mendapat penghasilan hingga 100 juta rupiah.

Saat ini juga sudah ada perusahaan yang khusus bergerak di bidang personal shopper pertama dan satu-satunya di Indonesia, yaitu PT. Republik Kupu Adigaya. Mungkin ada di antara kamu yang sudah siap-siap mau melamar di perusahaan ini? :p

2. Buatmu yang piawai memegang kamera dan kreatif jadi pengarah gaya, cobalah menawarkan diri jadi fotografer arisan

Seperti ini ada fotografer profesionalnya via www.aquila-style.com

Arisan saat ini sudah jadi lebih dari sarana penyambung tali silaturahmi. Arisan sekarang berkembang sebagai bagian dari gaya hidup, dan jenis-jenisnya pun semakin beragam. Ada arisan keluarga, arisan orangtua/wali murid, hingga arisan persatuan istri pegawai perusahaan.

Konsep acara arisan yang variatif dan unik menuntut adanya dokumentasi arisan yang baik. Nah, akhirnya banyak anggota arisan yang berinisiatif menyewa fotografer profesional. Jangan dianggap remeh, lho. Beberapa kelompok arisan tidak jarang mengadakan pertemuan yang juga sekaligus menjadi acara liburan bersama: dari mulai pergi ke luar kota hingga ke luar negeri. Tentu fotografer yang disewa harus ikut pergi bersama mereka, dengan biaya yang ditanggung oleh kelompok arisan tersebut.

Menangkap momen-momen seru, mendapat bayaran, sekaligus traveling cuma-cuma? Siapa yang nggak mau?

3. Mau jadikan hobi nge-game kamu sumber pemasukan tetap? Coba saja jadi game tester!

Pekerjaan impian para gamers via www.joystiq.com

Bagi kalian yang doyan nge-game, pasti pernah berharap bisa mendapatkan penghasilan dari hobi kalian satu ini. Selamat, harapan kalian telah terkabul. Saat ini, ada pekerjaan bernama Quality Assurance Tester, atau yang lebih dikenal dengan istilah Game Tester.

Para game tester ini mendapat penghasilan dari mencoba menyelesaikan game secara mendalam, melaporkan bug atau kesalahan, dan memastikan bahwa tidak terjadi error pada game tersebut. Bekerja menjadi game tester harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan ketelitian yang tinggi, karena kesalahan sekecil apapun harus dilaporkan.

Para game tester juga tidak boleh terpaku pada satu jenis game saja karena perusahaan mencari orang yang mampu berpindah dari memainkan game simulasi realita ke game role-playing fantasy, sesuai dengan standar.

4. Jangan cuma bisa galau di akun Instagram dan Twitter-mu. Sebaliknya, susun strategi supaya kamu bisa menjadi endorser.

Sasyachi, beauty blogger dan endorser dari Indonesia via www.hellosasyachi.com

Di era online shop ini, kegiatan jual-beli tidak lagi harus tatap muka. Jadi dari mana kita bisa tahu kualitas barang yang dibeli? Di sinilah endorser berperan sangat besar. Endorser merupakan seseorang yang diminta oleh pemilik usaha untuk mempromosikan barang yang dijualnya.

Pada perusahaan berskala besar, endorser biasanya adalah seorang public figure yang akrab dengan target pasar dan bereputasi baik. Namun dalam online shop, endorser adalah seseorang yang dikenal di media sosial, memiliki banyak followers, dan tidak jarang orang tersebut bukan berasal dari kalangan artis atau public figure.  Endorser akan mendapat barang dari online shop secara cuma-cuma. Jika memiliki jam terbang yang tinggi, ia dapat memasang tarif untuk setiap post-nya.

Salah satu endorser profesional dari Indonesia adalah Sasyachi, yang sering mengunggah foto tutorial make-up di Instagram. Saat ini, ia dikontrak selama satu tahun untuk menjadi endorser online shop yang menjual lensa kontak dan peralatan make-up Korea.

5. Jika kamu kreatif dan menyukai keindahan, cobalah peruntungan sebagai party planner and decorator

Hari pentingmu menjadi tak terlupakan via www.partyplannerjakarta.com

Sering melihat pesta ulang tahun dengan tema unik? Penasaran nggak, siapa sih yang berada di balik ide tersebut?

Party planner and decorator adalah jawabannya. Memiliki pekerjaan sebagai party planner and decorator, kita harus dapat menggabungkan keinginan klien dan imajinasi kita menjadi sebuah pesta yang indah dan bisa dikenang. Selain itu, seorang party planner and decorator juga harus pandai dalam mengatur serta memilih properti pelengkap pesta agar tetap sesuai dengan anggaran klien sekaligus menghasilkan keuntungan yang signifikan bagi dia.

Memulai karir menjadi seorang party planner and decorator tidak sulit, kok! Usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar. Gali jiwa kreatif kamu sebaik mungkin, dan manfaatkan jaringan yang kalian miliki.

6. Kamu juga bisa jadi event organizer (EO), tapi bukan EO biasa. EO yang ini EO khusus sosialita!

Manajer pribadi para sosialita via tempo.co

Kehadiran para sosialita di berbagai acara — seperti peluncuran produk premium hingga pagelaran busana — memiliki peran yang cukup penting dalam mendongkrak pamor produk tersebut. Efek dari kemampuan sosialita dalam menjaring teman-temannya inilah yang ingin didapatkan oleh pihak penyelenggara. Namun, kegiatan yang padat seringkali membuat para sosialita kewalahan dalam mengatur jadwal untuk bersosialisasi. Untuk membantu dalam mengatur jadwal sosialisasi, para sosialita menggunakan jasa event organizer khusus sosialita.

Event organizer ini bekerja seperti manajemen artis: mereka menerima undangan dari pihak penyelenggara acara, lalu mengatur kedatangan sosialita yang bernaung di manajemennya ke acara tersebut. Pendapatan EO sosialita ini didapat dari pihak penyelenggara acara. Maka dari itu, para sosialita yang bernaung di sebuah manajemen harus berlaku profesional agar reputasi manajemen mereka terpelihara.

7. Jika kamu kamu hobi dan rutin menulis, kenapa tak menjadi review blogger saja?

menjadi review blogger via reviewtouchscreenmonitor.blogspot.com

Seringkali kita ingin membeli sebuah barang dan perlu untuk tahu kualitasnya terlebih dulu dengan mencari ulasan di internet. Lalu hasil di halaman pertama mesin pencari sebagian besar berupa blog yang menulis pengalaman mereka dalam menggunakan barang tersebut. Kalian tahu ‘kan jika beberapa dari mereka mendapat bayaran dengan menulis ulasan tersebut?

Bekerja menjadi seorang pengulas barang di blog atau review blogger sebenarnya tidak jauh berbeda dengan endorser. Hanya saja, ulasan yang mereka berikan seringkali lebih komprehensif. Biasanya jika produsen merasa puas dengan feedback positif yang didapat dari ulasan blog tersebut, review blogger akan dikontrak untuk terus menulis ulasan barang atau produk dari produsen tersebut.

8. Dan buat kamu yang suka makan, mulai seriusi hobimu dengan menjadi seorang food stylist 😀

Kamu tergiur, saya makmur via nyfoodchain.com

Melihat foto-foto makanan di restoran atau di buku resep masakan pasti membuat kita tergiur untuk memakan hidangan tersebut. Di balik makanan yang terlihat indah dan menggiurkan itu, ada seorang food stylist yang menata mereka sedemikian rupa.

Food stylist harus memiliki mata yang jeli dan mampu melihat unsur-unsur apa yang bisa digunakan untuk memperindah tampilan makanan dalam foto. Food stylist juga tentunya harus paham seluk-beluk makanan, supaya dia tidak asal memasukkan unsur yang sebenarnya tidak diperlukan.

Banyak yang tidak mengetahui pentingnya profesi ini dalam dunia kuliner. Padahal jika kamu tergoda memesan sebuah hidangan di restoran, itu adalah hasil dari kerja keras si food stylist!

Nah, setelah kamu membaca 8 profesi unik di atas, apa sekarang kamu punya cita-cita baru?