Hampir setiap orang berharap untuk punya pekerjaan dengan gaji tinggi. Terlebih lagi jika pekerjaan tersebut sesuai dengan passion yang dimiliki. Hal ini sungguh sangat disayangkan karena kebanyakan orang hanya menilai suatu pekerjaan dari gajinya. Memang sih, pekerjaan dengan gaji tinggi dianggap bisa menaikkan status sosial seseorang di masyarakat, termasuk juga memikat calon pasangan dan mertua kelak. Sehingga banyak orang berlomba-lomba mengejar pekerjaan dengan gaji tinggi demi kemapanan ekonomi, prestise, serta mendapat pengakuan dari lingkungan sekitar.

Memang nggak keliru, tapi kamu juga harus tahu jika sebenarnya ada hal yang lebih penting dari sekadar mengejar gaji tinggi. Khusus buatmu yang baru terjun ke dunia kerja, hal-hal ini bisa menjadi pertimbangan selain mengejar gaji tinggi. Baca sampai tuntas, ya!

Gaji berbanding lurus dengan tuntutan kerja. Gaji tinggi berarti tuntutan dalam bekerja juga tinggi. Kalau kamu sanggup, silakan saja

kamu kuat? via avoskinbeauty.com

Satu hal yang perlu kamu tahu, bahwa pekerjaan dengan gaji tinggi juga menuntut kinerja yang nggak seadanya. Kamu perlu effort yang lebih tinggi yang sebanding dengan upah yang kamu dapatkan kelak. Jangan kaget kalau pekerjaanmu bakal membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Karena memang begitulah adanya, gaji tinggi yang berbanding lurus dengan tuntutan kerja yang tinggi pula. Inilah konsekuensi yang harus kamu hadapi. Dari sini, kamu akan berpikir dua kali untuk memilih; kerja dengan gaji tinggi tapi tuntutan besar atau gaji pas-pasan tapi santai.

Nggak semua hal bisa dibeli dengan uang. Waktu kerja yang efektif lebih berharga daripada gaji tinggi tapi waktu habis hanya untuk bekerja

waktu tersita via nypost.com

Advertisement

Banyak yang berpikir bahwa dengan punya banyak uang, maka kita bisa membeli apapun yang kita mau. Padahal, banyak hal yang nggak bisa dibeli dengan uang, waktu misalnya. Kamu juga perlu memikirkan keseimbangan antara dunia kerja dengan kehidupan pribadi. Ingat, kamu juga butuh menjalani kehidupan dengan keluarga, bukan hanya di kantor saja. Bagi kamu yang menjadikan gaji tinggi sebagai tujuan utama mungkin akan melewatkan hal-hal berharga tersebut karena terlalu sibuk dengan pekerjaan.

Lingkungan kerja yang kekeluargaan dan hubungan dengan rekan kerja yang menyenangkan. Nggak kaku-kaku begitu~

lingkungan menyenangkan via flexconnect.com.au

Bagaimanapun, bekerja dengan lingkungan yang nyaman dan menyenangkan sangat diinginkan oleh setiap karyawan. Selain bisa mengurangi stres, lingkungan kerja yang menyenangkan juga bisa meningkatkan produktivitas kerja. Bekerja memang harus profesional dan mengikuti aturan, tapi bukan berarti kamu dan rekan kerja maupun atasan menjadi kaku dan hanya sebatas atasan-bawahan. Menjalin hubungan persahabatan dan kekeluargaan dengan rekan kerja juga berdampak baik untuk kinerja dan lingkungan kerja yang kondusif ke depannya. Gaji tinggi tapi lingkungan kaku? Alhasil kamu hanya jadi robot saja.

Fasilitas kerja yang beragam dan benefit menguntungkan yang ditawarkan patut kamu pertimbangkan juga

ada benefit lain via www.evansville.edu

Selain gaji yang tinggi, hal utama yang dapat membuat seorang karyawan betah adalah fasilitas yang beragam serta benefit yang menguntungkan. Baiknya, kamu mendapatkan fasilitas kantor memadai dan menunjang kinerja sehingga kamu merasakan tempat kerja seperti lingkungan menyenangkan yang familiar. Fasilitas yang dimaksud misalnya tempat tinggal, klinik perusahaan hingga, makan siang, beberapa perusahaan juga ada yang menawarkan fasilitas gym dan gaming center. 

Terlebih jika perusahaan menawarkan benefit atau tunjangan yang menguntungkan karyawan, misalnya asuransi kesehatan, jatah cuti, tabungan, dan lain-lain. Hal-hal ini bisa mengalahkan nilai gaji, di mana nggak hanya memenuhi kebutuhan materi saja, melainkan psikologis juga.

Pekerjaan terbaik bukan pekerjaan dengan gaji tinggi, tapi pekerjaan yang sesuai dengan passion dan menginspirasi banyak orang

sesuai passion via www.careercontessa.com

Banyak orang kesulitan menemukan passion dan terjebak pada sebuah pekerjaan yang kurang mereka sukai. Pekerjaan yang nggak sesuai passion hanya akan membuatmu menjadi robot penghasil uang belaka. Bekerjalah sesuai minatmu, sehingga kamu nggak keberatan menjalaninya dan bisa bekerja penuh dedikasi dengan senang hati.

Pilihlah pekerjaan yang menambah nilai positif dalam hidupmu, selalu mendorongmu untuk belajar di mana kamu dapat melihat dirimu tumbuh, nggak hanya dalam jangka pendek, tetapi untuk jangka panjang ke depan.

Kamu bekerja bukan hanya demi uang. Tapi juga ingin belajar dan mengembangkan potensimu di perusahaan. Pilih pekerjaan yang menginspirasi bukan hanya diri sendiri, tapi orang lain juga!

Mengejar gaji tinggi nggak akan pernah ada habisnya, tapi kebahagiaanlah prioritas utamanya

Manusia adalah makhluk yang nggak pernah puas. Ambisi untuk mengejar gaji tinggi bisa saja menjadikanmu nggak mensyukuri apa yang telah kamu miliki. Jika sekarang gaji kamu 5 juta, mungkin kamu menginginkan pekerjaan dengan gaji 10 juta. Dari sekian banyak hal yang ingin kamu dapatkan, pastikan kebahagiaan menjadi hal yang utama.

Apa gunanya gaji tinggi kalau kamu nggak bahagia? Apa gunanya punya banyak uang kalau kamu nggak mencintai pekerjaanmu?

Jika kamu hanya fokus untuk mengejar gaji tinggi, hal itu nggak akan pernah ada habisnya. Syukurilah apa yang kamu miliki dan tetaplah rendah hati.

Nah, setelah membaca artikel ini, semoga kamu jadi lebih memahami bahwa mencari pekerjaan bukan hanya mengejar gaji tinggi semata, melainkan mendapatkan pembelajaran hidup yang bisa kamu maknai nantinya. Untukmu dan untuk orang-orang di sekitarmu. Semoga kita selalu dilimpahi hati yang besar untuk menuju keberhasilan, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya