Steve Jobs, meski telah tiada, pria yang semasa hidupnya menjabat sebagai CEO Apple Inc ini punya banyak rahasia sukses yang bisa kamu tiru lho. Terutama untukmu yang bermimpi menjadi pengusaha. Yang mana salah satunya sangat sederhana dan bisa banget kamu praktikan setiap harinya. Yakni sebuah pertanyaan sederhana yang jika rutin kamu tanyakan pada diri sendiri sebelum mengawali hari, akan membuatmu merasa termotivasi dan bersemangat setiap hari.

“Jika ini adalah hari terakhirku, apakah aku tetap ingin melakukan apa yang akan kulakukan hari ini? Kalau jawabannya selalu ‘tidak’ dalam beberapa hari, maka aku harus segera membuat perubahan.”

Pertanyaan yang kalau rutin kamu tanyakan, bisa mendatangkan kebaikan-kebaikan ini.

Kadang kamu nggak butuh kata-kata motivasi dari orang lain, cukup dengan mempertanyakan kalimat sederhana ini aja semangatmu akan kembali penuh

Dengan mengajukan 1 pertanyaan ini kamu akan termotivasi. via pixabay.com

Kalau kamu merutinkan diri untuk mengajukan satu pertanyaan tersebut pada dirimu sendiri sebelum mengawali hari, maka kamu akan mendapat suntikan semangat yang kadarnya melebihi secangkir kopi. Mengajukan pertanyaan tersebut setiap harinya akan membuatmu termotivasi untuk mengerahkan segala potensi yang kamu miliki. Berangkat ke kantor pun jadi lebih bersemangat. Ada target yang ingin kamu capai setiap harinya.

Kamu akan merasa dihadapkan pada tanggung jawab setiap harinya. Saat bangun tidur: apa hal baik yang bisa gue lakukan hari ini. Sebelum tidur: hal apa saja yang udah gue lakukan hari ini.

Advertisement

Kamu bisa ajukan saat baru bangun tidur. via pinterest.com

Pertanyaan serupa juga kerap diajukan oleh Benjamin Franklin di awal dan akhir harinya. Dengan mengajukan pertanyaan seperti yang diajukan oleh Franklin atau Jobs tersebut, maka segala goals yang sudah kamu targetkan bisa kamu ukur setiap harinya. Kamu akan tahu pencapaian apa saja yang sudah berhasil kamu gapai dan yang masih dalam proses. Kamu pun akan bertanggung jawab dengan apa yang sudah kamu targetkan. Supaya hidupmu nggak hanya menjadi sebatas wacana.

Bakal bikin kamu produktif setiap harinya. Jadi kamu akan mengerahkan talenta terbaikmu demi menggapai kesuksesan

Kamu jadi terpacu untuk produktif setiap harinya. via elitedaily.com

Satu pertanyaan itu juga bisa mendorongmu jadi lebih produktif. Kamu akan merasa terpacu untuk mengerahkan segala daya dan upaya yang kamu miliki demi mencapai goals yang kamu targetkan. Akan menjadi lain ceritanya jika satu pertanyaan tersebut nggak pernah kamu ajukan, maka nggak akan ada pengingat yang memicumu untuk terus bersemangat.

Seperti misalnya kamu yang seorang pebisnis online, mengajukan 1 pertanyaan tersebut setiap harinya akan mendorongmu untuk terus berinovasi mengembangkan bisnis yang kamu jalani. Hari ini gue harus punya strategi buat ningkatin penjualan. Wah, seharusnya hari ini gue bisa mengendorse 1-2 orang nih. Bisa dibilang, segala target yang sudah dan belum tercapai bisa tercatat sebagai jawaban dari satu pertanyaan tersebut.

Sebagai bentuk introspeksi diri setiap harinya. Supaya kamu nggak main-main menjalani hari

Sebagai ajang introspeksi diri. via goodcauselawyer.com

Ternyata untuk introspeksi diri itu sebenarnya sederhana lho. Sesederhana menjawab 1 pertanyaan tersebut setiap harinya. Dari jawaban itu kamu akan mendapat gambaran tentang apa saja sih yang perlu kamu benahi demi mencapai goals-mu. Oh, hari ini gue kurang maksimal nih usahanya. Tadi gue nggak bisa maksimal karena A, B, C, D. Hal-hal ini lho yang harus gue benahi esok hari. Nggak salah deh kalau mendiang Steve Jobs bisa sebegitu suksesnya sebagai pengusaha. Karena setiap harinya dia tak pernah absen untuk introspeksi diri.

Dengan mengajukan 1 pertanyaan tersebut setiap harinya, apa yang sudah dan belum berhasil kamu capai, bisa terekam setiap harinya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya