Malam hari adalah waktu yang tepat untuk istirahat. Setelah sibuk seharian penuh, begitu melihat kasur kamu pasti langsung ingin tidur. Padahal sebenarnya sesaat sebelum tidur merupakan waktu yang produktif, lho. Banyak ide akan terlintas di kepalamu yang sudah rileks. Sayang jika waktu tersebut dilewatkan begitu saja.

Ada beberapa kebiasaan yang dapat membantumu menjadikan waktu sebelum tidur lebih produktif. Jitunya kebiasaan tersebut pun sudah dibuktikan oleh orang-orang sukses di dunia. Siapa saja mereka dan apa saja yang mereka lakukan? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Bill Gates, Chairman Microsoft: Membaca Buku 1 Jam Sebelum Tidur

Bill Gates hobi membaca sebelum tidur via forbes.com

Sebelum tidur, Bill Gates selalu menyempatkan diri membaca buku selama 1 jam, baik yang bertema berat maupun ringan. Kebiasaan ini tidak hanya menambah pengetahuan, tetapi juga mengurangi stres dan meningkatkan kemampuan memori otak.

Rutinitas Pak Bill ini juga bisa kamu ikuti. Tidak perlu membaca buku yang bertema terlalu berat, mulai saja dengan novel dari genre favoritmu. Bacalah semampumu, tidak usah memaksa harus tepat 1 jam seperti Bill Gates. Kalau memang sudah mengantuk, hentikan saja. Lama-lama, kemampuan membacamu juga akan meningkat sendiri. Kamu justru akan “kewalahan” memaksa otakmu tidur ketika dia masih mau membaca.

2. Arianna Huffington, Direktur The Huffington Post: Jauhkan Telepon Seluler dari Jangkauan

Advertisement

Arianna Huffington, tidak membiarkan telepon selular mengganggu tidurnya via www.udemy.com

Saat tiba waktunya untuk tidur, Bu Arianna tidak membiarkan telepon seluler berada di sekitarnya. Ia meletakkan alat komunikasinya di ruangan lain supaya tidak mengganggu tidur. Arianna ingin menghindari godaan untuk mengecek telepon dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk scrolling informasi yang sebenarnya tidak ia butuhkan.

Sinar terang layar ponsel juga dapat mengganggu ritme tidur dan membuat tubuh kita susah rileks — setidaknya itu yang dikatakan dr. Charles Czeisler, peneliti dari Departemen Neurosains Universitas Harvard, Jadi kalau mau terlelap nyenyak, coba contoh cara Bu Arianna ya!

3. Joel Gascoigne, CEO Buffer App: Berjalan-Jalan di Sekitar Rumah

Joel Gascoigne, berjalan-jalan di sekitar rumah via www.hustlecon.com

Untuk meringankan pikirannya akan pekerjaan, Joel Gascoigne biasa berjalan-jalan di sekitar rumahnya sesaat sebelum ia memutuskan untuk tidur. Jalan-jalan di malam hari ini sangat membantu dirinya untuk mengurangi stres.

Kamu pun dapat menerapkan kebiasaan Joel ini di kehidupanmu. Kalau sedang penat, cobalah berjalan-jalan santai di sekitar tempat tinggalmu 10-15 menit. Selain menyehatkan dan mengurangi stres, berjalan-jalan malam bisa meningkatkan kreativitasmu, lho.

4. Oprah Winfrey, CEO Harpo Productions: Bermeditasi Sebelum Tidur

Oprah Winfrey, meditasi untuk meringankan pikiran via www.theluxurypost.com

Meditasi memang bermanfaat untuk relaksasi dan menenangkan diri. Oprah pun memilih kegiatan ini untuk rutinitas sebelum tidurnya.

Untuk mengikuti Oprah, kamu hanya perlu memposisikan dirimu dalam keadaan tenang dan mengosongkan pikiranmu sejenak. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Lakukan berulang hingga napasmu menjadi teratur. Agar bisa maksimal, manfaatkan saja cairan aromaterapi beraroma lembut seperti lavender. Dijamin akan membuat tidurmu lebih nyenyak dan harimu besok lebih efektif.

5. Vera Wang, Perancang Busana: Mencari Ide Kreatif

Vera Wang, mencari ide sebelum tidur via www.teenvogue.com

Sebagai perancang busana, Vera Wang dituntut untuk terus bisa menghasilkan kreasi dan inovasi. Vera pun meluangkan waktu sebelum tidurnya untuk menelurkan ide-ide kreatif. Menurut Vera, kondisi otak yang rileks akan memuluskan jalan ide-ide kreatif untuk muncul.

Kalau kamu juga pekerja kreatif seperti Vera, rutinitas ini bisa kamu tiru. Jangan menunggu sampai di kantor untuk memikirkan ide — seringnya, otak kita sudah tegang dengan aktivitas yang padat. Lebih baik luangkan waktumu sekitar 30 menit sebelum tidur untuk brainstorming. Lalu tulislah ide-ide yang melintas di pikiranmu ke dalam sebuah buku catatan. Kamu pun dapat lebih siap menyambut aktivitasmu esok hari!

6. Kenneth Chenault, CEO American Express: Merencanakan Hari Esok

Kenneth Chenault, sudah tahu esok hari harus melakukan apa via businessinsider.com

Kebiasaan CEO American Express ini sangat membantu dirinya beraktivitas keesokan harinya. Kenneth Chenault selalu menyempatkan dirinya untuk membuat daftar apa-apa saja yang harus dilakukannya esok hari. Tidak terlalu detil, hanya beberapa kegiatan dan poin yang ditulis sebagai panduan.

Apa yang dilakukan Kenneth sebelum tidur ini bisa sekali kamu tiru! Tulislah hal-hal pokok yang wajib kamu lakukan esok, dan pastikan tidak ada kegiatan yang bertabrakan. Tidak perlu terlalu detil dan panjang, yang penting kamu punya gambaran tentang apa yang harus kamu lakukan esok hari. Kewajibanmu pasti tidak ada yang terlupa lagi.

Nah, itulah aktivitas yang dilakukan orang-orang sukses sebelum mereka tidur. Dari hal-hal kecil ini, mereka dapat menjadi orang yang lebih produktif hingga akhirnya bisa sesukses sekarang. Kalau mau seperti mereka, sempatkan diri melakukan hal positif sebelum tidur, ya. Cara-cara sederhana mereka bisa kamu coba. Tunggu apa lagi?