Setiap orang menentukan pilihan karirnya atas alasan yang berbeda-beda: urusan materi, gengsi, passion, latar belakang pendidikan, dan lain-lain. Apapun alasan yang mendasarinya, sebuah pilihan profesi sudah sepatutnya dijalani dengan hati dan loyalitas yang tinggi.

Situs PayScale telah melakukan riset yang bertujuan menentukan profesi apa saja yang punya penghasilan tinggi sekaligus dianggap berarti dalam kehidupan sehari-hari. Riset ini dilakukan pada para pekerja di 453 jenis pekerjaan yang ada pada database Occupational Information Network (O*NET). Nilai kompensasi yang diterima para pekerja dihitung per tahun meliputi gaji atau upah per jam, bonus, bagi hasil, dan komisi. Sementara ekuitas, dana pensiun, dan pendapatan yang sifatnya non-tunai tidak dihitung.

Nah, apa aja sih profesi-profesi yang dianggap penting sekaligus punya gaji tinggi? Langsung simak, yuk!

1. Ahli Bedah

ahli bedah via www.ttpallet.com

94% responden menganggap bahwa ahli bedah adalah pekerjaan yang berarti dalam kehidupan sehari-hari. Tugasnya merawat penyakit, cedera, atau cacat dengan metode operasi atau pembedahan. Dari seluruh data gaji ahli bedah yang diperoleh (tentu ini harus disesuaikan dengan standar gaji di Indonesia), didapatkan nilai rata-rata $299,600 atau sekitar 3,5 miliar rupiah.

2. Ahli Anestesi

Advertisement

ahli anestesi via dentalmatters.com.au

Secara singkat, tugas ahli anestesi adalah menidurkan pasien yang akan menjalani operasi dan membangunkannya setelah pembedahan selesai. Tapi dalam prakteknya, pekerjaan ini jelas nggak sesederhana itu. Dokter yang menjadi ahli anestesi bertugas melindungi fungsi-fungsi vital sistem organ pasien selama operasi — salah satu kunci berhasil tidaknya operasi tersebut. Ia juga bertugas mendiagnosis masalah yang timbul selama operasi dan masa pemulihan.

Ada 91% responden yang menganggap profesi sebagai ahli anestesi itu penting. Sementara, gaji mereka jelas terbilang besar yaitu $291,300 atau setara 3,4 miliar rupiah.

3. Dokter Kebidanan Dan Kandungan

dokter kebidanan dan kandungan via www.xsight.com.au

Dengan pendapatan sebesar $203,100 atau senilai 2,3 miliar rupiah, profesi sebagai dokter kandungan juga dianggap sangat berarti oleh responden. Sekitar 81% responden menganggap bahwa profesi ini memang layak dihargai.

Salah satu hal yang unik tentang dokter kandungan adalah biasanya, mereka yang menjalani pekerjaan ini adalah laki-laki. Padahal, pekerjaan ini akan sangat berkaitan dengan organ intim wanita. Hal ini sering kali menjadi kendala ketika seorang ibu hamil, atau bahkan suaminya merasa risih dengan kondisi ini.

4. Dokter Penyakit Dalam

dokter penyakit dalam via cronkitenewsonline.com

Sekitar 79% dari keseluruhan jumlah responden sepakat bahwa profesi sebagai dokter penyakit dalam sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin hal itu juga yang mendasari kenapa pendapatan mereka bisa mencapai angka $192,900 atau setara 2,2 miliar rupiah.

Penyakit dalam adalah cabang dan spesialisasi kedokteran yang menangani diagnosis dan penanganan organ dalam tanpa bedah pada pasien dewasa. Seorang dokter penyakit dalam dituntut memecahkan teka-teki penyakit berdasar apa yang dirasakan pasien.

5. Psikiater

psikiater via www.redorbit.com

Psikiater adalah dokter yang mengambil pendidikan spesialis kejiwaan. Psikiater berbeda dengan psikolog, yang notabene menempuh pendidikan psikologi selama 8 semester kemudian pendidikan profesi untuk mendapatkan izin praktek. Hampir sama dengan dokter penyakit dalam, profesi yang satu ini mendapat 89% suara responden dengan median gaji  $192,800 atau kurang lebih 2,2 miliar rupiah.

6. Dokter Umum

dokter umum via blog.healthtap.com

Dengan perolehan suara 86%, profesi sebagai dokter umum dianggap punya peranan yang berarti bagi kehidupan manusia. Gaji seorang dokter umum untuk satu tahunnya bisa mencapai $164,300, kira-kira 1,9 miliar rupiah. Wow, jumlah yang fantastis ya!

Istilah ‘dokter umum’ diberikan pada para dokter yang bisa mengobati beragam penyakit dan paling mudah dijumpai di puskesmas atau klinik. Namun, istilah ‘dokter umum’ di Indonesia sendiri sudah diganti dengan ‘dokter layanan primer’.

7. Dokter Anak

dokter anak via www.forbes.com

85% responden setuju bahwa peran dokter anak sangatlah berarti. Menurut data PayScale, dokter anak punya gaji $147,700 atau setara 1,7 miliar rupiah. Selain menangani masalah-masalah kesehatan pada anak, mereka juga akan berhubungan dengan para orang tua kaitannya masalah gizi anak. Rata-rata dokter anak punya pembawaan yang riang dan menyenangkan sehingga mudah berinteraksi dengan anak-anak.

8. Dokter Gigi

dokter gigi via www.formulaoralcare.com

Kedokteran gigi adalah ilmu pencegahan dan perawatan penyakit atau kelainan pada gigi dan mulut. Dalam kedokteran gigi sendiri ada beberapa spesialisasi, mulai dari bedah mulut hingga radiologi kedokteran gigi. Ada 86% responden yang mengatakan pekerjaan ini penting. Dokter gigi bisa punya gaji hingga $130,000 atau setara 1,5 miliar rupiah per tahunnya.

9. Chief Executive Officer (CEO)

chief executive officer (ceo) via momentum.uqbs.com

CEO adalah figur yang memimpin sebuah perusahaan. Dia bertugas memimpin staf, mengatur keuangan perusahaan, mengangkat dan memecat karyawan, mendelegasikan para manager, dan terkadang berperan sebagai representasi perusahaannya. Seorang CEO akan digaji oleh direktur perusahaan dengan nominal yang mencapai angka $124,600 atau setara 1,4 miliar rupiah. Ada 74% responden yang menganggap pekerjaan ini cukup berarti.

10. Apoteker

apoteker via www.wall-street.com

Menurut riset PayScale, gaji apoteker ternyata nggak bisa dibilang sepele. Angkanya mencapai $113,200 atau sekitar 1,3 miliar rupiah per tahun. Bahkan, ada 76% responden yang menganggap bahwa pekerjaan yang kaitannya dengan dunia farmasi ini sangat berarti.

11. Ahli Penyakit Kaki

ahli penyakit kaki via www.md24housecall.com

Podiatri adalah salah satu cabang ilmu kesehatan/kedokteran yang menangani permasalahan pada kaki. Misalnya, sakit pada tumit, lutut, telapak kaki, kuku yang tumbuh ke dalam, mata ikan, dan lain sebagainya. Dengan pendapatan yang bisa mencapai $111,400 atau sekitar 1,2 miliar rupiah, sebanyak 89% responden mengatakan kalau pekerjaan ini memang penting.

12. Ahli Ilmu Fisika

ahli ilmu fisika via www.bnl.gov

Ahli ilmu Fisika atau mereka para ilmuwan yang melakukan penelitian tentang Fisika ternyata dianggap sebagai profesi yang cukup berarti lho. Tepatnya, ada 81% responden yang setuju. Bahkan, profesi mereka yang mendalami dunia Fisika ini diganjar dengan gaji sebesar $101, 500 atau sekitar 1,1 miliar rupiah.

13. Dokter Mata

Profesi ini emang terbilang sangat berarti buat kehidupan kita sehari-hari. Pasalnya, mata adalah salah satu organ penting bagi manusia. 86% responden sepakat bahwa profesi yang satu ini memang pantas dihargai. Penghasilan mereka pun terbilang cukup besar, yaitu $101,400 atau kira-kira 1,1 miliar rupiah.

14. Asisten Dokter

asiten dokter via www.forbes.com

Menurut KBBI, physician assistant atau asisten dokter adalah mereka yang bertugas membantu dokter dalam melakukan tugas-tugas kedokteran. Sebanyak 83% responden setuju bahwa profesi ini berarti dalam kehidupan sehari-hari. Profesi sebagai asisten dokter diganjar pendapatan sebesar $88,200 atau sekitar 1 miliar rupiah.

15. Ahli Teknik Nuklir

ahli teknik nuklir via www.forbes.com

Teknik nuklir atau nuclear engineering adalah ilmu terapan yang berdasar pada prinsip-prinsip fisika nuklir. Pada bidang ini seorang ahli teknik nuklir akan menguasai interaksi dan perawatan sistem dan komponen fisi nuklir, misalnya PLTN. Sekitar 79% responden menilai bahwa pekerjaan ini cukup berarti. Pendapatan mereka mencapai nilai median sebesar 980 juta rupiah.

16. Operator Reaktor Nuklir

operator reaktor nuklir via www.oregonlive.com

Operator reaktor nuklir adalah seseorang yang bertugas menjaga dan mengatur fasilitas reaktor nuklir. Pekerjaan yang satu ini bisa dibilang berbahaya dan 74% responden menganggap profesi ini cukup berarti. Seorang operator reaktor nuklir setiap tahunnya bisa mendapatkan gaji sebesar $80,800 atau sekitar 934 juta rupiah.

17. Staf Operasional

Dispatcher atau dalam bahasa kita diartikan sebagai staf operasional adalah mereka yang tugasnya mengatur sebuah sistem operasi, misalnya transportasi atau sistem tenaga listrik.

Pekerjaan ini dinilai penting dan cukup berarti karena sedikit kesalahan mungkin akan berpengaruh pada seluruh sistem. 79% responden yakin bahwa pekerjaan ini demikian bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sementara, seorang staf operasional bisa mendapat kompensasi hingga $77,300 atau sekitar 894 juta rupiah.

18. Bagian Administrasi Pendidikan

bagian administrasi pendidikan via teachingdegreelink.com

Hampir semua responden setuju bahwa profesi sebagai administrator pendidikan memang sangat penting, tepatnya ada 93% responden. Administrator pendidikan ini bertugas mengatur segala sistem administrasi yang sifatnya efektif dalam sebuah institusi pendidikan. Gaji mereka bisa sampai $75,900 atau sekitar 878 juta rupiah lho!

19. Terapis Fisik

Sekitar 90% responden sepakat bahwa profesi sebagai terapis fisik sangatlah berarti. Misal, ketika seseorang mengalami kecelakaan hingga salah satu kakinya patah. Biasanya, dia akan membutuhkan bantuan terapis fisik yang membantunya berlatih berjalan lagi meskipun dengan satu kaki. Pekerjaan mulia ini diganjar $72,800 atau sekitar 842 juta rupiah.

20. Operator Pengeboran Minyak

operator pengeboran minyak via www.forbes.com

Pengeboran minyak adalah kegiatan pengeboran ke dalam reservoir bawah tanah untuk memperoleh minyak bumi. Menurut riset PayScale, ada 75% responden yang menganggap pekerjaan ini penting. Sementara, gaji seorang operator pengeboran minyak angka mediannya sama dengan gaji seorang terapis.

21. Dokter Hewan

dokter hewan via careerscall.blogspot.com

Seorang dokter hewan akan melakukan diagnosis, terapi, dan pencegahan penyakit pada hewan. Semua jenis hewan dapat dikategorikan sebagai pasien, baik hewan domestik maupun hewan liar.

Ternyata, cukup banyak yang menganggap bahwa profesi sebagai dokter hewan cukup berarti. Seseorang yang berprofesi sebagai dokter hewan bisa mendapat gaji hingga $70,800 atau sekitar 819 juta rupiah per tahun.

22. Manager Medis Dan Pelayanan Kesehatan

manager medis dan pelayanan kesehatan via www.forbes.com

Tugasnya mengkoordinasi pelayanan medis dan kesehatan dalam sebuah institusi medis. Termasuk mengelola seluruh fasilitas dan praktek medisnya. Seorang manager medis dan pelayanan kesehatan harus mampu beradaptasi dengan perubahan dalam undang-undang kesehatan, peraturan, dan teknologinya. Dengan gaji $70,500 atau setara 815 juta rupiah, 85% responden menganggap pekerjaan ini cukup berarti.

23. Dokter Ahli Nuklir

dokter ahli nuklir via jobs.aol.com

Prosedur dalam Kedokteran Nuklir (KN) adalah penggunaan obat radioaktif (atau biasa disebut ‘radiofarmaka’) dalam jumlah yang sangat kecil untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit. Prosedur pengobatan jenis ini sudah dilakukan lebih dari 50 tahun dengan risiko radiasi yang sangat minim. Tercatat 81% responden setuju bahwa profesi ini sangat penting sehingga pantas mendapat gaji sebesar $70,400 atau sekitar 814 juta rupiah tiap tahunnya.

Sejak diakui keberadaannya oleh pemerintah pada 1996 hingga tahun 2011, Indonesia ternyata hanya memiliki 31 dokter ahli nuklir. Pasalnya, minat masyarakat di bidang ini masih sangat rendah jika dibandingkan dokter ahli lainnya, seperti ahli bedah atau anak.

24. Detektif Atau Investigator Kasus Kriminal

detektif atau investigator kasus kriminal via jobradio.fm

Bertugas menyelidiki fakta-fakta yang berkaitan dengan sebuah kasus kriminal dan bertujuan untuk mengidentifikasi dan menemukan tersangka. Pekerjaannya meliputi memeriksa kasus kejahatan, tempat kejadian perkara, bukti-bukti fisik, dan melakukan wawancara dengan saksi. 79% responden menilai bahwa pekerjaan ini cukup berarti, sedangkan gaji seorang detektif atau investigator kasus kriminal jumlahnya sama dengan gaji dokter ahli nuklir.

Tentu angka-angka pendapatan dari 24 profesi di atas belum tentu sama dengan di Indonesia. Namun, kita mungkin bisa mendapat gambaran tentang profesi apa saja yang sekiranya nggak cuma dapat gaji tinggi, tapi juga bermanfaat dan berarti bagi masyarakat banyak. Nah, kalau kamu pengen jadi apa?