Apa sih yang lekat dengan diri cewek selain gemar belanja dan menghamburkan uang? Pun jika ada, peringkatnya masih jauh dibawah kedua stigma tadi. Wajar sih, karena ketika ada diskonan akhir tahun di mal, mayoritas pengunjungnya adalah cewek, entah untuk tujuan belanja, lihat-lihat atau bahkan foya-foya.

But, sadar nggak kalau kebiasaan semacam ini ternyata nggak selalu membawa dampak baik? Senang sih setelahnya, tapi apakah kamu sadar kalau akhirnya bisa menyiksa?

Dan buatmu yang mengaku sebagai cewek cerdas, Hipwee Sukses telah menyiapkan 4 hal yang sekiranya nggak bakal rela kamu beli dengan percuma, karena sangat ‘haram’ hukumnya. Intinya sih, kamu akan merasa sangat menyesal kalau ke-74 hal ini telah menyita waktu serta budget-mu seketika. Apa saja kira-kira?

1. Makan di restoran mewah itu cukup sebulan sekali, karena urusan perut nggak ada hubungannya sama gengsi

perut vs gengsi

perut vs gengsi via www.eatthis.com

Bagi cewek-cewek peka yang sangat paham laju keuangan, keseringan makan di restoran itu sebuah bentuk nyata dari pemborosan. Kalau makan di warteg atau kaki lima sama-sama mengenyangkan, kenapa harus mengedepankan gengsi dengan memilih di restoran? Ya, sesimpel melakukan pengiritan dan meminimalisir pengeluaran.

Apalagi jika tujuannya ke restoran cuma untuk jeprat-jepret makanan, agar mendapat banyak like serta pujian di Instagram. Duh, bagi mereka sih ini kurang kerjaan!

2. Datang ke diskonan itu wajar. Tapi, mereka selalu punya perhitungan tersendiri agar uang belanjanya nggak langsung bubar jalan

punya list

punya list via glamasia.com

Baju, bulan kemarin udah beli, berarti nggak boleh lebih dari satu di belanja kali ini

Make-up, ah asal lipstik dan bedaknya masih, nggak usah beli lagi lah…

Celana, ah yang bulan kemarin aja masih bagus, nggak usah beli ah…

Bukan seperti cewek kebanyakan, setiap sebelum melakukan sesuatu, mereka selalu penuh dengan pertimbangan. Daftar belanjaan sebelum datang ke diskonan pun selalu mereka lakukan, agar keuangannya nggak bubar di tengah jalan. Pokoknya, daftar yang mereka buat tadi selalu jadi pegangan wajib.

3. Kalau masih ada masker wajah seharga 10.000-an, rasanya sayang sekali kalau harus facial ke salon buat buang-buang uang

masker 10.000 an

masker 10.000 an via travelleisure.com

Bukannya acuh sama penampilan, para cewek cerdas ini hanya sangat mendewakan penghematan. Facial atau perawatan lainnya di salon hanya akan membuat ‘ketagihan’ dan dekat dengan pemborosan. Ya, selama masih ada masker-masker wajah di swalayan, buat apa ke salon buat buang-buang uang?

Bagi mereka, buat apa punya wajah cantik, tapi masih gagap mengatur keuangan dan perencanaan masa depan. Wah, patut dicontoh nih!

4. Menumpuk persediaan camilan itu nggak ada dalam kamus cewek cerdas! Selain boros, ini juga akan mengganggu produktivitas

ngemil? NO!

ngemil? NO! via lifehacks.com

Ada rasa tak termaafkan ketika sudah banyak menghamburkan uang hanya untuk menyimpan banyak camilan. Bukan takut soal kenaikan berat badan aja, ini erat kaitanya dengan produktivitas yang akan terganggu. Teorinya, semakin banyak ngemil, semakin malas pula untuk melakukan banyak kegiatan. Duh, bagi mereka sih ini ganggu banget!

Selagi ada hal lain yang bisa ‘dibeli’ dan harganya jauh lebih murah, para cewek cerdas ini pasti akan menjadikannya pilihan utama. Simpel, ini semua demi hidup dan laju keuangan yang lebih baik! Apa kabar kamu? Apakah kamu seperti ini juga?