Jika ada pernyataan yang bilang bahwa setiap orang memiliki bakat yang terpendam di dalam dirinya, memang benar adanya. Tapi kenyataannya, menemukan bakat yang kita miliki tak semudah kelihatannya. Saat kecil dulu, mungkin kita pernah memiliki cita-cita mulai dari dokter hingga jadi pemimpin negara. Namun, impian ini pun kian berkembang seiring dengan bertambahnya usia. Ada juga yang menyimpang jauh karena berbeda dengan menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada.

Pertanyaannya adalah: sudahkah kamu menemukan passion dalam bidang yang ditekuni sekarang?

Nah, Hipwee Sukses bakal membagikan trik sederhana buatmu untuk bisa menemukan bakat terpendam yang sampai sekarang belum kamu ketahui. Jadi begini…

1. Satu hal yang paling mendasar adalah mengenali dirimu sendiri, bangun rasa penasaran akan kepribadian yang kamu miliki

Bertanya pada diri sendiri via www.afortus.com

Cara sederhana yang pertama adalah mengenal diri sendiri dengan sebaik-baiknya. Tak perlu sibuk pedulikan hidup orang lain. Cukup berkaca dan tanyakan pada dirimu, apakah kamu sudah menemukan satu hal yang paling kamu sukai baik dalam pekerjaan maupun hal yang ada di sekitarmu?

Advertisement

Cara ini nggak hanya bisa membantumu menemukan bakat yang terpendam dalam dirimu, tapi kamu juga bisa menemukan di mana letak kesalahan yang dilakukan selama ini. Saat kamu bisa menemukan jawabannya, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memanfaatkannya untuk menuntun langkahmu pada cara berikutnya.

2. Setelah direnungkan, mulailah untuk mendata semua hal yang paling kamu sukai tersebut ke dalam bentuk tulisan

Tuliskan minatmu via masdevallia.tk

Setiap orang tentu memiliki dorongan atau keinginan dalam dirinya pada objek tertentu, atau yang biasa disebut dengan minat. Minat biasanya tumbuh karena kemampuanmu bisa maksimal untuk diaplikasikan di bidang tertentu. Misalnya, kamu punya minat yang tinggi dalam melakukan negosiasi dan melobi, maka semua hal yang berhubungan dengan kecerdasaan interpersonal dan linguistik akan mudah kamu kuasai. Misalnya kemampuan public speaking, menulis, atau membangun tim.

Nah, untuk bisa mememetakan bakat yang mungkin kamu miliki, tuliskanlah hal apapun yang menjadi minatmu ke dalam kertas. Janagn ragu untukj jujur pada dirimu sendiri, tuliskan semuanya, sesepele menghafal jalan misalnya.

3. Selain minat, cobalah untuk menemukan sesuatu yang ingin kamu lakukan namun belum terlaksana hingga sekarang

Hal yang bikin kamu tertantang via www.naturalbirthandbabycare.net

Terkadang, minat saja nggak cukup untuk menjadi patokan menemukan bakatmu. Cobalah alternatif lainnya seperti mendata hal-hal baru atau aktivitas apa saja yang sangat ingin kamu lakukan, tapi selama ini belum terealisasi karena keterbatasan tertentu. Karena bisa jadi aktivitas tersebut adalah bakat tersembunyi yang selama ini belum muncul karena nggak dipicu. Nggak ada jaminan pasti bahwa setiap apa yang kamu sukai merupakan bakatmu, barangkali justru hal baru di mana kamu merasa tertantang uyntuk melakukannya, di situlah bakatmu.

4. Amati aktivitas yang selama ini kamu lakukan, seberapa cepat dan nyaman kamu menyelesaikannya

Mana yang cepat diselesaikan? via changeleadersnetwork.com

Cara selanjutnya untuk menemukan bakatmu adalah dengan mengamati aktivitas yang kamu lakukan. Apakah kamu bisa melakukannya dengan cepat atau nggak. Apakah aktivitas tersebut membuat kamu merasa nyaman atau nggak. Karena pada dasarnya bakat adalah kemampuan dasar seseorang untuk belajar dalam tempo yang relatif pendek dibandingkan orang lain, namun hasilnya justru lebih baik. Nah, jika aktivitas itu memang potensi bakat dirimu, tentunya kamu akan merasa lebih cepat dan nyaman melakukan atau menyelesaikannya.

5. Dengarkan orang lain. Terkadang orang lain lebih tahu kelebihan apa yang kita miliki

Dengarkan orang lain via www.worthlearning.co.uk

Ingatkah kamu tentang ungkapan yang berbunyi “gajah di pelupuk mata tidak kelihatan, kuman di seberang lautan kelihatan”. Ungkapan yang sama juga bisa berlaku dalam melihat bakat yang tersembunyi dalam dirimu. Terkadang orang lain jauh lebih tahu tentang diri kita dibandingkan kita sendiri. Besar kemungkinannya orang lain sudah pernah mengatakan bahwa kamu sangat menguasai bidang tertentu. Hanya saja selama ini mungkin kamu mengabaikannya atau nggak menganggap serius. Sekaranglah saatnya untuk mulai mendengarkan.

6. Terakhir, tekuni apa yang menjadi rutinitasmu sekarang. Yakini bahwa bakat bisa datang karena dilatih

Tekuni via www.froodee.com

Membangun rasa penasaran saja nggak cukup jika kamu nggak berani menekuninya. Ketahuilah sesuatu hal bahwa nggak semua bakat itu bawaan lahir, ada juga bakat-bakat tertentu yang baru ketahuan karena sering diasah atau dilatih. Jangan kaget jika rutinitas sehari-hari yang nggak kamu sadari ternyata adalah bakatmu, meski nggak pernah menjadi minatmu selama ini. Jadi, jika kamu ingin menemukan potensi atau bakat yang ada dalam dirimu, jangan takut untuk menekuninya dengan sungguh-sungguh. Siapa tahu kemampuanmu bisa diterapkan secara maksimal di situ.

Bagi beberapa orang, mencari bakat yang tersembunyi nggak mudah untuk ditemukan. Namun yakinlah bahwa setiap orang pasti memiliki bakatnya masing-masing. Jika kita mau berusaha dan pantang menyerah, maka passion yang menjadikan diri kita istimewa itu akan muncul juga. Semoga bermanfaat, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya