Tak banyak orang yang bisa berhasil meraih kesuksesan. Jika dibandingkan, jumlah mereka yang gagal pastilah masih lebih banyak daripada yang mencapai keberhasilan. Mental, salah satu modal untuk meraih sukses yang sayangnya tak dimiliki semua orang.

Mental yang kuat tak akan muncul dalam diri begitu saja. Layaknya otot, mental harus dilatih setiap harinya agar terbentuk dengan baik – hingga sekuat baja. Dengan bermodal mental yang kuat, kamu mungkin akan mudah melewati berbagai tantangan hidup dan otomatis jadi lebih cepat meraih impianmu.

Menyesal setelah melakukan kesalahan adalah hal yang wajar. Tapi, mereka yang punya mental kuat tak akan berlama-lama meratapi kegagalannya

Berhenti menangisi kesalahan diri sendiri via www.vantagemag.com

Setiap manusia pasti pernah berbuat salah. Saat keputusanmu dalam bersikap atau mengatakan sesuatu ternyata keliru, tak perlu terlalu meratapi kesalahan itu. Membenamkan diri dalam rasa bersalah yang terlalu dalam dan panjang justru akan melemahkanmu.

Berbeda jika kamu memang punya mental yang sekuat baja. Kamu akan cenderung lebih bisa menerima dan mengakui kesalahanmu tanpa perlu terlalu berlebihan menyalahkan diri sendiri. Alih-alih terpuruk, kamu justru menjadikan kesalahan di masa lalu sebagai pelajaran. Kamu belajar agar kelak kesalahan yang sama tak akan terulang lagi.

Advertisement

Kemauan untuk menerima kesalahan dan segala menerima konsekuensinya sudah jadi sifat dasar bagi orang-orang yang bermental kuat. Mereka pun tergolong berjiwa besar karena setiap kesalahan aka diakuinya dengan gagah berani dan tanpa rasa enggan untuk meminta maaf.

Perubahan dalam hidup tak harus ditakutkan. Berani menjawab tantangan akan mengantar mereka satu langkah lebih dekat pada impian

Peubahan merupakan sesuatu yang menantang via www.huffingtonpost.com

Seringkali perubahan tak bisa kamu hindarkan untuk terjadi. Perubahan itu pun bisa menjangkau setiap sisi kehidupan; mulai dari soal pendidikan, pekerjaan, hingga kehidupan pribadimu misalnya. Kadang, perubahan-perubahan tersebut dianggap sebagai sesuatu yang mengerikan. Menghadapi hal-hal baru membuat kita pun merasa tak nyaman.

Namun, kamu yang bermental kuat tentu tak akan setuju dengan hal itu. Justru kamu akan menikmati berbagai perubahan yang terjadi dalam hidupmu. Bukannya merasa kaget dan berkeluh kesah, kamu malah menganggap perubahan-perubahan itu sebagai tantangan yang akan meningkatkan level kemampuanmu dalam menjalani hidup.

Bagi mereka yang mentalnya sekuat baja, merutuki keadaan hanya akan menghabiskan energi. Daripada sibuk meratapi, mereka akan berpikir keras demi menemukan solusi

Tetap tersenyum via imgkid.com

Kehilangan benda-benda kesayangan, terjebak kemacetan, kehujanan dalam perjalanan; banyak hal buruk yang seringkali kita keluhkan. Kita sibuk meratapi situasi dan kondisi yang sebenarnya di luar kendali diri kita sendiri. Hal semacam ini tentu tak akan ada gunanya, karena kita akan semakin terpuruk karenanya.

Nah, mereka yang punya mental kuat sudah paham dan menyadarinya. Bahwa satu-satunya yang bisa ia lakukan adalah menerima apa yang diluar kendali dirinya. Dan jika bisa, ia pun lebih memilih untuk mencari solusi daripada sekadar merutuki. Yang pasti, mereka akan mengubah pola pikir. lebih memilih melihat masalah dari sisi yang positif daripada mengeluhkan hal-hal negatif.

Bermental baja berarti tak punya rasa takut menghadapi kerasnya dunia. Setiap keputusan dan segala kosekuensi akan ia pikirkan dengan sebaik-baiknya

Keputusan tetap harus dibuat via www.monutopie.com

Dalam menghadapi suatu permasalahan, terkadang kita diharuskan untuk segera mengambil keputusan. Tak jarang kita pun sibuk memperhitungkan apa saja resiko yang menyertai di belakangnya. Wajar jika muncul rasa ragu atau takut. Tapi, selama keputusan yang kita ambil memang dirasa baik, rasa ragu itu tak seharusnya muncul berlarut-larut.

Tak heran jika orang-orang yang bermental kuat bisa lebih cepat sukses. Karena pertimbangan mereka yang matang dan keberanian dalam mengambil keputusan adalah yang menguatkan mereka melangkah ke depan.

Sibuk memikirkan masa lalu sama halnya membuang waktu. Orang dengan mental yang kuat justru fokus pada masa sekarang agar bisa melangkah maju

Berjalan menatap masa depan via conexaoemaustralia.com

Banyak diantara kita yang mungkin gagal memanfaatkan kesempatan yang datang dalam kehidupan di masa lalu. Menyesal sambil merutuki masa itu pasti pernah kita lakukan. Tapi, tidakkah kita sadar bahwa yang kita lakukan tak akan pernah mengubah keadaan? Toh kealpaan di masa lalu juga tak bisa kita batalkan.

Yup, mereka yang bermental kuat tak suka berlama-lama tenggelam dalam masa lalu. Bagi mereka, hal itu justru akan membuang-buang waktu dan tak ada gunanya. mental yang sekuat baja menjadikan mereka lebih fokus pada perkara-perkara di masa depan. Orang-orang yang bermental kuat akan sebaik-baiknya memanfaatkan segala tenaga dan pikirannya pada masa sekarang dan yang akan datang.

Kesuksesan orang lain tak seharusnya membuat kita merasa iri atau dengki. Mental yang kuat menjadikan kita fokus meraih keberhasilan diri sendiri

Selamat, ya! via chrismears93.tumblr.com

Salah satu penanda bahwa seseorang punya mental yang kuat adalah ketika dirinya mau mengakui kesuksesan atau keberhasilan orang lain. Dia pun tak enggan untuk mengucapkan kata “selamat” dengan tulus atau ikut berbahagia.

Mental yang kuat menjauhkan seseorang dari perasaan iri dan dengki. Selain tak suka membanding-bandingkan, dia pun memilih konsentrasi dan fokus meraih kesuksesannya sendiri.

Saat kegagalan mampir dalam hidunya, dia yang bermental baja tak akan menyerah begitu saja. Dia memilih bangkit dan melanjutkan perjuangan yang berikutnya

Bekerja lebih keras dari sebelumnya via plus.google.com

Setiap kegagalan adalah sebuah pencerahan. Di titik ini, kita justru belajar untuk memperbaiki diri dan menjadi lebih baik lagi. Orang-orang sukses di luar sana pasti sudah khatam dengan perkara menghadapi kegagalan. Berbeda dengan mereka yang akhirnya gagal selamanya, mereka yang bermental kuat selalu belajar dari setiap kegagalan yang terjadi. Mereka menjadikan kegagalan sebagai pengalaman dan guru terbaik yang menuntunnya meraih masa depan yang lebih baik.

Saat bisa mengambil pelajaran dari sebuah kegagalan, kita akan mendapat suntikan semangat. Segera bangkit dan mulai berjuang kembali dari titik paling awal. Menyadari bahwa setiap kesuksesan tak akan datang dengan cara-cara yang instan. Selayaknya, sukses memang dicapai lewat usaha yang tak putus-putus. Dan orang dengan mental yang kuat selalu punya tenaga dan kekuatan ekstra untuk dapat menjalaninya.

Mental yang kuat hampir pasti bisa mengantarkan kita lebih cepat menuju kesuksesan. Jadi sudahkah mentalmu sekuat baja, ataukah sampai saat ini kamu masih sekadar bermental tempe saja?