Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional tak dimungkiri sangat penting untuk dipelajari. Apalagi kamu yang bercita-cita untuk melanjutkan studi atau berkarier di perusahaan luar negeri. Bahasa Inggris tentu jadi syarat yang mutlak. Namun, bagi kita mempelajari bahasa Inggris tentu tak semudah kedengarannya. Grammar, speaking, listening, ampuuun deh susahnya nggak ketulungan.

Tapi, jangan sampai putus asa ya. Sebab kali ini Hipwee bakal merangkumkan 10 situs online yang asyik buatmu belajar bahasa Inggris dengan nol rupiah! Cuma modal laptop/PC dan koneksi internet aja! Dijamin kamu nggak bakal b te lagi belajar bahasa Inggris! Hhehehe .

1.Perdalam pemahaman kosakata bahasa Inggrismu melalui situs Vocabulary.com Kamu pun bakal dimudahkan dengan contoh kalimat yang juga tersedia

Tampilan situsnya seperti ini. via bits.blogs.nytimes.com

Situs ini memberikan kemudahan untukmu yang saat ini masih ngerasa alpha banget soal kosakata bahasa Inggris. Kamu tinggal klik aja kata dalam bahasa Inggris yang belum kamu ketahui artinya. Taraaa… Setelahnya bakal muncul penjelasan tentang arti kata tersebut. Ditambah juga sedikit tambahan informasi berupa contoh kalimat hingga padanan katanya. Paket lengkap banget ‘kan?

2. Belajar grammar emang ngeselin sih, susahnya nggak ketulungan! Tapi mulai hari ini bakal lebih gampang mempelajarinya kalau kamu mampir di situs UsingEnglish.com!

Belajar grammar nggak pusing lagi deh. via everydayfeminism.com

Advertisement

Sebenarnya cara mudah untuk mempelajari grammar bahasa Inggris adalah dengan mencoba mengakrabinya. Kamu harus punya tekad yang kuat untuk bisa memahami grammar (tata bahasa) tersebut. Nah, biar kamu makin mudah mempelajari grammar, kunjungi aja situs UsingEnglish.com. Di mana ulasan tentang grammar nggak pelit-pelit dibahas di situs yang satu ini.

3. Englishclub.com, tempat belajar bahasa Inggris untuk siapa aja. Dari mulai pelajar hingga guru pun bisa, kamu wajib bisa!

Siapa aja bisa belajar bahasa Inggris di sini! via www.chatbella.com

Ini mungkin yang bisa dibilang sebagai paket lengkap. Yup, siapa aja bisa belajar bahasa Inggris di sini, entah itu kamu yang masih mahasiswa atau guru muda sekalipun. Asyiknya lagi nih, belajar grammar di situs ini bisa dengan kuis yang tersedia berdasarkan level kemahiran bahasa Inggrismu. Dari mulai level pemula, menengah, hingga untuk level mahir, ada!

4. Coba deh kunjungi Cambridgeenglish.org, sekali mampir kamu bakal langsung sayang sama situs ini. Ada games menarik di sana yang bakal bikin kamu betah belajar bahasa Inggris!

Ada games-nya juga lho! via www.linkedin.com

Di situs ini juga tersedia latihan soal bahasa Inggris berdasarkan level kemampuan. Dari yang untuk tingkat pemula hingga yang mahir tersedia. Bisa dibilang ini situs yang sangat direkomendasikan buatmu yang tengah dalam persiapan uji kemampuan bahasa Inggris, seperti TOEFL atau IELTS. Sedikit banyaknya bakal menambah kemampuan bahasa Inggrismu. Tak hanya tersedia artikel yang disertai dengan soal-soal yang mengasah kemampuan reading-mu, tapi juga tersedia games yang bakal bikin kamu makin betah belajar bahasa Inggris.

5. Buat kamu yang bahasa Inggrisnya udah level menengah, bisa kunjungi situs Englishpage.com yang bakal bikin kemampuanmu naik tingkat

Tampilan situsnya kaya gini. via www.cc.kyoto-su.ac.jp

Situs ini paling cocok untuk kamu yang udah lumayan jago bahasa Inggris. Jadi, di sini kamu bisa mengasah kemampuan bahasa Inggrismu dengan soal-soal yang tersedia di situs ini. Setidaknya kamu bisa meruntikan diri untuk latihan soal di situs ini cukup seminggu 3 kali. Dijamin, kemampuan bahasa Inggrismu bakal naik tingkat.

6. Ego4u.com, sayang banget kalau sampai dilewatkan! Situs yang berfokus membahas grammar ini juga menyediakan dongeng yang melatih kemampuan reading-mu, lho!

Inilah tampilan situsnya. via online4english.com

Ego4u adalah singkatan dari English Grammar Online yang punya moto the fun way to learn English. Kelebihan situs ini menyediakan juga soal cerita yang bisa mengasah kemampuan reading-mu. Bahkan caranya menulis CV dan surat bisnis pun tersedia. Karenanya sayang banget kalau sampai melewatkan situs yang satu ini.

7. Duolingo.com, situs terpopuler untuk belajar bahasa! Situs ini paling asyik untuk melatih kemampuan listening, serius deh! Hhehehe

Maskot duolingo yang cute abis. via www.youtube.com

Duolingo punya cara yang menarik untuk mengasah kemampuan listening-mu. Yakni dengan latihan soalnya yang mengharuskanmu menebak sebuah kalimat yang diujarkan oleh naratornya. Yup, kamu diharuskan menulis transkrip dari kalimat yang tengah diperdengarkan. Selain itu pada soal yang lain, kamu juga harus menebak terjemahan dari kalimat yang disediakan. Situs yang cocok buat kamu yang masih pemula dan ingin meningkatkan kemampuan listening.

8. Asah kemampuan bahasa Inggrismu melalui bacaan sejarah, seni, dan sains di situs esl.about.com, dijamin nggak bakalan boring deh belajarnya!

Sering-sering deh baca artikel berbahasa Inggris. Salah satunya di situs esl.about.com. via elitedaily.com

Terkadang metode belajar bahasa Inggris yang tepat adalah dengan sering-sering membaca artikel berbahasa Inggris. Situs esl.about.com adalah salah satu yang menyediakan artikel berbahasa Inggris dengan tema yang beragam. Dari mulai artikel yang bertemakan sejarah, seni, hingga sains ada. Dengan sering-sering membaca artikel berbahasa Inggris, kosakatamu pun dijamin makin bertambah. Hehehehe..

9. Paling seru kalau kamu belajar bahasa Inggris di situsnya British Council, kemampuan reading dan listening-mu pun semakin terasah dengan video beserta transkrip yang disediakan di sana!

Begini nih tampilan situsnya. via saundz.com

Asyiknya belajar bahasa Inggris di situs ini adalah kamu bisa menemukan banyak video berbahasa Inggris yang disertai dengan transkripnya. Tak hanya itu, tepat di bawah videonya, kamu bisa klik task yang berisikan soal-soal yang berkaitan dengan tema video tersebut. Paket komplit banget kan? Kemampuan reading-mu naik kelas, pun dengan kemampuan reading-mu yang makin jago. Mendengar bule ngomong Inggris pun kamu nggak bakal canggung dan bingung lagi. Hehhehe.. Klik link ini untuk mampir di website-nya.

10. Learningenglish.voanews.com, di situs ini kamu tinggal pilih aja mau belajar di level berapa? Level satu, dua, atau tiga nih? Hhehehe

Tampilan situsnya. via www.englishblog.com

Hampir sama dengan situsnya British Council, situs belajar bahasa kepunyaan VOA ini juga menyediakan artikel berbahasa Inggris yang disertai dengan audio. Selain ada artikel beserta audionya, situs ini juga menyediakan penjelasan kata-kata penting yang terdapat dalam artikelnya. Sekali lagi, kosakatamu pun jadi bertambah.

So, situs mana nih yang bakal kamu kunjungi? Jadi makin semangat kan belajar bahasa Inggrisnya! Hhehhe…:)