Melanjutkan S2 adalah dambaan bagi banyak orang. Bisa kembali memperdalam ilmu sekaligus memperluas networking adalah beberapa alasan kuat untukmu melanjutkan studi ke jenjang S2. Namun, sayangnya tak sedikit dari kamu yang pada akhirnya melupakan rencanamu untuk melanjutkan pendidikan lantaran terganjal biaya.

Jangan sedih dulu, mungkin impianmu untuk lanjut S2 bukannya gagal hanya tertunda saja. Karenanya Hipwee kali ini bakal membagikan cara agar kamu bisa mencecap ilmu tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, bahkan nol rupiah. Penasaran?

1. Ikut kuliah secara gratis, ada beberapa kampus yang membolehkanmu ikut belajar tanpa jadi mahasiswa!

Nyelip diantara mahasiswa legal. Hhehehe.. via www.useoul.edu

Beberapa kampus ada yang membolehkan masyarakat umum untuk mengikuti pembelajaran di kelas-kelasnya. Cobalah sering-sering mampir ke ruang-ruang kelas pascasarjana di kampus ternama. Biasanya beberapa dosennya dengan senang hati membolehkan masyarakat umum yang mau haus akan ilmu pengetahuan.

2. Kamu bisa belajar lintas bidang di ‘kampus’ Youtube, dari mulai ekonomi sampai filsafat, ada!

Laman channel youtube-nya TED. via positionly.com

Advertisement

Youtube emang ladangnya ilmu. Dari mulai video resep-resep yang bikin pengen turun ke dapur, tutorial make up, sampai video yang menambah insight baru. Beberapa channel youtube yang memperkaya wawasan dan bisa kamu tengok diantaranya adalah TED dan Khan Academy.

3. Pengen belajar di Harvard atau Seoul National University dengan nol rupiah? Mampir deh di situs edX, semua serba ada!

Jangan lupa mampir ke situs edX ya.. via picjumbo.com

Untuk sementara waktu, sampai kesempatan untuk menimba ilmu di kampus impian datang, kamu bisa lho mencecap manisnya ilmu dari sana. Tanpa harus mendaftar jadi mahasiswa di sana. Caranya adalah dengan mampir ke situs edX. EdX sendiri adalah organisasi non profit yang memungkinkan siapa saja untuk mendapat kuliah online dari berbagai kampus dan organisasi ternama dunia.

Untuk mengikuti tiap kelas (dari komunikasi hingga design) yang berdurasi kurang lebih 8 minggu dibandrol dari mulai gratis sampai $90. Ada pula yang gratis dan kamu cukup membayar $49 untuk sertifikatnya. Kamu berminat?

4. Jeli-jeli mencari peluang buat menikmati seminar atau conference yang dibuka buat umum!

Kapan lagi dapat inspirasi gratis dari pembicara keren? via www.tedxjakarta.org

Saat ini banyak beberapa kampus atau organisasi yang  membuka pelatihan dan seminar untuk umum. Salah satu cara belajar gratis dari organisasi non profit adalah dengan mencari inspirasi dari presentasinya TEDx yang tersebar di kota-kota besar Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Misalnya kamu yang domisili di Bandung, bisa menyaksikan presentasi yang inspiratif dari berbagai pembicara di TEDx Bandung.

TEDx memfasilitasi presentasi dari pembicara ternama, dari Ridwan Kamil hingga Anies Baswedan. Nggak hanya dapat insight baru, menghadiri acara TEDx juga sekaligus belajar caranya public speaking. Yang paling penting sih, gratis! Hehhehehe…

P.S: TEDx di kota-kota Indonesia juga bisa kamu tonton online di channel youtube-nya.

5. Sementara buatmu yang udah kerja, jangan malu buat minta training gratis ke atasanmu ya..

Jangan malu untuk minta didanai oleh atasan, menghadiri seminar-seminar. via bandung.bisnis.com

Bagi sebagian kamu, mungkin agak sungkan untuk meminta training gratis dari atasan. Ada perasaan malu kalau sampai ditolak. Tapi, nggak ada salahnya kamu coba dulu aja mengajukan training atau pendanaan untuk mengikuti seminar nasional/internasional. Siapa tahu, atasanmu yang open minded bakal meng-ACC permintaanmu yang satu ini.

6. Jangan malas untuk membaca di perpusnya kampus ternama! Sekalian bisa nyari gebetan juga!

Siapa yang nggak tergiur buat baca di sini? via www.anakui.com

Beberapa kampus ternama tanah air, seperti Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka perpustakaan mereka untuk khalayak umum. Mungkin akan dikenakan biaya masuk, namun harganya terjangkau banget kok. Semisal untuk perpustakaan UI, kamu hanya perlu membayar Rp 5 ribu aja. Terjangkau bukan?

7. Download e-book dan sempatkan membacanya pada jam makan siang atau sehabis pulang kerja

Sempatkan untuk baca e-book ya.. via www.irishtimes.com

Buat kamu yang udah sibuk bekerja, nggak ada alasan untuk berhenti belajar. Perkaya wawasanmu dengan membaca e-book gratis. Kamu bisa membaca e-book di sela jam makan siang atau saat santai sehabis pulang kerja. Adapun beberapa situs yang bisa kamu kunjungi untuk mendownload e-book gratis diantaranya bookboon.com, free-ebooks.net, dan manybooks.net. Beberapa ada yang emang nol rupiah, tapi ada juga yang mengharuskanmu bayar. Cari aja yang harganya ramah di kantong ya, Guys!

Selamat menimba ilmu, Guys! Manfaatkan masa mudamu untuk menimba pengalaman dan ilmu yang berharga. Karena waktu nggak bisa kamu putar ulang. Semangat!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!