Dengan penghasilan yang belum begitu besar, menabung biasanya cuma jadi angan-angan. Saat akan menyisihkan sebagian uang yang kita punya, bayang-bayang kebutuhan dan keinginan yang akan dibeli selalu lebih menggiurkan. Akhirnya, uang yang seharusnya masuk tabungan, yang ada malah masuk ke laci kasir di swalayan.

Nyatanya, menabung memang membutuhkan tekad sekuat baja. Walaupun berat di awal, sebenarnya hasil yang nantinya didapat akan lebih banyak manfaatnya daripada hanya untuk sepasang sepatu yang seringnya cuma keinginan, bukan kebutuhan.

Kalau menabung menjadi resolusimu tahun depan, Hipwee Sukses kasih nih 2 cara yang bisa kamu pakai untuk save uang sampai 10 juta rupiah hanya dengan modal awal Rp. 1.000 saja. Nggak percaya? Gini nih praktiknya…

Cara main plan 1: jumlah uang yang ditabung sesuai dengan jumlah minggu yang berjalan. Meski makin ke sana makin berat, kamu harus punya tekad kuat!

cara main plain 1

cara main plain 1 via gadisransel.net

Cara ini mengajak kita untuk menabung dengan nominal yang disesuaikan dengan minggu yang sedang berjalan.

  • Misalnya, pada minggu pertama, kamu mulai menabung dengan nominal Rp. 1000. Di kalender, minggu pertama tertera ada tanggal 1 – 3. Jadi, pada minggu pertama kamu mulai menabung, terkumpul Rp. 3.000.
  • Lanjut minggu ke-2, nominal yang ditabung naik menjadi Rp. 2000 selama 7 hari. Sehingga, total yang didapat di minggu ke-2 adalah Rp. 14.000. Begitu seterusnya kamu lakukan sampai minggu ke-53 di bulan Desember tahun depan.

Makin lama minggunya mungkin terasa berat, tapi kamu nggak akan nyangka kalau yang didapat ternyata hampir mendekati 10 juta rupiah! Kalau menikah jadi target kamu 5 tahun lagi, kayaknya bisa nih cara yang satu ini dicoba.

Cara main plan 2: menabung sesuai dengan tanggal tiap bulan. Di akhir bulan, kamu tetap harus konsisten, ya!

cara main plan 2

cara main plan 2 via gadisransel.net

Plan ke-2 ini bisa dibilang lebih ringan dari cara sebelumnya. Kamu cuma diminta menabung sesuai dengan tanggal di tiap bulannya. Dimulai dari Rp. 1.000 di hari pertama, di bulan ke-12 nanti, kamu bisa punya tabungan hampir mendekat angka 6 juta rupiah!

Dengan target uang sebanyak itu, kamu juga bisa membuat resolusi lain di tahun depan. Beli gadget atau ikut berqurban di Idul Adha nanti, misalnya.

Asal kamu disiplin, menabung itu sebenernya nggak susah sama sekali. Selain itu, kamu harus tahan atas godaan nongkrong yang nggak penting, diskon di mal atau hal-hal lainnya yang bersifat konsumtif. Bukankah untuk bersenang-senang, kamu harus bersakit-sakit dahulu? ‘Kan lumayan buat tabungan nikah…

Jadi, kalau irit karena buat ditabung untuk manfaat yang lebih besar diakhir, kenapa nggak? Selamat mencoba, ya!