Siapa yang tak ingin jadi kaya? Meski definisi kaya itu sendiri sebenarnya masih subjektif, tapi setidaknya dengan uang yang berkecukupan kamu tak perlu lagi berpikir seribu kali untuk membeli baju atau sepatu dulu bulan ini. Kaya adalah obsesi wajar setiap orang. Saking wajarnya, banyak orang yang menempuh cara-cara aneh seperti penggandaan uang untuk mengejar kekayaan. Duh, menjadi kaya tak harus sebegitunya dong ya.

Nah, kamu sebagai anak muda usia 25-an yang gajinya belum seberapa ini bisa apa? Gaji yang ditunggu-tunggu sebulan akan habis dalam sebulan juga. Jangankan jadi kaya, terkadang gaji habis sebelum waktunya dan kamu harus gali lubang tutup lubang sana-sini. Tapi nggak perlu berkecil hati. Karena menjadi kaya itu banyak cara, kali ini Hipwee akan memberimu tips-tips menjadi kaya di usia muda.

1. Supaya nggak tergoda pake tabungan yang belum seberapa, dituker sama mata uang asing saja. Ribetnya bikin kamu males buat pake jajan, ‘kan?

Nabung Euro via www.rumah.com

Menabung sebenarnya gampang. Tinggal membeli celengan berbentuk macan dan mengisinya dengan koin-koin atau recehan yang tidak kita pergunakan. Yang susah adalah bagaimana mengendalikan diri untuk nggak membobol celengan yang isinya belum seberapa itu. Karena itu, perlu taktik khusus untuk menghalangi nafsumu membobol tabungan.

Salah satunya adalah dengan menyimpan uang dalam bentuk yang nggak bisa digunakan, alias ganti mata uang. ‘Kan nggak mungkin kamu jajan di Indonesia dan membayar dengan mata uang dollar atau sen. Harus ke money changer dulu agar uangmu bisa digunakan. Kerepotan ini dengan sendirinya menghalangi niatmu untuk menggunakan tabungan sebelum waktunya.

2. Nabung emas boleh juga dicoba. Selain aman, harga jual beli emas juga selalu meningkat setiap tahunnya

Investasi emas dan logam mulia via cms.loangarage.com

Dulu logam mulia, terutama emas, hanya menjadi simbol kemewahan dan perhiasan yang menentukan status sosial. Kini emas merupakan sektor yang diincar untuk dijadikan investasi, terutama untuk anak muda yang penghasilannya belum seberapa. Di bank-bank konvensional sudah banyak layanan tabungan emas yang bisa kamu terapkan. Kamu juga bisa sekadar membeli emas, lalu menyimpannya sendiri secara manual di rumah.

Memang harga emas lumayan mahal, sekitar 600 ribu/gram. Meski gajimu baru dua jutaan, kamu tetap bisa membeli emas kok. Caranya, tentu dengan menabung dulu selama tiga bulan, kemudian baru beli emas satu gram. Dalam satu tahun, kamu sudah punya emas 4 gram. Simpan sampai lima tahun ke depan, nanti kekayaanmu akan beranak pinak.

3. Main saham bisa membuatmu kaya dadakan, tapi besar juga risikonya. Bukan tak mungkin kamu bisa miskin dadakan juga

Main saham via www.investopedia.com

Pada masyarakat modern, saham sudah mulai diminati sebagai salah satu alternatif pendapatan. Banyak macam saham yang diperjual belikan dalam bursa efek. Atau kamu yang memilih aman, bisa main saham dengan sistem reksadana yang sudah banyak disediakan oleh bank-bank konvensional.

Dengan bermain saham, selain kamu punya kesempatan meraup keuntungan, kamu juga akan melatih daya analisamu sendiri untuk jeli membaca situasi ekonomi yang seringnya serba mendadak dan mengejutkan. Namun sebelumnya, kamu harus ingat bahwa dalam saham ada dua kemungkinan: untuk dan rugi.

4. Ikut acara-acara pencarian bakat di TV. Kalau menang, kamu bisa tenar dan kaya secara instan nggak pakai lama

Ikut ajang pencarian bakat via rickey.tumblr.com

Cara lain untuk cepat kaya adalah dengan memanfaatkan bakat-bakat yang kita punya. Di stasiun televisi kita mendapati banyak ajang pencarian bakat yang menawarkan hadiah berjuta-juta. Mulai dari lomba menyanyi, memasak, dan adu bakat apapun yang kita punya.

Kamu yang punya bakat menarik sayang kalau sampai melewatkannya. Toh Tuhan memberi kita bakat untuk bisa dimanfaatkan. Selain kekayaan yang bisa kamu dapatkan bila menjadi juara, kamu juga bisa meraih popularitas. Sementara itu, dengan popularitas, peluang untuk mendapatkan uang juga lebih terbuka lebar, dengan sama-sama dadakannya.

5. Daripada disimpan di bawah bantal dan rawan kepake, buka rekening di bank lebih praktis dan menguntungkan

Pilih Bank yang banyak undiannya via www.itv.com

Anak muda memang dekat dengan asosiasi malas. Kadang, kejadian ini sering ditemui saat kamu berhadapan dengan yang namanya menabung. Kamu lebih suka menyimpan uang tabunganmu di kamar kamar, karena biar lebih praktis buat diambil kapan saja. Padahal, ini yang bikin kamu makin lama kayanya.

Kurang-kurangi deh rasa malasmu, karena menabung di Bank adalah salah satu cara efektif untuk persiapan menjadi kaya. Selain lebih aman, juga supaya mendapatkan bunga setiap bulan. Tapi memilih bank dengan bijak bisa memberimu kesempatan untuk lebih cepat kaya, lho. Misalnya, kamu memilih bank yang sering mengadakan undian berhadiah kepada nasabah setia. Ya, meskipun belum tentu kamu menang, toh setidaknya kamu ada usaha.

Seperti misalnya BANK BRI yang mengadakan program BRI Point. Untuk kamu yang sudah menabung di Tabungan BRI BritAma, Tabungan BRI BritAma Bisnis, Tabungan BRI Junio segera cek BRI Point kamu. BRI Point yang kamu miliki bisa ditukarkan dengan beragam hadiah langsung di eCatalog BRI, atau digunakan untuk berbelanja di merchant e-commerce yang bekerja sama dengan ePay BRI. Untuk tahu cara mengecek jumlah BRI Point dan penukarannya, kamu bisa cek di Promo BRI . Masih ada waktu sampai 30 November 2016 untuk menukarkan BRI Pointmu! Kalau kamu hitung dengan cermat, keuntungan yang kamu dapat jadi tak terkira, bukan?

Usia muda dan pendapatan belum seberapa nggak akan menghalangimu untuk menjadi kaya. Asalkan kamu pintar-pintar mengatur keuangan dan punya kemauan besar untuk mencari kesempatan. Menjadi kaya banyak caranya, dan nggak harus ikut-ikutan fenomena penggandaan uang, ‘kan?