Juliet Wu Shihong, perempuan asal Cina ini memiliki kisah unik soal kesuksesan karirnya. Dikenal sebagai generasi pertama yang menduduki posisi manajer profesional ternyata ia benar-benar memulai perjalanan karirnya dari 0. Sebagai wanita sukses yang pernah menjadi General Manager IBM dan Microsoft percayakah kamu kalau dia mengawalinya dari posisi cleaning service?

Wu Shihong via media.zenfs.com

Insiden Ketinggalan Kartu Pengenal Pegawai

Juliet Wu Shihong memulai karirnya dari level paling bawah. Pekerjaannya sehari-hari hanya mengepel lantai dan menuangkan teh untuk pegawai yang posisinya lebih tinggi.

Suatu hari, Shihong lupa membawa kartu pengenal pegawai miliknya. Alhasil ia tidak diperbolehkan masuk ke gedung perusahaan tempatnya bekerja. Walau sudah menjelaskan bahwa ia adalah pegawai di perusahaan itu, petugas jaga tetap melarangnya masuk. Anehnya, pegawai lain yang berpakaian rapi diperbolehkan masuk meski tanpa kartu.

Saat dia menanyakan alasannya ke penjaga pintu, penjaga tersebut hanya melirik ke baju Shihong yang kotor. Mulai hari itu ia berjanji pada dirinya sendiri bahwa ia harus bisa sesukses orang-orang berpakaian rapi itu agar tidak didiskriminasi.

Balas Dendam Wu Shihong

Advertisement

Juliet Wu Shihong via media.zenfs.com

Wu Shihong benar-benar membuktikan janjinya. Ia menjadi sangat rajin bekerja. Setiap hari, ia datang paling awal dan pulang paling lambat agar punya waktu mempelajari pekerjaannya lebih lama. Beberapa tahun kemudian kerja kerasnya mulai terbayar. Dia mulai ditempatkan di bagian sales representative. Kinerjanya yang prima membuatnya terus diangkat hingga mencapai posisi regional manager.

Terlepas dari ketiadaan latar belakang akademik, Juliet Wu Shihong membuktikan bahwa ia memiliki kemampuan yang pantas untuk memimpin dua perusahaan raksasa seperti Microsoft dan IBM.

Ambisi memang mampu mengalahkan semua keterbatasan, ya?