Jika ada orang yang hobi nonton TV atau belajar bahasa asing, ada juga yang menemukan kebahagiaan kecil lewat membaca buku. Tak hanya pengetahuan yang bertambah dan imajinasi yang dibawa melanglang buana, ada sensasi tersendiri pula ketika mencium halaman buku-buku lama. Sampai-sampai kamu yang hobi membaca buku menjadikannya aktivitas yang kamu lakukan setiap harinya. Di manapun, kapanpun, dan jenis buku apapun, kamu melahapnya layaknya makanan. Status ‘pecinta buku’ pun layak kamu sandang.

Pengalamanmu membaca buku kesayangan bisa menjadi semakin menyenangkan dengan adanya beberapa barang berikut ini. Barang-barang apa saja itu?

1. Saat kesibukan membuatmu harus berhenti membaca sementara, handy bookmark ini menjamin kamu tak lupa pada halaman terakhir yang kamu baca

Beri pecinta buku kado pembatas buku yang unik via so-cool.webshopapp.com

Membaca buku tentu tak langsung habis dalam sekali waktu. Biasanya, kamu harus membaca buku dalam beberapa hari untuk menyelesaikannya — bahkan buku-buku ringan sekalipun. Langkah yang paling praktis untuk menandai sampai mana kamu membaca buku itu adalah melipat pojokan kertasnya. Tapi, hal ini tentu saja bikin bukumu menjadi mudah rusak.

Nah, supaya tak usah melipat pojokan kertas lagi, coba deh beli atau buat sendiri pembatas bukumu. Handy bookmark yang berbahan karet dengan petunjuk tangan bisa menjadi pilihan. Dengan harga mulai dari Rp. 30 ribuan, pengalamanmu akan tabah menyenangkan karena bukumu bisa tetap awet dan tak mudah rusak.

2. Bagimu buku adalah pelita hidup. Book light ukuran mini bisa membuat “pelitamu” tak meredup.

Advertisement

Kado dia reading light book via thecoolgadgets.com

Bagi kamu pecinta buku, buku adalah pelita yang membuat hidup makin bercahaya. Sampai-sampai kamu mungkin tak keberatan untuk membaca di tempat gelap. Padahal, ini bisa mengancam kesehatan mata lho.

Book light ukuran mini dan ringan seperti ini bisa membuat pengalamanmu membaca buku lebih sehat bagi matamu. Lampu baca ini sangat praktis dan membuatmu bisa melahap semua buku walaupun berada di tempat gelap. Kalau begini, hobimu tak perlu lagi mengancam kesehatan matamu… 🙂

3.  Yang paling pas memang baca buku sambil minum kopi. Apalagi minum dengan cangkir bertuliskan quotes dari buku favoritmu ini.

Keasyikan membaca buku seringkali membuatmu seolah “punya dunia sendiri”. Kadang bukan teman manusia yang kamu mau, hanya buku kesayangan ditemani secangkir kopi atau teh hangat. Kalau sudah begitu, kenapa tak coba membeli atau membuat sendiri mug bertuliskan quote buku favoritmu? Kamu yang suka Jane Austen bisa meng-quote Elizabeth Bennet dengan mug-mu. Kamu yang suka George Orwell, cetak saja kalimat pembuka 1984 di atasnya.

“It was a bright cold day in April, and the clocks were striking thirteen.”

Cara membuatnya cukup mudah kok, pertama-tama, tuliskan sepenggal kalimat pilihanmu di badan cangkir,  kemudian masukkan ke dalam oven atau microwave dengan suhu 176.6 ‘C. Lalu panaskan pada suhu kurang lebih selama 30 menit. Biarkan hingga dingin, lalu cuci dengan air. Dengan cangkir semacam ini, membaca buku pasti jadi pengalaman yang lebih menyenangkan 😀

4. Personal library embosser menandai bukumu layaknya inventaris perpustakaan, dan bisa mencegah bukumu hilang.

Beri dia personal library embosser via www.literaryhoots.com

Sekarang kamu bisa memiliki sendiri personal library embosser yang tak hanya cantik, tapi juga bermanfaat. Alat cap yang biasa digunakan di perpustakaan umum ini juga bisa kamu pesan sendiri, lho. Alatnya juga tak terlalu mahal kok, hanya dengan dana mulai dari Rp. 150. 000 kamu sudah bisa memilikinya. Dengan alat sederhana ini, buku-bukunya tak akan tertukar atau hilang diambil orang, deh!

5. Kadang teman-temanmu tertarik meminjam bukumu. Paket library kit ini akan membantu kamu tahu siapa saja yang meminjamnya.

Beri dia personal library kit via www.amazon.com

Para pecinta buku sering merasa gatal untuk membeli buku baru, bahkan kalau bukunya yang terakhir dibeli belum habis dibaca. Gak jarang koleksimu yang segudang membuat teman-temanmu tertarik meminjam. Sirkulasi buku yang “nggak jelas” ini bisa membuat bukumu hilang tak berjejak.

Nah, sepaket library kit ini bisa mencegah bukumu hilang. Paket yang berisi kartu perpustakaan (untuk teman), stempel, hingga catatan buku keluar ini bisa kamu beli dengan harga mulai Rp. 120.000 di berbagai toko online. Dengan ini, ketahuan deh siapa yang sedang meminjam bukumu dan kapan dia harus mengembalikannya!

6. Membaca buku sebelum tidur adalah pola hidup pecinta buku. Buat hidupmu lebih nyaman lagi dengan reading lamp dari atas kepalamu.

Kado dia lili lite yang praktis untuk digunakan di atas tempat tidur via www.dwell.com

Membaca buku sebelum tidur adalah kebiasaan hidup seorang pecinta buku. Gak jarang dia akan menjadikan kebiasaan ini sebagai pengantar tidur yang menyenangkan. Namun, kadang dia tidak memperhatikan soal pencahayaan — lagi-lagi karena terlalu “terbawa” oleh buku yang dia baca.

Nah, supaya aktivitas membaca tetap nyaman dan matamu tetap terjaga, milikilah lampu tidur yang praktis dan terang seperti ini. Misalnya desain lampu yang bisa ditempel di atas kepala dengan saklar praktis berbentuk tali. Lalu pastikan lampunya terang dan khusus menyorot pada buku bacaan. Dengan lampu baca seperti ini, kamu tak perlu lagi membaca dalam ruangan bercahaya minimal. Cukup karaoke aja yang di tempat remang-remang. Membaca buku, jangan!

7. Jam dinding dengan latar tumpukan buku adalah hadiah yang seru bagimu. Kalau punya ini, pasti kamu tak akan lagi lupa waktu.

Jam dinding dengan cover buku via www.popsugar.com

Setiap orang membutuhkan jam, tak terkecuali para pecinta buku. Nah, jam yang tepat bagi mereka mungkin adalah jam dinding dengan latar gambar tumpukan buku. Memang tak banyak dijual di toko, tapi kamu bisa membuatnya sendiri dengan mengganti background kertas karton dari pabrik dengan background sampul-sampul buku lama. Kalau ada yang menghadiahimu kado seperti ini, kamu pasti akan senang dan merasa diperhatikan.

8. “Kharisma” buku cetak tak bisa digantikan perangkat digital. Karena itu, bungkuslah gadget-mu dengan softcase dari sampul buku lama.

Softcase laptop dengan desain buku tua via www.amazon.com

Bagi para pecinta buku, bau kertas cetak dan tinta tak bisa digantikan dengan barang-barang digital. Meski sudah banyak ebook yang bisa diunduh gratis di dunia maya, bentuk fisik buku masih menjadi obsesi yang harus kamu punya. Nah, agar “rasa” buku masih tetap terasa kapan saja, miliki saja softcase barang elektronik yang menyerupai sampul buku tua. ini Kamu bisa pilih softcase untuk laptop ataupun handphone. Seru, bukan?

9. Pembatas buku dengan bentuk karakter lucu tak hanya bermanfaat menandai halaman bacaanmu — tapi juga menghiburmu!

Tertimpa buku via www.etsy.com

Tak hanya pembatas buku dengan bentuk tangan dan kertas yang indah, kamu bisa memilih bookmark dengan karakter lucu untuk menandai halamanmu. Contoh saja pembatas buku yang berbentuk kaki sedang selonjoran seperti pada gambar. Barang ini bisa kamu cari di toko buku atau toko online. Hanya dengan uang mulai Rp. 40.000-an, pengalaman baca bukumu jadi jauh lebih menghibur!

10. Dan apapun yang dikadokan teman-temanmu, kotak hadiah berbentuk buku pasti bisa membuatmu terharu.

Bungkus kado dengan kotak seperti ini via www.popsugar.com

Jika kamu punya teman seorang pecinta buku, kamu tak melulu harus memberikannya hadiah buku cetak. Mungkin kamu malah ingin memberikan lebih, seperti perhiasan jam tangan atau kalung. Supaya bisa lebih berkesan di mata temanmu si kutu buku, bungkus saja kado mungilmu itu dengan buku bekas yang dijadikan kotak! Caranya mudah kok, kamu bisa pilih buku tebal yang sudah tidak lagi dibaca, lalu buatlah lubang di bagian tengah. Kemudian letakkan kadomu di dalamnya. Apapun jenis kadomu, bungkus kado semacam ini pasti membuatnya senang.

Bagi para pecinta buku, lembaran kertas yang dibendel menjadi sebuah buku adalah surga dunia yang tak membuatnya bosan untuk melahap. Semoga, barang-barang ini membuat pengalamanmu membaca buku jadi lebih menyenangkan!