Seberani-beraninya perempuan, kudu tetep waspada saat keluar rumah sendirian, apalagi tengah malam. Bukan nakut-nakutin, tapi toh kejadian begitu sekarang kan makin sering. Banyak peristiwa berbahaya yang mengancam keselamatan, dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab.

Ibarat pepatah, “sedia payung sebelum hujan”. Kamu juga kudu siap-siap barang bawaan sebagai senjata kalau-kalau tiba-tiba berhadapan dengan hal buruk. Kalau bertemu orang baru ya jangan terlalu paranoid, orang baik masih ada kok. Yang penting tetap waspada. Berikut ini hal-hal yang bisa kamu persiapkan setiap kali keluar malam.

1. Baik siang atau malam, jangan pernah lupa untuk kenakan jaket tebal ketika berpergian

Cerita dari kota Yogyakarta pekan lalu, ada teror penyayatan oleh berandal bermotor yang melukai lengan tiga orang korban perempuan. Serem banget kan! Dengar berita seperti ini, kamu harus selalu siap menggunakan jaket tebal tiap kali keluar. Nggak melulu soal angin atau kepanasan, ini untuk jaga-jaga kalau tiba-tiba ada yang menyayat lenganmu tanpa alasan.

Bukan berandai-andai Pak, Bu, waspada namanya. Sampai sekarang pelakunya juga belum ketemu kan, dugaan sementara dia ialah seorang psikopat. Emang sih, makin hari makin banyak orang stres di dunia. Ya waspada aja, biar silet atau pisau yang dibuat itu nggak mempan saat digoreskan ke lenganmu (naudzubillah). Pake jaket tebal saat malam kan juga berguna buat kesehatanmu, angin malam itu nggak bagus. Kalau siang? Biar kulitmu nggak gosong kepanasan.

Advertisement

Kalau mau lebih aman, pilih jaket tentara yang ijo loreng-loreng tuh, biar keliatan sangar aja.

2. Pisau lipat memang serbaguna, lebih aman juga dimasukin tas buat jaga-jaga

pisau lipat serbaguna via vignette2.wikia.nocookie.net

Membawa peralatan multifungsi seperti swiss army knife sama sekali nggak ada ruginya. Benda ini bisa berguna di manapun, nggak cuma saat kamu traveling atau naik gunung aja. Mulai dari mengupas buah, memotong kayu, menggunting, sampai membuka botol bisa alat mini ini lakukan. Termasuk juga memberi perlawanan saat ada yang mengancam keamanan. Kalau naik pesawat emang susah, takut disita. Tapi kalau buat sehari-hari sih cuek aja.

3. Pepper Spray pun bisa diandalkan untuk kamu yang punya banyak persediaan bumbu masakan di kediaman

sasar mata lawan via 2.bp.blogspot.com

Pepper Spray atau seringkali disebut semprotan merica sudah jamak dikenal sebagai alat jaga diri yang sangat praktis dan ampuh. Memang nggak bakal membuat lawanmu mati seketika, tapi seenggaknya, dengan membuat mata lawan perih dengan semprotan merica tadi, kamu jadi punya waktu lebih untuk melarikan diri.
Kali di dapur kamu punya banyak bumbu masak, seperti lada dan lain-lainnya, bisa kok kamu campurin supaya lebih panas juga di mata. Percayalah, mencegah itu lebih baik ketimbang menyesal. Jarak semprotan 8 meter aja lawan sudah ngerasa perih kok matanya.

4. Biar kamu bukan penulis, sah-sah aja kok bawa pulpen di tas atau di saku. Apalagi kalau lebih dari satu

jangan pernah meremehkan kekuatan pena via www.natmagnewsletters.co.uk

Poinnya sebenernya bukan di pulpennya sih, tapi di alat dengan ujung yang tajam, seperti pulpen misalnya. Ini tuh bisa kamu gunakan untuk menusuk pelaku kejahatan jika kamu sedang terancam. Ini cukup ampuh untuk mengusir pelaku kejahatan. Jadi, jangan remehkan pulpen ya. Ternyata, pulpen selain untuk menulis bisa juga buat senjata.

5. Jangan pernah ninggalin dompet kalau pergi-pergi. Isinya mungkin akan menyelamatkanmu

makin banyak kartu makin bagus via g01.s.alicdn.com

Selain duit, pastikan di dalam dompetmu ada beragam kartu. Jangan anggap remeh kartu ATM, kartu identitas karyawan, bahkan KTP mu itu bisa menyelematkan nyawamu kelak. Rada lebai sih emang, tapi benda-benda itu bisa menjadi alat bela diri. Caranya, genggam kartu dengan menyisakan satu bagian sudutnya. Sudut kartu itu yang dijadikan senjata dengan menyayat ke bagian wajah atau leher pelaku.

Perlu diketahui juga nih, kedua bagian tubuh tersebut merupakan permukaan kulit yang paling tipis yang dimiliki manusia, sehingga sayatan sudut kartu bisa melukai pelaku. Jangan lupa bawa kartu dalam dompetmu ya…

6. Kunci rumah jangan dibiasakan nyelip. Kantongin ya, siapa tahu bisa jadi senjata mungil untuk melindungimu di kondisi darurat

kunci jadi senjata via highheelsandhandguns.wordpress.com

Segala macam kunci bisa menjadi senjata ‘rahasia’ kamu. Saat berhadapan dengan situasi yang menyulitkan dan membahayakan, kamu hanya perlu menjepit kunci di sela-sela jari dan bentuk tanganmu seolah ingin meninju. Lalu, arahkan tinjuan ke arah pelaku. Kunci mungil itu bisa melukai pelaku dan kamu bisa lari meminta bantuan. Hati-hati tapi, jangan sampai senjata makan tuan!

7. Selain untuk jaga penampilan kalau mau pergi, sisir di dalam tas juga bisa buat bela diri

sisir bisa membuat lawanmu menyingkir via www.hairfinder.com

Memang kelihatannya benda kecil ini nggak bakal berguna kalau kamu butuh pertahanan diri. Tapi dalam keadaan darurat, sisir pun bisa jadi senjata yang bisa digunakan. Coba deh, benda ini akan menyakitkan jika bagian untuk menyisir rambut digoreskan ke kulit. Jika terdesak, goreskan sisir ke bagian wajah pelaku. Ya mau gimana, kalau nggak ada alat lain, yang remeh temeh begini bakal berguna juga.

8. Musim hujan belum berakhir, ujung payung bisa kamu gunakan sebagai pelindung

gunakan payungmu via english.astroawani.com

Khususnya payung model klasik nih, yang memiliki ujung payung dari besi yang runcing. Benda ini bisa dibawa kapan pun kamu mau, nggak kudu musim hujan aja sih sejatinya. Pas panas juga berguna. Dipukul pakai payung aja sakit lho.

9. Buat yang berhijab, biasakan mengenakan bros. Karena fungsinya lebih dari sekadar mempercantik penampilanmu

multifungsi guys via cdn.klimg.com

Para hijabers pasti sudah familiar dengan benda-benda tajam seperti peniti, jarum, dan bros untuk dikenakan sebagai aksesoris hijab. Nah, ketahuilah bahwa benda-benda kecil ini pun bisa jadi senjata untuk mempertahankan diri.

Peniti aja kurang greget. Jarum pentul dan bros itu jarumnya lebih kuat, dan dengan alat itu kamu bisa melakukan tusukan berkali-kali untuk melakukan serangan berikutnya.

10. Kata siapa alat-alat kosmetik nggak ada gunanya? Justru bisa membantu saat ada yang mengancam nyawa

makin banyak kosmetikmu makin berguna via www.dhresource.com

Walau harganya terbilang tidak murah, tapi ketika kamu kepepet apakah kamu masih sempat berpikir kalau kosmetik ini mahal? Caranya, coba kamu lemparkan ke bagian wajah pelaku tepat bagian mata. Ketika sudah tidak berdaya segera lari menuju tempat ramai untuk meminta pertolongan.

Nah, itu dia perlengkapan yang wajib kamu bawa saat keluar sendirian, apalagi tengah malam. Ya nggak perlu semuanya, sebagian aja, kamu pilih mana yang kamu punya. Selamat jalan, semoga kamu selalu aman.