Soal fashion, cowok punya kelebihannya sendiri: gaya busana mereka biasanya tak lekang dimakan masa. Biarpun gaya cowok itu begitu-begitu aja, tapi tetap keren dipandang mata. Yang penting, kamu perlu memadupadankannya biar gak gampang bosan.

Nah, terus gimana biar gayamu tetap update tanpa mesti merogoh kocek terlalu dalam? Disini Hipwee sudah menyusun caranya. Catat baik-baik ya.

1. Fondasi tampil gaya: fokuskan pada fashion item yang esensial

Miliki fashion item yang esensial via becuo.com

Hal pertama dan terpenting biar kamu bisa tampil gaya adalah memiliki fashion item yang esensial di lemarimu. Dengan memiliki barang-barang ini, kamu bisa mengkombinasikannya dengan leluasa.

Terus, benda-benda fashion apa aja sih yang perlu ada di lemarimu? Langsung aja baca artikel Hipwee yang berjudul “Buat Para Cowok, 13 Fashion Item Ini Wajib Kamu Miliki.” Tentunya, pilih yang sesuai pribadi dan keperluanmu, ya!

2. Temukan gaya yang benar-benar merepresentasikan dirimu.

Advertisement

Gaya yang merepresentasikan kamu via galleryhip.com

Di artikel Hipwee yang ini, disinggung bahwa fashion itu adalah sesuatu yang mudah usang. Makanya, kamu perlu gaya klasik cowok yang bisa bertahan gak cuma dalam hitungan bulan, tapi tahun. Kamu tentu boleh banget bereksperimen dengan busana yang lagi ngetren, tapi pastikan dulu bahwa itu sesuai dengan bentuk tubuh dan kepribadianmu.

Sekadar mengikuti tren tanpa memperhatikan cocok enggaknya dengan kepribadianmu hanya akan menambah “sampah” di lemarimu. Dengan membeli hanya sesuatu yang sesuai sama dirimu, kamu bisa menghemat pengeluaran yang sebenarnya gak perlu.

3. Utamakan kualitas dibanding kuantitas.

Sedikit tapi berkualitas via ezpong.com

Busana adalah investasi. Alih-alih menghabiskan uang buat membeli sejumlah fashion item murah tapi kualitasnya gak begitu bagus, mendingan pilih yang sedikit mahal tapi kualitasnya tinggi. Tips ini mungkin terdengar kontradiktif dengan judul di atas, tapi percaya deh, uang yang kamu belanjakan bakal lebih hemat jika kamu membeli sesuatu yang berkualitas dan awet.

Misalnya, dibanding membeli 3 potong kaos kualitas rendah seharga 40 ribu yang dipakai beberapa kali warnanya memudar, tentu lebih bijak jika membeli sebuah kaos seharga 120 ribu yang bisa bertahan bertahun-tahun. Toh pada akhirnya kamu mengeluarkan uang dengan jumlah yang sama.

Tentunya harga gak selalu bisa dijadikan patokan soal kualitas. Yang murah tapi berkualitas juga banyak kok. Intinya, pastikan kamu tahu kualitas barang yang kamu beli.

4. Jangan ragu melirik toko barang bekas.

Garage sale via www.becentsable.net

Nah, sekarang kita masuk ke tips praktis yang bisa kamu lakukan untuk meng-update penampilanmu. Seperti yang udah Hipwee singgung di poin sebelumnya, barang yang berkualitas biasanya awet. Jadi, gak perlu sungkan untuk mencoba berburu barang bekas yang berkualitas di garage sale, online shop, maupun toko-toko barang bekas yang tengah menjamur.

Delapan puluh persen barang bekas yang dijual mungkin gak akan menarik perhatianmu, tapi pasti ada satu-dua item yang layak untukmu. Soal harga juga tentu sangat miring dibanding beli baru. Tentunya, perhatikan kualitas dan kondisi barang yang mau kamu beli.

5. Kamu bisa juga menyerbu isi lemari keluargamu.

Serbu isi lemari keluarga via blog.bergdorfgoodman.com

Lemari pakaian lama ayahmu juga bisa kamu intip. Siapa tahu kamu menemukan harta karun — fashion item yang kamu perlukan dan bisa kamu manfaatkan — di sana. Kamu mungkin akan takjub melihat berapa banyak pakaian yang cocok sama kamu dan bisa kamu padu padankan. Selain lemari ayahmu, kamu juga mungkin bisa mencoba hal yang sama dengan paman, kakak, atau sepupumu.

6. Lakukan perawatan terhadap barang-barang fashion-mu.

Rawat barang-barang fashion-mu via www.hypemeanseverything.com

Barang-barang berkualitas yang kamu miliki tentu bakal awet jika kamu rawat dengan baik. Pastikan kamu tahu gimana caranya merawat dan menyimpan sepatu kulit atau sneakers-mu — jangan cuma dibiarkan teronggok di luar dan terpapar debu. Misalnya, untuk barang-barang berbahan kulit, bersihkan dan semir secara rutin, lalu simpan di tempat yang sirkulasi udaranya baik dan gak lembab biar gak berjamur.

Poin #3 di sini berperan penting. Semakin banyak barangmu, semakin banyak waktu yang kamu habiskan buat merawatnya. Pada akhirnya, kamu cuma bakal merawat dan menyimpan barang yang benar-benar bagus (atau sesuatu yang benar-benar kamu suka). Jadi, gak usah buang waktu untuk menyimpan sesuatu yang murahan.

7. Temukan tempat untuk memperbaiki barang-barang fashion-mu.

Temukan tempat untuk melakukan perbaikan via www.flickr.com

Merawat aja kadang gak cukup; kamu perlu seseorang untuk memperbaiki barang-barangmu. Memperbaiki tentunya jauh lebih murah dibanding beli baru, ‘kan?

Temukanlah tukang reparasi sepatu yang ahli buat menangani kerusakan pada sepatumu. Temukan jasa laundry yang bisa menangani noda membandel tanpa harus kuatir pakaianmu jadi rusak. Temukan juga penjahit yang mampu melakukan perbaikan dan penyesuaian terhadap pakaianmu. Dengan begitu, barang-barang fashion favoritmu bisa bertahan jauh lebih lama.

8. Pelajari keterampilan menjahit untuk melakukan perbaikan-perbaikan kecil.

Keterampilan ini bakal sangant membantu via www.easysewingforbeginners.com

Daripada sedikit-sedikit mengeluarkan uang untuk membayar tukang jahit, kenapa kamu gak mencoba melakukan sendiri perbaikan-perbaikan kecil yang diperlukan? Misalnya, menjahit kancing dan melakukan tambalan kecil pada bagian yang sobek. Dengan mengetahui keterampilan dasar ini, kamu bisa menghemat uang dan gak mesti tergantung pada penjahit untuk hal-hal kecil.

9. Lakukan modifikasi pada fashion item-mu.

Modifikasi sendiri via wobisobi.blogspot.com

Seperti halnya fashion cewek, kamu juga bisa melakukan modifikasi swakarya (alias do-it-yourself) terhadap barang-barang fashionmu agar tetap hip meski modelnya udah ketinggalan zaman. Bikin kaos lamamu jadi trashed ala anak punk, bikin vest keren dari jaket denim, atau bikin celana pendek dari jins lamamu? Suka-suka kamu deh!

10. Selalu update diskon dari merk busana favoritmu.

Jangan ketinggalan diskonan via id.topman.com

Kamu mungkin punya brand favorit yang produk-produknya sangat kamu banget, mengingat bahwa gak semua merk terkenal itu cocok sama kamu. So, gak ada salahnya buat menunggu penawaran khusus berupa sale maupun diskon dari brand kesukaanmu. Biar lebih update, kamu juga bisa mendaftarkan untuk berlangganan email newsletter brand kesayanganmu.

Berinvestasi pada fashion cowok itu sebenarnya gak mahal-mahal amat kok, asal kamu tahu mana yang layak untuk kamu beli. Nah, apakah kamu punya tips lain untuk memangkas bujet fashion-mu? Langsung aja bagiin ke pembaca lain deh.