Banyak orang bilang tidur itu gampang. Nggak perlu banyak energi dan pikir panjang, tidur bisa dengan cepat dilakukan. Bahkan beberapa orang bilang tidur merupakan hobi bagi mereka. Padahal, bagi sebagian orang, aktivitas simpel ini ternyata nggak semudah kelihatannya.

Terutama bagi mereka yang memiliki sindrom insomnia. Orang-orang ini bahkan masih berjuang untuk bisa tidur sementara beberapa orang lainnya sedang enak-enaknya bermimpi.

Selain mandi air hangat, minum susu hangat, apalagi menghitung domba, ada cara lain yang lebih scientific agar kamu cepat tertidur. Berikut Hipwee Tips bagikan info mengenai cara-cara agar lebih cepat mengantuk dan tertidur, bahkan hanya dalam wakltu 1 menit saja. Penasaran?

1. Meski kelihatannya kolot, menetapkan jam tidur menjadi langkah utama yang sangat penting demi ketercukupan asupan tidurmu

harus dipaksa via www.businessinsider.co.id

Duh, udah jam 10 lewat nih, udahan dulu, ya. Jam 11 jadwalku tidur soalnya.

Ya elahh, baru juga jam segini. Tidur aja pake dijadwal segala. Dasar cupu!

Advertisement

Dilansir dari laman Lifehack, langkah pertama untuk membuatmu lebih cepat tertidur adalah dengan menetapkan jam tidur. Mungkin terkesan memaksakan, apalagi buat kamu yang nggak terbiasa tidur dengan penjadwalan waktu. Alias kamu akan tidur ‘sengantuknya’ atau nggak bakal tidur kalau nggak ngantuk. Dan dengan berat hati Hipwee harus katakan, kamu telah menyia-nyiakan waktu!

Mulai sekarang, cobalah untuk mengatur jam tidurmu. Waktu paling bagus untuk tidur maksimal pukul 11 malam. Karena pada jam inilah organ bagian dalam tubuh mulai bekerja untuk memperbaiki segala kerusakan agar kembali prima keesokan harinya.

Awalnya kamu akan merasa terbebani dan kesulitan untuk tidur dengan jadwal yang kamu tetapkan. Tapi tenang, dengan cara ini, tubuh akan memberi sinyal pada hormon serotonin dan melatonin untuk membuatmu merasa rileks dan otomatis bersiap untuk tidur. Hal ini akan berpengaruh juga ke psikologismu, kamu akan merasa perlu untuk tidur cukup dan mengesampingkan ego-ego termasuk kebiasaan tidur ‘sengantuknya’. Jika kamu mau sabar lakukan ini, yakin deh kamu bakal punya kebiasaan baru yang positif.

2. Benamkan wajahmu dalam air dingin selama beberapa saat untuk memberi efek menenangkan

air dingin ya via www.today.com

Salah satu cara untuk mendatangkan kantuk adalah dengan membenamkan wajah dalam air dingin selama beberapa saat.

Siapkan air dingin dalam wadah, lalu benamkan wajahmu ke dalamnya, lakukan bertahap selama 30 detik perlahan-lahan.

Menenggelamkan wajah dalam air dingin akan memicu fenomena paksa yang disebut dengan dive reflex. Cara ini akan menurunkan denyut jantung dan tekanan darah, yang berarti sistem sarafmu sedang diatur ulang untuk menenangkan tubuh. Trik ini cocok dilakukan jika kamu merasa cemas atau tertekan menjelang tidur.

3. Lakukan latihan pernapasan 4-7-8, maka kamu akan tertidur hanya dalam hitungan detik

atur napasnya via www.huffingtonpost.com

Teknik terbaru yang bisa dilakukan agar bisa tertidur hanya dalam waktu 60 detik saja telah dikembangkan oleh pakar kesehatan Dr. Andrew Weil dari Universitas Arizona, Amerika. Ia menamai teknik tidur cepat ini dengan metode 4-7-8 yang diawali dengan menenangkan pikiran dan relaksasi tubuh dengan mengatur pernapasan dalam beberapa tahapan.

Caranya:

  • Keluarkan napas panjang lewat mulut.
  • Tarik napas panjang melalui hidung dalam hitungan 4 detik.
  • Tahan napas selama 7 detik.
  • Keluarkan napas lewat mulut dengan bunyi ‘whoosh’, lakukan hitungan sampai 8.
  • Ulangi langkah di atas sebanyak 4 kali.

Cobalah fokus untuk menghirup dan menghembuskan napas dengan benar. Agar hasilnya maksimal, usahakan kamu lakukan latihan pernapasan ini selama 2 kali dalam sehari, baik di pagi hari atau waktu luang serta menjelang tidur.

4. Coba tantang dirimu untuk tetap terjaga dalam ruangan gelap denga posisi tubuh telentang. Insomnia atau ngantuk yang menang, ya?

coba aja tantang dirimu via www.huffingtonpost.co.uk

Julie Hirst, psikoterapis ternama menemukan fenomena sleep paradox yang berarti jika seseorang menantang dirinya sendiri untuk tetap terjaga, maka otakmu justru akan berontak.

Cobalah tidur terlentang di atas ranjang dengan penerangan kamar temaram dan biarkan mata terbuka. Katakan “aku nggak akan tidur” berulang-ulang. Tebak apakah kamu akan tetap terjaga atau justru tertidur nggak sengaja?

Menurut penjelasan dari Hirst, posisi tubuh yang demikian akan mengirimkan sinyal pada otak untuk segera beristirahat. Selain itu, otak nggak memproses pesan negatif dengan baik, sehingga akan menafsirkan penolakanmu untuk tidur justrus ebagai instruksi untuk tidur, otot mata juga akan lelah. Alhasil, kamu nggak akan terjaga terlalu lama karena rasa kantuk lebih cepat datang.

5. Pijitlah titik-titik pemicu tidur dengan lembut. Kamu yang sensitif dengan sentuhan akan merasakan efeknya

pijat bagian sini via www.howcast.com

Tubuh kita memiliki titik-titik tertentu yang jika ditekan atau dipijit akan menimbulkan efek tertentu. Nah, Dr. Idzikowski menyarankan untuk memijat lembut area titik di antara alis, titik di antara jempol dan telunjuk kaki kanan, atau titik di bawah kuku telunjuk kaki kanan.

Caranya:

  • Letakkan jempol tangan pada titik diantara alis di bagian atas hidung, di mana terdapat sedikit lekukan. Pijat lembut dan tahan selama 20 detik, lepaskan sebentar dan lakukan berulang.
  • Duduklah dan tempatkan kaki kanan di lutut kiri. Pijatlah titik diantara jempol kaki dan telunjuk selama 20 detik, lepaskan sebentar dan ulangi pijatan.
  • Temukan titik tepat di bawah kuku pada bagian atas jari telunjuk kaki kanan. Gunakan jempol dan jari telunjuk tangan kanan untuk memijat lembut selama 20 detik, lepaskan sebentar lalu lakukan lagi.

6. Sembunyikan jam! Mengecek waktu terus-menerus justru membuatmu semakin cemas dan sulit tertidur

sembunyikan jam via www.amazon.com

Lisa Meltzer, seorang sarjana lulusan National Sleep Foundation dan profesor pediatri di Jewish Health Nasional di Denver, menyarankan untuk nggak mengecek jam terus-menerus selama proses menuju tidur. Kebiasaan ini biasanya dilakukan oleh beberapa orang termasuk mereka yang menderita insomnia.

Cobalah untuk menyembunyikan jam ataupun ponsel kamu dan fokuslah untuk pergi tidur. Terus-menerus memeriksa waktu hanya akan meningkatkan stres sehingga sulit untuk menghambat sistem saraf yang mengatur tidurmu. Kecenderungan lainnya, menatap jam selama kamu sedang berusaha tidur justru membuatmu semakin kuatir dan takut kamu nggak akan tertidur.

7. Bernapaslah dengan hidung sebelah kiri untuk menurunkan tekanan darah dan membuatmu lebih tenang

bernapas lewat lubang hidung kiri via abcnews.go.com

Cara ini merupakan metode yoga yang diyakini bisa menurunkan tekanan darah dan membuatmu lebih tenang. Ahli terapis holistik, Peter Smith, menganjurkan untuk bernapas melalui lubang hidung sebelah kiri.

Tidurlah dengan posisi miring ke kiri, lalu tutup lubang hidung sebelah kanan. Perlahan, ambil napas dalam-dalam melalui lubang kiri hidung.

Penulis buku Sleep Better With Natural Therapies ini mengatakan, teknik tersebut efektif dilakukan jika kamu sulit tertidur karena suhu kamar yang terlalu panas atau wanita dengan kondisi menopause.

8. Meregangkan otot-otot kaki akan membuat tubuhmu rileks dan lebih bersiap-siap untuk tidur

regangkan kaki via pexels.com

Direktur Institute of Naturopathic Sleep Medicine di Seattle, Catherine Darley menyarankan untuk melakukan teknik relaksasi jari-jari kaki agar cepat mengantuk.

Tidurlah dengan posisi terlentang, ambil napas dalam dan perlahan melalui hidung. Di saat yang bersamaan, regangkan kaki hingga jari-jarinya menekuk di bawah telapak kaki, lalu lepaskan tekanan, lakukan berulang kali.

Dengan teknik relaksasi ini, kamu pun jadi lebih cepat mengantuk dan akhirnya tertidur.

9. Stimulasi otak dan tubuhmu agar rileks dengan cara memutar bola mata sembari terpejam

memutar bola mata sambil merem via www.thebrunettediaries.com

Sammy Margo, penulis buku berjudul The Good Sleep Guide menyarankan untuk memutar bola mata dengan kondisi mata tertutup untuk mengundang rasa kantuk. Lakukan sembari tidur terlentang di ruangan gelap. Cara ini akan menstimulasi otak untuk memberikan perintah untuk tidur, serta memicu pelepasan hormon melatonin sebagai hormon pengontrol tidur.

10. Jika kamu terbangun tengah malam dan nggak bisa kembali tidur dalam waktu 15 menit, segera bangun dan beranjak dari tempat tidur!

bangun dari tempat tidur via yatzu.com

Lho, cara ini bukannya bikin kita makin sulit untuk kembali tidur? Ternyata perkiraanmu keliru. Menurut ahli psikoterapi, cara ini merupakan teori kontrol stimulus. Segala sesuatu dalam hidup memiliki nilai stimulus, bahkan di tempat tidur. Tubuhmu harus mengakui bahwa berbaring di tempat tidur berarti saatnya untuk pergi tidur.

Bangun dan beranjak dari tempat tidur jika kamu nggak bisa tidur adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan, tapi ini sangat penting. Jika kamu menghabiskan berjam-jam di tempat tidur, tetapi hanya untuk bermain ponsel, mengerjakan tugas, menonton TV, dan bukan untuk tidur, kamu akan lebih sulit untuk tidur.

Bangun dan lakukan aktivitas apapun asalkan di luar tempat tidur. Tanamkan dalam pikiranmu bahwa tempat tidur adalah tempat untuk tidur. Sehingga ketika kamu kembali ke sana, otakmu otomatis akan terstimulus untuk pergi tidur.

Supaya begadang nggak jadi kebiasaanmu, cara-cara tadi bisa lho dipraktikkan demi kualitas tidur yang lebih baik. Nggak cuma tubuhmu yang jadi lebih sehat, pikiran serta mood-mu pun akan membaik di setiap harinya.