Makan, istirahat, hingga bersih-bersih adalah rutinitas harian bagi semua orang. Karena sudah mengerjakannya seumur hidup, tentu kamu berpikir bahwa caramu mengerjakan semua rutinitas itu sudah tepat. Padahal, sebenarnya ada lho trik-trik cerdas yang bisa membantumu untuk lebih tidak kerepotan dalam mengerjakannya. Kalau sudah tahu trik-trik ini, hidupmu bisa menjadi lebih mudah. Trik-trik apa saja sih itu? Berikut ini Hipwee berikan bocorannya!

1. Apakah selama ini kamu sering belepotan saat makan pisang? Makanya, jangan kupas kulitnya jadi empat. Yang benar adalah mengupasnya jadi dua.

Kupas pisang yang bener via www.cosmopolitan.com

Pisang adalah makanan sehat yang siap sedia mengganjal perut saat tak sempat makan berat karena terburu-buru berangkat. Gak jarang kamu akan mengupasnya menjadi empat bagian. Dengan begitu, tanganmu jadi sering belepotan.

Nah, agar itu tak terjadi lagi, kupaslah pisang dari ujung buah. Patahkan bagian pucuk -biasanya ada warna hitam- lalu belah menjadi dua. Nah, pisang siap dilahap tanpa meninggalkan getah di tangan. Selain itu, kamupun bisa lebih nyaman dalam memegangnya.

2. Kamu ingin sepatu kulit imitasimu selalu terlihat kinclong? Semprotkan saja cairan pembersih kaca sehabis disemir. Sepatumu pasti jadi tampak baru lagi.

Biar sepatumu kincong via www.cosmopolitan.com

Advertisement

Biasanya, kamu akan mengoleskan semir dengan kain pada sepatu kulit imitasimu agar terlihat lebih awet. Sebenarnya, langkah perawatan sepatu tak hanya sampai di situ saja, kamu juga perlu membuatnya lebih mengkilap. Nah, caranya adalah semprotkan cairan pembersih kaca lalu usap dengan kain secara perlahan. Dengan tips ini, sepatu kesayanganmu bisa tampak kinclong seperti baru lagi.

3. Aluminium foilmu tak akan lagi berantakan kalau kamu mau menaati petunjuk lock pada kemasan yang ada. Sayang, kamu sering lupa.

Cara buka aluminium foil via www.cosmopolitan.com

Kamu pengguna aluminium foil untuk memasak, menyimpan makanan atau melakukan penelitian di laboratorium? Ketika ingin menggunakannya lagi, seringkali kamu menemukan aluminium foilmu berantakan karena gulungan yang sering keluar dari kemasan. Padahal, dalam kemasan sudah ada petunjuk press here to lock roll, artinya kamu bisa menekan bagian ini agar gulungan terkunci sehingga lembarannya tak akan keluar-keluar lagi. Kamu juga tak perlu lagi repot-repot membuka kemasan untuk menyobeknya. Namun, kamu sering sekali melupakan hal ini.

4. Tidur nyenyak dan berkualitas itu ada resepnya! Pastikan posisi kaki dan punggungmu sesuai dengan aturan kesehatan.

Cara tidur yang benar via www.cosmopolitan.com

Obat lelah dan kecapaian adalah tidur yang berkualitas. Namun, kamu tak akan bisa mewujudkannya karena posisi tidur yang salah. Posisi tidur macam ini malah bikin badanmu pegal dan tak nyaman. Agar istirahatmu lebih maksimal, cobalah ganti posisi tidur yang baik sesuai kesehatan.

Pertama, tidurlah telentang dengan bantal di kepala dan ganjalan semacam guling mungil di bawah dengkul. Kamu juga bisa tidur miring ke kanan dengan kaki saling tindih sejajar badan dan lutut dibengkokkan. Posisi tidur seperti ini bisa bikin punggungmu tetap aman, aliran darah dan oksigen ke otakmu pun lancar. Selain itu, kamu bisa terhindar dari pegal-pegal.

5. Gigit apelmu mulai dari atas, bukan dari samping seperti logo Apple

Cara makan apel yang benar via www.cosmopolitan.com

Gak sedikit dari kita yang makan apel dari bagian tengah, karena terpengaruh dari logo Apple yang terkenal atau apel Snow White yang beracun itu. Namun, tahukah kamu? Ternyata ada cara yang lebih baik untuk menikmati apel lho. Yaitu, mulailah dengan menggigit apel pada bagian atas, lalu ke bawah, dan kemudian ke samping kanan dan kirinya.

Dengan cara ini, kamu tak harus membuka mulut terlalu lebar. Gigimu bisa lebih aman, dan makan pun jadi terasa lebih nikmat. Nah, tips ini juga berlaku untuk buah lain seperti pir.

6. Isi pasta gigimu tak akan ada yang terbuang ke tong sampah, jika kamu menggunakan bobby pin sebagai penahannya.

Cara menghabiskan pasta gigi via www.cosmopolitan.com

Selama ini, mungkin kamu melakukan “penghematan” pasta gigi dengan cara menggulungnya. Hal ini dimaksudkan agar semua isi pasta bisa keluar tanpa tersisa. Namun, kadang jempolmu jadi merah padam dan pegal karena harus susah payah memencet bagian pangkal.

Nah, ternyata ada cara yang lebih efektif dari itu lho. Kamu bisa gunakan penjepit rambut bobby pin berukuran kecil sebagai penahan tuba. Pasang dan tarik dari ujung hingga pangkal kemasan, dijamin tak akan ada lagi pasta gigi yang terbuang ke tong sampah. Cari bobby pin yang terbuat dari plastik dan bukan logam ya, supaya dia tidak berkarat terkena air kamar mandi.

7. Cara cerdas memotong semangka adalah dengan menengkurapkannya. Dengan begitu, tanganmu tak lagi basah.

Cara memotong semangka yang benar via www.cosmopolitan.com

Semangka adalah salah satu buah favorit orang Indonesia. Biasanya, kamu akan membelah semangka jadi dua, lalu memotongnya jadi kecil-kecil dengan posisi terbuka, dengan daging buah menghadap ke bagian atas. Inilah yang membuat tanganmu basah dan belepotan.

Padahal ada cara yang lebih praktis kok. Pertama, belahlah semangka jadi dua, lalu letakkan dalam posisi tengkurap di atas piring. Potong menjadi kotak-kotak kecil mengikuti pola pada gambar. Selain bikin tanganmu tetap bersih, kamu juga tak perlu repot lagi memindahkan potongan semangka ke piring lain. Langsung ambil saja potongannya dalam posisi tengkurap ini.

8. Rasa pizza akan lebih lezat saat kamu menggigitnya dalam posisi terlipat. Selain itu, cara ini juga tak bikin saos atau mayones di atasnya jadi berceceran.

Cara makan pizza via www.cosmopolitan.com

Menyantap pizza adalah surga. Perpaduan rasa antara tepung pada roti, isian, dan dressing  di atasnya bikin lidah jadi bahagia. Biasanya kamu makan melahap langsung potongan pizza yang berbentuk segitiga. Padahal hal ini seringkali bikin rasa jadi kurang nikmat lho.

Ternyata makan pizza ada aturannya. Lipat potongan satu sisi saja seperti taco, lalu gigit dari bagian yang lancip. Nah, cara ini bisa bikin lebih nikmat karena semua isi dan dressing bisa menjadi satu dalam satu gigitan. Selain itu, dressing seperti saos dan mayones juga tak berceceran dan menetes.

9. Ingin celana jeansmu bersih tanpa harus lama-lama mencuci ? Masukkan saja ke freezer dalam kemasan plastik.

Cara praktis mencuci jeans via www.cosmopolitan.com

Mecuci jeans menjadi berat karena bahannya yang kasar dan tak mudah dikucek. Hal ini sering bikin kamu kudu merendamnya dalam waktu yang lama untuk menghilangkan bau dan kotorannya. Padahal hal ini justru bikin kainmu rusak.

Tenanglah, sekarang ada cara lebih pratis untuk mencuci celana jeans. Masukan dalam plastik, lalu letakkan di dalam freezer. Tips ini bisa bikin bau dan kotoran jeansmu menghilang, jadi kamu tak perlu buru-buru mencucinya kalau baru sekali atau dua kali digunakan. Warnanya pun jadi tak mudah pudar. Menarik ‘kan?

10. Penggunaan bobby pin  yang benar itu justru dengan posisi lekukan di bawah permukaan. Ternyata selama ini kita terbalik~

Cara pake jepit rambut via www.cosmopolitan.com

Kamu sering menggunakan jepit rambut bobby pin untuk merapikan rambutmu sehari-hari? Pasti kamu memakainya dengan posisi permukaan yang berlekuk berada di bagian atas. Ternyata, cara itu tidaklah tepat lho. Sebaiknya, kamu gunakan bobby pin  dengan permukaan yang rata berada di bagian atas. Dengan cara ini, maka rambutmu yang terperangkap dalam jepitan bisa lebih banyak dan kencang. Jadi kamu tak perlu lagi lepas atau berantakan.

Hal-hal sederhana seringkali malah luput dalam perhatian. Nah, agar rutinitasmu semakin menyenangkan dan tak menyusahkan, 10 tips ini bisa kamu terapkan.