Jika saat ini kamu sedang bertanya: “Kenapa ya hidupku belum bahagia?” Yuk luangkan waktu untuk sejenak berpikir. Pernah nggak kamu merasa bahwa yang menghambat kebahagian dalam hidupmu justru kebiasaan-kebiasaanmu sendiri?

Nah, ini lho 10 kebiasaan berbahaya yang mungkin masih sering kamu lakukan:

1. Terjebak Di Masa Lalu

hidup di masa lalu via leichenengel.deviantart.com

Hidup dalam kenangan masa lalu adalah satu dari sekian hal yang akan menghalangi kebahagiaanmu di masa sekarang. Entah kenangan masa lalu itu indah atau justru sebaliknya, terjebak memikirkan keduanya sama-sama akan menghambat kehidupanmu saat ini.

Fokuslah pada apa yang sedang kamu hadapi dan kerjakan sekarang. Berikan dirimu yang sepenuhnya untuk menjalani hidupmu di masa kini.

2. Berpikir Buruk Tentang Diri Sendiri

Advertisement

berpikir tentang hal-hal buruk via angryjogger.com

Pemikiran seperti “Aku nggak cukup baik” itu ibarat racun bagi dirimu sendiri. Terus-menerus berpikir seperti itu maka hidupmu dijamin berantakan dan nggak bahagia.

Cobalah menghargai dirimu sendiri dengan selalu berpikir positif. Misal, tuliskan 10 hal baik dalam dirimu. Setiap orang punya hal-hal baik dalam dirinya. Ketika nggak ada orang yang mau percaya dan menghargai dirimu, maka satu-satunya orang tersisa adalah dirimu sendiri.

3. Menunda Pekerjaan

menunda pekerjaan via www.brewsterbearfacts.com

Kamu punya tugas kuliah atau pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Tapi, kenapa drama Korea atau acara di TV bisa membuatmu beralih fokus?

Padahal, semakin kamu berusaha melupakan pekerjaanmu demi kesenangan yang lain, maka kamu pun akan semakin mengingatnya. Jadi, menonton drama Korea dengan pekerjaan yang sudah menunggu tentu nggak lebih menyenangkan jika kamu bisa menyelesaikan kewajibanmu terlebih dahulu.

4. Menyalahkan Orang Lain

menyalahkan orang lain via www.lifehacker.com.au

Di satu sisi kamu merasa berhak menyalahkan orang lain ketika menurutmu mereka memang salah. Tapi, apa kamu nggak sedang berusaha melepaskan tanggung jawab? Apa kamu justru sedang berusaha mengingkari kenyataan?

Banyak hal yang terjadi di luar kendalimu sebagai manusia biasa. Ketika hal buruk terjadi dan membuatmu sedih atau kesal, biarkan dirimu menikmati perasaan itu. Jangan menyalahkan diri sendiri apalagi orang lain. Kamu hanya perlu bersikap tegar dan merelakan apa yang sudah semestinya terjadi.

5. Bekerja Demi Uang

kerja demi uang via piyeyow.blogspot.com

Nggak ada hal yang lebih mengerikan selain rela mengerjakan sesuatu yang kamu benci hanya demi uang. Yup, pekerjaan adalah salah satu bagian penting dalam hidupmu. Ketika mengerjakan sesuatu yang nggak kamu senangi, maka uang yang kamu hasilkan pun nggak akan ada artinya.

Pilihlah pekerjaan yang memang sesuai dengan renjanamu atau setidaknya bisa membuatmu merasa nyaman. Apa kamu masih bingung menentukan pekerjaan mana yang kamu inginkan? Renungkan dan biarkan dirimu sendiri yang menjawabnya.

6. Takut Menerima Tantangan

nggak berani menerima tantangan via sonasu.com

Takut atau nggak mau menerima tantangan berarti bahwa dirimu nggak mau berubah. Merasa dirimu nggak cukup baik atau hebat untuk menerima tantangan bukan berarti kamu boleh diam di tempat. Kamu nggak bisa selamanya berada di posisimu sekarang dan mengerjakan pekerjaan yang itu-itu saja. Kamu harus memberi kesempatan pada dirimu untuk diuji dan bertumbuh jadi lebih hebat. Satu-satunya yang harus kamu lakukan adalah mengambil setiap tantangan yang datang menghampirimu.

7. Membandingkan Dirimu Dengan Orang Lain

membandingkan dirimu dengan orang lain via www.savvysugar.com

Kita melihat dan menganggap bahwa kehidupan orang lain tampak lebih bahagia daripada hidup kita. Padahal, orang lain ternyata juga beranggapan sama ketika melihat hidup kita.

Kamu nggak perlu merasa iri hati ketika temanmu bisa lulus kuliah tepat waktu, dapat pekerjaan di perusahaan multinasional, atau ketemu calon suami kaya raya. Bahkan, ketika kamu adalah perempuan lajang dengan gaji pas-pasan tanpa masa depan yang jelas sekalipun, hidupmu masih bisa disyukuri.

8. Merasa Hidupmu Nggak Cukup Beruntung

merasa hidupmu nggak cukup beruntung via themeadowproject.org

Adakah saat dimana kamu bisa menyesali hidupmu? Tidak. Bahkan, ketika kamu adalah orang paling sial di dunia sekalipun. Hari ini kamu mungkin saja dipecat dari kantormu. Lalu, apa yang harus kamu lakukan?

Mungkin pekerjaan itu emang nggak cocok buat kamu sehingga kamu nggak bisa bekerja dengan baik. Itulah alasan kenapa bos-mu berpikir bahwa kamu lebih baik dipecat. Yang perlu kamu lakukan adalah kembali menata hidupmu dengan menemukan pekerjaan baru. Selain itu, satu hal yang nggak boleh kamu lewatkan adalah bersyukur setiap bangun tidur.

9. Bersikap Jahat Pada Dirimu Sendiri

mengkritisi dirimu sendiri via petiteteacup.tumblr.com

Apa bisa bersikap jahat sama diri sendiri? Bisa banget! Pernah nggak kamu ngaca terus bilang, ‘kok aku nggak cantik’, ‘hidungku kurang mancung’, ‘pipiku kok tembem’, ‘badanku nggak langsing’ dan lain sebagainya? Itu salah satu contoh ketika kamu nggak bisa bersikap baik sama dirimu sendiri. Bagaimana pun, dirimu perlu diperhatikan dan dihargai dengan lebih baik dan bukan malah dikoreksi terus-terusan.

10. Berusaha Jadi Orang Lain

berusaha jadi orang lain via dinosaurtoes.blogspot.com

Jangan maksain buat belajar hukum atau kedokteran kalau cuma demi nurutin kemauan orang tuamu. Apalagi, kalau terpaksa manjangin rambut dan rajin ke salon hanya demi pacarmu. Mari berhenti melakukan hal-hal yang membuat kita merasa terpaksa. Rela mengorbankan diri sendiri demi pengakuan dari orang lain. Setiap individu tentu berhak dicintai dengan apa adanya dirinya ‘kan…

Nah, apakah 10 hal di atas masuk dalam daftar kebiasaanmu? Jika iya, kamu tentu tau apa yang harus segera dilakukan ya, guys! Segera rubah kebiasaan berbahaya di atas demi kehidupanmu yang lebih bahagia.