Dalam keseharian kita, air minum kemasan menjadi barang yang sangat mudah ditemukan. Memang ketika beraktivitas, air minum jadi kebutuhan yang penting untuk menunjang kebutuhan fisikmu. Nggak jarang kamu memilih membelinya daripada harus membawa bekal minum dari rumah dengan alasan agar lebih praktis dan nggak menambah berat beban tasmu.

Alhasil, kamu juga akan dengan mudah menemukan sampah botol bekas di sekelilingmu. Padahal, botol kemasan bekas itu bisa menjadi sesuatu yang berguna daripada sekadar menjadi sampah aja. Nggak percaya? Coba deh lihat kreasi unik di bawah ini yang terbuat dari tutup botol bekas yang akan buat kamu sayang untuk membuang tutup botol gitu aja.

1. Tutup botol bisa disulap jadi jam dinding unyu supaya selalu bisa tepat waktu. Yeay~

jam dinding lucuk :3 via www.pinterest.com

Kalau kamu belum punya jam dinding di kamar, coba aja buat sendiri dari tutup botol yang pastinya harus kamu kumpulin dulu. Siapkan aja mesin jam dinding, besi atau gagang yang sudah nggak terpakai, lem, dan tutup botol. Lalu, kamu rangkai aja jadi susunan jam dinding sesuai dengan seleramu atau bisa mencontoh gambar itu. Praktis kan. 🙂

2. Daripada dibuang, mending tutup botol yang lucu-lucu kamu rangkai jadi kalung yang manis

kalung manis~ via danny7402.snimka.bg

Advertisement

Kalung manis bisa lho kamu buat dari tutup botol bekas. Kalau kamu bingung mau kasih hadiah apa buat ulang tahun sahabat dekatmu, bisa kok kamu hadiahi kreasi tangan seperti ini. Aksesoris unik ini nggak akan malu-maluin dan dijamin hanya sahabatmu yang punya. Dia tentu akan bangga! 😀

3. Biar nggak bosen sama kalender yang gitu-gitu aja, coba buat yang nggak biasa dari tutup botol bekas ini!

Buat kalender magnet supaya kalendermu nggak biasa dan beda dari yang lainnya. Untuk membuatnya mudah kok, kamu cukup menyiapkan magnet yang bisa ditempelkan di bagian belakang botol dan spidol untuk menghias bagian depan botol sesuai dengan selera kamu.

Selain menarik, kalender unik seperti ini juga bisa dipakai terus di tahun-tahun berikutnya. Kamu tinggal rajin-rajin membuat desain baru di magnetnya jika ingin ganti suasana. 🙂

4. Kreasi tatakan dari daur ulang tutup botol ini akan jadi pasangan cantik untuk gelas kopimu

tatakan gelas untuk kopimu~ via www.caseirices.com.

Buat para penikmat kopi, jangan cuma manjakan dirimu dengan rasa kopi yang enak. Sesekali manjakan juga gelasmu dong. Beri dia tatakan yang lucu. Nggak melulu harus beli tatakan yang harganya lumayan mahal, berkreasi dengan daur ulang tutup botol bekas bisa jadi alternatif yang patut dicoba.

Cara membuatnya mudah kok! Susunlah tutup botol yang sedikit kamu lubangi dan kaitkan aja dengan kawat kecil. Simpel, kok. 🙂

5. Kreasikan tutup botol jadi gantungan lucu untuk adik-adikanmu. Sederhana dan berharga. Hihihi.

wuwuwu… via erahomedesign.com

Adik-adikan kamu pasti suka kok kalau kamu kasih ini, gantungan lucu untuk tasnya. Alih-alih membeli gantungan tas yang udah biasa banget beredar di pasaran, coba kamu berikan hasil kreasimu sendiri.

Kamu hanya perlu siapin tutup bekas dan spidol, serta tali dan juga pita. Oiya, jangan lupa juga lem untuk merekatkan tutup botol tersebut ya.

6. Anting-anting soda yang keren bisa kamu buat sendiri dengan gampang. Dijamin penampilanmu makin kece~

anting :3 via www.pinterest.com

Anting-anting dari tutup botol dijamin akan membuat penampilanmu stand out. Kamu cukup bermodalkan pengait anting yang bisa kamu dapat dengan mudah di toko aksesoris. Gunakan lem untuk menempel, jadilah sepasang anting lucu yang siap menggantung manja di telinga kamu.

Siap-siap jadi trendsetter ya. Paling setelah itu teman-temanmu juga pada ikutan meniru. 😉

7. Nggak perlu repot kencan di restoran demi suasana. Lilin yang kamu buat sendiri bisa membuat suasana otomatis romantis!

lilin lilin kecil~ via www.thedieline.com

Kalau kamu mau makan malam yang romantis sama si dia, buat aja lilin sendiri. Daripada repot mikir kencan di mana, kalian bisa kencan di rumah. Buatnya gampang kok, pertama kamu perlu cairkan crayon dengan memasukkannya ke dalam kaleng dan panaskan di atas api. Kemudian, lelehan crayon itu tinggal kamu masukkan aja dalam tutup botol yang udah kamu cuci bersih, dan kasih sumbu kecil deh. Diamkan dan lilin sudah bisa kamu pakai. 🙂

8. Untuk mempercantik cerminmu, tutup botol juga bisa kamu manfaatkan kok!

cerminnya jadi cucok~ via www.caseirices.com

Kalau kamu suka berlama-lama di depan kaca, kamu butuh hiasan seperti ini untuk dilihat setiap hari. Supaya cerminmu semakin cantik, tempelkan aja tutup botol bekas di sekelilingnya. Selain jadi lucu, dijamin kamu juga akan semakin betah untuk ngaca. :p

9. Hiasan gantung dengan suara yang syahdu akan pas jadi hiasan di rumahmu!

krinciiiing~ via bestofweb.com

Buatlah hiasan gantung yang menghasilkan suara syahdu dari tutup botol bekasmu. Caranya, buatlah lubang di setiap tepian tutup dan rangkailah dengan menggunakan peniti atau kawat. Untuk menguatkan pajangan itu, gunakanlah keranjang kecil yang nggak terpakai. Setelah jadi, gantung di teras rumah agar saat ada angin yang berhembus, suara syahdu dari tutup botol itu bisa terdengar.

10. Dari tutup botol bekas dan rotan, kamu bisa buat pajangan unik untuk hiasan depan pintu

baguuuuus, kan? via www.trendir.com

Untuk membuat hiasan pintu, bentuklah lingkaran dari kayu dan rotan, lalu ikat menggunakan kawat agar kencang. Setelah itu, tempelkanlah tutup botol di bagian permukaan dengan lem yang kuat ya, supaya nggak rontok. Susun dengan rapi dan jangan lupa tambahkan gantungan dari tali supaya mudah digantung di depan pintu.

Nah, itulah dia kreasi dari tutup botol yang bisa kamu buat sendiri. Jadi, mulai sekarang kumpulkan aja tutup botolmu daripada sekadar menjadi sampah yang nggak berguna. Selamat mencoba ya. 🙂