Mendengar kata balsem gosok, yang terlintas dipikiran adalah obat yang sering digunakan para ibu. Balsem gosok yang terbuat dari campuran menthol, kamper, minyak kayu putih, minyak daun cedar, minyak pala dan thymol ini dipercaya dapat meredakan berbagai gangguan kesehatan ringan. Mulai dari tenggorokan gatal, pilek, sakit perut, mual, sakit kepala juga pegal-pegal.

Namun ternyata, obat yang sudah ada dan digunakan selama lebih dari seratus tahun silam ini punya kegunaan lebih dari itu. Baru-baru ini, balsem cukup populer digunakan untuk mengobati beberapa keluhan. Kira-kira apa saja ya, manfaat lain balsem gosok? Dilansir dari laman Dailymail, Hipwee tips punya bocorannya, nih!

1. Khusus cewek yang punya stretch mark sebelum atau sesudah melahirkan, balsem gosok bisa membantu menghilangkannya dan membuat kulit lebih kencang

cegah dan hilangkan stretch mark via www.mylaserstretchmarkremoval.com

Percaya atau nggak, kandungan anti inflamasi dalam balsem mampu menghilangkan stretch mark. Balsem yang mengandung kombinasi minyak kayu putih, minyak daun cedar, petrolatum, kamper dan minyak terpentin akan melembabkan kulit dan membuat lebih lembut, sehingga lama kelamaan stretch mark yang menonjol akan berangsur-angsur menghilang.

Gosok saja secukupnya secara rutin, setelah mandi atau sebelum tidur.

2. Jerawat bisa hilang perlahan dengan bantuan balsem gosok yang dioleskan beberapa kali sehari. Percaya?

Advertisement

bikin jerawat kempis via www.healthambition.com

Yup, lagi-lagi kandungan anti inflamasi dalam balsemlah yang mampu mencegah peradangan kulit termasuk jerawat. Oleskan balsem ke bagian kulit wajah yang berjerawat. Balsem akan menenangkan kulit, mengeringkan jerawat dan membantunya kempis secara perlahan.

3. Jangankan jerawat, jamur kuku di kaki juga bisa lenyap dengan berkat olesan balsem gosok!

anti jamur kaki via theheartysoul.com

Karena termasuk area yang paling sering tertutup, kaki rentan terkena jamur pada jari-jari maupun pinggiran kukunya. Balsem gosok bisa membantu merawat kaki yang gatal-gatal akibat jamur, serta mengurangi pertumbuhan jamur di kulit.

Gosok balsem tipis-tipis di bawah jari-jari kaki dan kulit di sekitar kuku dua kali sehari. Oleskan sebelum tidur dan ketika bangun di pagi harinya. Kandungan thymol dalam balsem gosok bersifat sebagai anti bakteri dan jamur.

4. Balsem gosok dapat meredakan sakit kepala dengan mengoleskan dan memijat lembut di titik-titik tertentu, pelipis misalnya

pereda sakit kepala via ayurvedamigraineclinic.com

Balsem yang dioleskan di pelipis kepala akan memberikan rasa hangat yang dapat melonggarkan pembuluh darah. Aromanya yang segar dan hangat juga dapat terkirim ke sistem saraf pusat yang dapat meredakan rasa nyeri pada kepala.

5. Selain meringankan gatal dan bentol akibat gigitan nyamuk, balsem gosok juga bisa kamu gunakan untuk mencegah gigitannya

biar nggak digigit nyamuk via www.verywell.com

Mengusir nyamuk nggak harus selalu menggunakan obat semprot pembasmi nyamuk yang berbahaya bagi pernapasan karena kandungan bahan kimianya. Cukup oleskan balsem di beberapa area tubuh seperti leher, tangan, kaki serta bagian tubuh lain yang nggak tertutup pakaian. Nyamuk benci dengan aroma yang menyengat, termasuk menthol.

6. Kamu punya kulit memar atau kulit sekitar kuku yang terkelupas? Gunakan balsem gosok sebagai obatnya

untuk kulit memar juga via www.arnica.com

Balsem gosok membantu memecah darah di area kulit yang memar, lho. Caranya, campurkan balsem dengan garam lalu gosokkan pada kulit yang memar. Campuran ini juga berguna sebagai antiseptik untuk mengobati luka pada kulit yang terkelupas. Setelah dioleskan, kulit akan melunak dan mudah untuk dibuang bagian yang mengelupas tadi.

7. Hewan peliharaan memang suka mencakar-cakar furnitur rumah. Cegah hal ini dengan mengoleskan balsem gosok saja

biar kucing nggak nakal lagi via www.germantownvet.com

Hewan peliharaan pada umumnya punya kebiasaan mencakar-cakar karpet atau furnitur kayu di rumah. Akibatnya futnitur jadi banyak noda lecet akibat cakaran, bahkan sampai rusak. Hewan peliharaan terutama kucing sangat membenci aroma menthol yang menyengat.

Nah, kamu bisa menyiasatinya dengan mengoleskan balsem ke pinggiran pintu, dinding, jendela dan perabotan lainnya untuk mencegah hewan peliharaan merusaknya.

8. Mengoleskan balsem ke seluruh telapak kaki bisa membantu meredakan batuk dan sinus. Kok bisa, ya?

oleskan di kaki untuk meredakan batuk via www.thesun.co.uk

Selain dioleskan pada leher dan hidung, kamu juga bisa mengoleskan balsem gosok di seluruh telapak kaki, lalu bungkus dengan kaos kaki. Cara ini membuat frekuensi batuk berkurang dan kamu lebih nyenyak tidur di malam hari.

Untuk meredakan sinus, cukup oleskan balsem di bawah hidung, lalu tarik nafas dalam-dalam. Kandungan menthol pada balsem akan membatu meredakan sinus.

9. Tumitmu pecah-pecah? Siku tangan kering? Segera atasi dengan mengoleskan balsem gosok sebelum tidur secara rutin

tumit pecah-pecah via s3.amazonaws.com

Saat kehabisan krim tangan dan kaki, kamu bisa menggantinya dengan balsem gosok. Balsem mengandung minyak dan pelembab yang bisa membantu menghaluskan kulit tangan serta kaki. Oleskan balsem gosok pada tangan dan kaki sebelum tidur, lalu bungkus dengan kaos kaki dan diamkan semalaman.

10. Lalu, kamu juga bisa memanfaatkan balsem gosok sebagai aromaterapi yang murah meriah

untuk aromatherapy via lovedbyparents.com

Saat kamu butuh tidur nyenyak, ada baiknya kamu mulai menyukai aroma menthol pada balsem. Caranya, masukkan balsem ke dalam humidifier hingga aromanya menyebar ke seluruh ruangan. Hasilnya, kamu pun bisa tidur dengan nyenyak.

Jadi, manfaat balsem gosok mana yang belum kamu terapkan? Yuk coba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya