Sebagai mahasiswa, anak kost atau anak rantau, kamu pasti nggak asing dengan yang namanya kanker alias kantong kering. Ketika dompet sedang tipis-tipisnya, kamu pun tak jarang memutar otak, bagaimana caranya kebutuhanmu harus tercukupi. Ya, bukan cuma kebutuhan beli bensin atau pulsa, rincian biaya makan pun pasti menjadi pertimbanganmu saat tanggal tua mulai tiba.

Nah, untuk para mahasiswa di mana pun kalian berada, di bawah ini ada beberapa menu makanan wajib yang lezat dan bergizi, tapi tetap aman buat kantong dan budget-mu di tanggal-tanggal tua. Berikut ini rincian makanan beserta harganya, supaya kamu nggak kesulitan memilih menu makan walau isi dompet sedang krisis-krisisnya…

1. Dengan harga kurang dari 10.000 per porsi, nasi sarden bisa kamu jadikan menu makan di pagi hari

nasi sarden :3 via kpinkaddict.blogspot.co.id

Nasi sarden= Rp. 8.000/porsi

Kalau kamu mahasiswa sejati, maka nasi sarden jadi menu makanan yang nggak asing lagi untuk disantap. Menu makanan yang kata Mario Teguh ini bisa bikin badanmu licin dan jago berenang bisa dikatakan cukup pas di kantongmu. Seporsi nasi sarden biasanya dipatok seharga 8 ribu rupiah saja.

2. Menjelang siang, isilah perutmu dengan nasi oseng tempe yang harganya nggak sampai 10.000 juga

Advertisement

sayur dan tahu-tempe. via twicsy.com

Sepaket sayur dan tahu-tempe= Rp. 8000/porsi

Biarpun kamu mahasiswa atau anak kost sejati, asupan sayur pun nggak boleh ketinggalan dong. Untuk itu, kamu bisa menjadikan menu nasi sayur, tahu, dan tempe jadi makanan wajibmu. Biar terlihat begitu sederhana, tapi sebenarnya menu tersebut mengandung banyak gizi dan protein buat tubuhmu.

3. Siapa yang menolak sensasi gurih serta murah meriahnya nasi telur? Ah, menu satu ini memang penyelamat

nasi telur~ via food.reisha.net

Dengan uang 7 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa menyantap seporsi nasi telur.

Menu favorit di akhir bulan ya nasi telur. Biar tampilannya polos dan sederhana, yakin deh kalau dompetmu nggak akan meringis lagi saat nasi telur yang jadi pilihan buat sarapan atau makan siang.

4. Menjelang sore atau malam, seporsi nasi goreng bisa kamu jadikan pilihan

nasi goreng via www.123countries.com

Harga nasi goreng per porsi biasanya hanya Rp. 13.000

Nggak cuma gurih, manis dan pedasnya saja yang menggoda, kamu yang mengaku mahasiswa pasti mengakui kalau harga seporsi nasi goreng itu selalu sebanding dengan sensasi kenyangnya. Makan malammu pun terasa lebih menyenangkan jika ada nasi goreng, irisan mentimun dan es teh di meja makan. Yummmm!

5. Agak mewah tapi tetap murah; pecel lele!

pele, pecel lele~ via JenzCorner.net

Dengan uang ceban alias Rp 10 ribu kamu sudah bisa dapat seporsi pele alias pecel lele.

Untuk menu yang satu ini, kamu sama sekali nggak perlu merogoh kocek lebih dalam. Meski begitu, jaminan nikmat dan kenyang sudah pasti kamu dapatkan, kok. Untuk menambah kenikmatan, jangan lupa minta tambah sambal, ya. Hihihi…

6. Kalau masih awal bulan sampai pertengahan, nggak apa-apa jika kamu mau pesan pecel ayam (sesekali)

Seporsi pecel ayam= Rp. 15.000

Siapa sih yang nggak suka ayam goreng? Bahkan mungkin sebagian besar dari kamu adalah penggemar dari ayam goreng. Kalau memang begitu, saat awal sampai pertengahan bulan, nggak masalah kok kalau kamu mau makan pecel ayam. Asal jangan sering-sering juga, nanti boros. Soalnya harga dari pecel ayam cenderung lebih mahal dari menu lainnya, mungkin sekitar 15.000-an.

7. Tanggal tua bosan makan nasi tapi pengen tetap kenyang? Bakmi, adalah makanan idal buat makan malam

Cukup dengan Rp. 12.ooo saja, seporsi bakmi bisa kamu dapatkan.

8. Buat pecinta sayuran, maka capcay bisa kamu jadikan sebagai menu andalan

capcay via www.argading.com

Seporsi capcay biasanya dibandrol dengan harga Rp. 12.000-15.000.

Buat kamu pecinta sayuran, maka capcay bisa jadi menu andalan. Harganya yang cukup terjangkau serta isi sayuran yang melimpah pun bisa menjamin kesehatan tubuh atau kantongmu. Porsinya yang cukup banyak juga bisa dimakan berdua dengan temanmu yang lain, asal ditambah nasi.

9. Asal nggak setiap hari, mie ayam bisa kamu jadikan menu makan siang ketika kantong sedang ‘merengek’ minta diisi

mie ayam via wemeup.com

Harga seporsi mie ayam biasanya Rp. 9.000 saja.

10. Cerahkan pagimu dengan sarapan soto. Udah murah, bergizi pula

soto ayam via keluargakami.com

Kisaran harga untuk soto ayam campur ini biasanya Rp. 10.000 per porsi.

Soto ayam campur biasanya jadi dambaan bagi para mahasiswa. Bagaimana tidak, porsinya yang cukup banyak, dicampir dengan nasi dan harganya yang terjangkau itulah yang membuat soto selalu punya tempat sendiri di hati tiap orang. Biasanya,harga soto campur ini berkisar 12 ribu saja.

Itulah beberapa menu makanan murah meriah yang bisa jadi andalan para mahasiswa. Kalau kamu pandai memilih menu-menu tersebut, maka tiap harinya kamu nggak perlu mengeluarkan uang lebih dari 25.000. Ya, hitung-hitung pengiritan lah, ya. Salam sesama mahasiswa!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya