Selama ini, seberapa cukup sih tidurmu? Seringkali kesibukanmu yang menggunung di sekolah atau kantor membuat kuantitas dan kualitas tidurmu jadi terabaikan. Padahal, manusia mana yang bisa bertahan tanpa tidur? Kurang tidur atau tidur yang tak cukup berkualitas membuat badanmu lemas. Makanya, penting buatmu untuk selalu tertidur pulas tiap harinya.

Kalau kamu mau tahu bagaimana caranya punya tidur yang berkualitas, di artikel ini Hipwee akan membagi-bagikan tips supaya yang bisa kamu terapkan. Semoga membantu!

1. Kenali Dulu Siklus Istirahatmu

Tahu kapan harus bangun dan harus tidur via i.huffpost.com

Tidur dan terbangun pada yang saat sama secara tiap harinya akan meningkatkan kualitas istirahatmu. Tubuhmu akan lebih terbiasa dengan pola yang konsisten. Alhasil, tubuhmu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bersiap-siap tidur dan bangun. Kamu pun akan lebih mudah tidur dan bangun setiap harinya.

Kalau sekarang pola tidurmu masih belum teratur, gunakanlah bantuan alarm untuk memastikan kamu tidur dan bangun pada jam yang sama. Ingat, jangan pencet tombol snooze. Setelah beberapa hari, tubuhmu akan mulai mengingat pola tersebut dengan sendirinya. Pengaturan alami dari dalam tubuhmu ini akan jadi alarm yang jauh lebih efektif dari lima jam weker sekalipun.

2. Minum susu coklat hangat atau mandi air panas? Yuk!

Advertisement

Mencari kehangatan sebelum terlelap via 37.media.tumblr.com

Suhu dingin menyebabkan kamu mengantuk. Sesaat sebelum tidur, tubuhmu akan mengalami penurunan suhu secara alami. Tubuhmu pun akan berada dalam suhu terendahnya ketika terlelap. Walau begitu, menghangatkan badanmu terlebih dahulu sebelum tidur justru bisa mempercepat proses tersebut.

Begitu selesai mandi air hangat, tubuhmu akan mengalami penurunan suhu yang lebih cepat dari normal. Demikian pula jika kamu minum segelas susu hangat. Penurunan suhu inilah yang akan menimbulkan rasa kantuk yang lebih besar. Nah, sekarang kamu tahu ‘kan caranya supaya mengantuk?

3. Istirahatkan Matamu dari Terangnya Dunia

Kalau masih kurang gelap, pakai senjata terakhir: sleeping mask via www.boutiquetoyou.com

Cahaya secara aktif menghalangi produksi melatonin dalam tubuh. Melatonin adalah hormon yang membuat kita mengenali rasa kantuk. Maka dari itu, mengistirahatkan matamu dari segala bentuk cahaya akan sangat membantu tidurmu.

Tidurlah dalam kondisi lampu kamar yang mati. Tapi tidak berhenti disitu saja. Mengistirahatkan matamu dari peralatan elektronik yang menghasilkan cahaya seperti HP, tablet, dan TV juga akan sangat membantu tidurmu.

4. Tenangkan Juga Hati dan Pikiranmu

Tidur adalah saat dimana kamu harus merelakan beban pikiranmu pergi via th05.deviantart.net

Kalau sudah tiba waktu tidurmu, berusahalah untuk tidak memikirkan hal yang membuatmu pusing. Waktu tidurmu perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk beristirahat. Selaraskanlah kebutuhan badanmu untuk beristirahat dengan pikiran yang juga siap untuk istirahat.

Jika memang ada hal yang sangat mengganggu pikiran, berikanlah sugesti kepada diri sendiri bahwa tugasmu hari ini sudah selesai. Kamu akan menyelesaikan persoalan itu besok, dengan badan yang telah bugar kembali. Lagipula, tidak ada faedahnya juga ‘kan terus memaksa diri memikirkan masalah itu?

5. Alihkan Ritual Malam Hari Favoritmu untuk Dilakukan di Pagi Hari

Baca buku favoritmu waktu sarapan juga bisa kok via 1.bp.blogspot.com

Jika kamu punya kebiasaan sebelum tidur, cobalah lakukan hal-hal tersebut di pagi hari. Kamu mungkin sering keasyikan terjaga sampai larut malam untuk baca buku, nonton serial TV, atau menjelajah media sosial. Nah, daripada kehilangan waktu istirahatmu yang berharga, lakukan saja hal-hal kesukaanmu tersebut di pagi hari.

Di samping tidak mengganggu waktu tidurmu, kamu juga bisa lebih termotivasi untuk tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi. Baca buku atau Twitteran sembari sarapan ‘kan juga seru, tuh!

6. Jangan Berbagi Ranjangmu Dengan Tumpukan Buku

mau tidur dimana coba? via 2.bp.blogspot.com

Kualitas tidurmu akan jauh lebih baik kalau kamu gak harus berbagi ranjangmu dengan buku atau kertas-kertas yang belum sempat kamu rapikan sebelumnya. Jadi, pastikan bahwa kamu memiliki lingkungan yang mendukung untuk tidur yang berkualitas.

Selalu rapikan sprei dan peralatan tidur ketika bangun tidur. Kamu jadi tak usah lagi beberes di malam hari. Kalau memang waktumu terbatas, pastikan paling tidak area ranjangmu bersih dan nyaman.

Jangan biarkan pakaian atau barang-barang lain menumpuk di atas kasur. Siapa yang tahu coba ada apa di bawah tumpukan itu? Kamu pasti gak mau ‘kan kalau ditengah-tengah tidurmu ada kecoa yang ngerayapin kamu?

7. Lakukan Olahraga dan Peregangan Teratur

Sekedar peregangan sederhana bakal sangat membantu via pfitdog.files.wordpress.com

Pola hidup sehat dengan olah raga teratur secara umum memang diperlukan oleh tubuh manusia. Namun ternyata olah raga secara teratur juga sangat bermanfaat untuk mendapatkan tidur yang lebih lama.

Olahraga yang teratur akan membuat metabolisme tubuhmu lebih baik. Metabolisme tubuh yang baik akan mempercepat waktu yang dibutuhkan tubuh untuk masuk ke dalam tahapan “istirahat”.

Disamping olahraga teratur, peregangan sederhana sebelum tidur juga akan membantu badanmu terhindar dari kram. Malas banget ‘kan kalau harus bangun tengah malam gara-gara kakimu kram?

8. Minumlah Minuman yang Baik untuk Tidurmu

kalau malam, pilihlah minuman yang baik untuk tidurmu via images.thezooom.com

Kafein dalam kopi adalah zat stimulan sistem syaraf yang memberikanmu dorongan energi dan perasaan terjaga. Kafein bekerja berlawanan dengan melatonin. Bahkan kafein juga menghambat produksi melatonin dalam tubuh. Makanya, kalau kamu ingin tidur pulas, pastikan kamu tidak minum kopi atau minuman berkafein lainnya paling tidak 5-7 jam sebelum tidur. Itulah waktu yang dibutuhkan bagi tubuh untuk menghilangkan efek kafein.

Minuman yang dianjurkan sebelum tidurmu adalah susu. Ajaran ibu kita untuk minum segelas susu hangat sebelum tidur itu ternyata memang ada benarnya. Susu mengandung asam amino disebut tryptophan, yang bisa memicu produksi melatonin atau hormon tidur dalam tubuh. Mulai saat ini, siapkan segelas susu hangat untuk mengantar tidurmu, ya.

9. Jangan Makan Berat sebelum Tidur

Jangan tidur sambil makan via i.ytimg.com

Jika sebelumnya kita telah membahas minuman, sekarang kita akan membahas makanan apa saja yang akan membantu kamu tidur lebih baik. Pada dasarnya seperti minuman atau metode lain di atas, makanan yang bisa merangsang melatonin sangat dianjurkan untuk membantu tidurmu. Buah ceri, jeruk, nanas, dan pisang adalah contoh baiknya. Jadi, jika kamu lapar di malam hari, cobalah makan buah-buahan sebagai snack.

Sebaliknya, jangan makan berat sesaat sebelum tidur. Jika langsung tidur setelah makan berat, tidurmu akan tidak nyaman karena badanmu masih memproses atau mencerna makanan tersebut secara aktif. Jika badanmu belum siap untuk beristirahat, tidurmu akan terganggu karena kamu harus bolak-balik kamar mandi.

10. Menjauhlah dari Peralatan Elektronik

Aduh kalau kucingnya kesetrum gimana tuh ceritanya via 25.media.tumblr.com

Jauhkan alat-alat elektronik, wireless atau soket listrik dari tempat tidurmu. Jaga jaraknya, minimal 1-2 meter. Perbedaan medan magnet yang diproduksi alat-alat itu dengan medan magnet alami tubuhmu bisa membuat otak sulit berkonsentrasi untuk istirahat. Perbedaan medan magnet ini juga lagi-lagi menghambat produksi melatonin dalam tubuh sehingga membuat kamu sulit merasa kantuk. Lagian, bahaya juga ‘kan kalau tiba-tiba ada korsleting dan kamu nggak sadar?

Mulai sekarang, berikanlah perhatian lebih untuk tidurmu. Kamu berhak mendapatkan itu. Semoga cara-cara di atas bisa membantumu tidur cantik!