Seringkah kamu berasa bahwa saat lagi sendiri, kamu menjadi orang yang… beda? Nggak cuma beda tipis, tapi benar-benar 180 derajat berbeda dari diri kamu yang biasanya. Banyak banget hal-hal yang cuma bakal kamu lakuin kalau lagi sendirian di rumah atau di kamar, atau pas kamu yakin nggak ada orang yang merhatiin.

Hal-hal apa aja sih itu? Hayo, ngaku!

1. Kalau sendiri: senyum di depan kaca + kadang ngomong sendiri. Kalau ada orang lain: diem aja dong, jaim~

Good Afternoon, New york! via www.teentimes.com

Semua cewek ingin jadi Raisa, dan Semua cowok ingin jadi John Mayer. Tapi apa boleh dibikin, rezeki orang ada di tangan Tuhan. Makanya banyak yang enggak kesampean pengen asik di atas panggung. Tapi, manusia memang pekerja keras dan tidak mudah menyerah. Tak ada panggung, kamarpun jadi. Lengkap dengan sisir atau botol bedak di tangan kanan, dan tangan kiri sok melambai-lambai sambil mulut nggak berhenti konser.

Atau minimal ngomong sendiri + senyum-senyum depan kaca, deh.

Advertisement

Tapi kalau lagi ada orang lain, jangan harap deh mereka bakal ngelihat kamu begini. Adanya juga kamu bakal anteng-anteng aja kali…

2. Kalau lagi sendirian, ngeloyor aja keluar kamar mandi cuma handukan doang. Kadang malah sampe seharian karena kamu malas pakai baju

hey! Kukira kau belum datang via www.tumblr.com

Nah, habis “manggung” di depan kaca atau ngomong sendiri ‘kan capek tuh, kamu mandi deh. Keluar-keluar, tubuh hanya dibalut handuk seadanya. Sungguh, ini berkah yang tak sopan untuk ditolak. Ganti pakaian di kamar mandi itu sungguh menyebalkan. Alhasil, sekali ada kesempatan untuk bebas keluar hanya mengenakan handuk, langsunglah kamu gunakan sepenuh hati. Kadang malah kamu handukan doang seharian karena males pakai baju, wehehehe…

3. Kalau ngupil sendirian, upilnya tinggal dibuang sembarangan. Kalau pas lagi rame tapi idung udah gatel, langsung pura-pura garuk hidung atau pakai tisu

Sempat juga doi selfie sambil ngupil via dewish93.tumblr.com

Kalau yang ini kami yakin, setiap manusia di dunia pernah melakukan sebab upil adalah kenikmatan. Hidung sudah penuh sesak oleh upil yang menabrak-nabrak. Nafaspun tersengal-sengal, tak bisa dibiarkan, mereka harus dikeluarkan. Mumpung sendirian, eksekusi langsung dilakukan tanpa ragu. Lalu timbul pertanyaan:

“Kemana upil ini harus mendarat?”

Yang menjawab bukan suara, melainkan gerak telunjuk yang langsung mengarah ke benda keras apapun yang ada di sekitarmu. Meja cukup sering. Celakanya kalau banyak orang, tapi kamu harus tetap ngupil. Lalu sok acting mau ke kamar mandi atau ambil tissue, berlagak mengeluarkan ingus padahal upil yang keluar pelan dan halus.

4. Ada juga yang setiap kali sendirian pasti stalking mantan.

Saatnya menghina! via farm9.staticflickr.com

Pas sendiri: stalking mantan. Stalking pacar barunya mantan. Stalking keluarga pacar barunya mantan.

Pas lagi bareng temen: “Ih, sori, gue udah move on kali…”

Bagi yang baru putus kemarin sore, mantan adalah kata yang jahanam. Dan mumpung sendirian, setiap menit kamu selalu kepo semua media sosial mantan. Giliran ketemu temen, kamu harus sok kuat. Bentar, sebelum bilang udah move onbrowsing history-nya dihapus dulu…

5. Pas sendirian: suka joget-joget sambil dengerin musik. Kalau ada yang tiba-tiba datang: langsung nunduk, berhenti joget, lihat HP

Bosen kepo mantan dan hati sudah mulai tenang dengan kondisi rumah yang super sepi. Langsung deh, putar musik sekeras mungkin, tak peduli nasib tetangga. Pokoknya dirimu sedang ingin joget dan melepas ketegangan. Sebabnya? Mumpung sendiri…

(Padahal ada tetangga. Ya udah, anggep aja gak ada)

6. Kalau lagi sendiri terus malas ambil sendok-garpu, kamu langsung makan dengan tangan dibalut tas kresek gitu.

Yam Yam Yam! via 33.media.tumblr.com

Pas makan sama keluarga dan ada ponakan, dengan lembut kamu bakal bilang… “Adek, makannya yang sopan yaa!”

Kalau kamu lagi sendirian, kadang males ‘kan ambil sendok-garpu buat makan? Ya udah, pakai tangan aja. Tapi karena keran air jauh, dan kebetulan ada plastik bening di atas meja, akhirnya kamu makan pakai plastik bening aja.

Lucunya, kalau kamu lagi makan bareng keluarga dan ada anaknya sepupu, yang bakal meluncur dari bibirmu adalah…

“Adek makan yang sopan yaaa”

#Baiklah.

7. Habis makan: kalau sendirian, sendawa aja tanpa tutup mulut. Nah kalau pas lagi rame, sok tutup mulut sambil bilang “Maaf..” penuh wibawa.

Hoik! via www.bintang.com

Nah, habis makan pastinya perut berkontraksi karena makanan menghasilkan gas. Tingkahmu adalah sok ke belakang sambil menutup mulut, lalu sedikit menghembus. Sambil melirik orang tua, kamu meminta maaf. Padahal, ketika tadi meraup sop buntut di rumah, belum selesai makan, mulut udah bersuara tak karuan dan berkali-kali. Sebab memang, kesopanan tak berlaku jika berhadapan dengan kesendirian.

8. Kalau motong kuku sendiri, ujung jempol diciumin berkali-kali.

Sampai rumah. Kamu lihat kuku sudah panjang-panjang, mau potong sekarang tapi Bapak lagi kedatangan teman kerja. Nunggu dulu sekejap. Tapi tetap tak pulang-pulang. Alhasil kamu urungkan niatmu untuk potong kuku. Sebenarnya udah berniat potong di garasi, tapi kurang nikmat. Padahal biasanya kalau potong kuku di teras rumah, jempol kaki tak henti diciumi oleh karena baunya yang semerbak luar biasa. Kenikmatan inilah yang dinanti-nanti dengan penuh kesabaran.

9. Kalau sendiri, pantat gatel langsung digaruk. Nah kalau lagi rame, tahan-tahan sambil nyengir dan perlahan pantatnya digosok-gosok ke kursi sambil bilang “Gak nyaman banget nih kursi!”

Mantap niih… via tomyares.typepad.com

Ada beberapa bagian tubuh yang kalau gatal susah digaruk, bukan secara teknis, tapi secara moral. Salah satunya adalah pantat. Tapi jangan khawatir, kalau sendiri, perkara ini mudah saja dilakukan. Tinggal garuk! Bahkan sampai tangan menembus lapisan pakaian. Tak perlu malu, sebab tak ada yang tahu. Nah, perkaranya adalah datangnya gatal ketika kamu sedang kerja kelompok atau rapat himpunan. Alhasil kamu cuma bisa nyengir sambil pura-pura duduk tak nyaman, padahal sedang garuk-garuk pantat tanpa tangan.

Ya itulah salah satu dampak positif dari yang namanya kesendirian. Kamu bisa bebas berekspresi sesuai kebutuhan nurani. Namun sedikit saran, sebelum melakukan semua hal di atas, ada baiknya tengok kiri-kanan seperti mau nyebrang jalan, supaya kamu gak malu kalau ada yang ngelihat. Hehehee…

Dari 9 tingkah di atas, yang mana aja nih yang sering kamu lakuin? :p