Menjadi mahasiswa yang baik tak semudah membalikkan telapak tangan. Kadang kamu harus menghadapi setiap cobaan yang menghadang. Salah satu cobaan yang paling berat adalah kelas yang membosankan.

Entah karena topik kelas yang absurd atau dosen yang kurang interaktif, kamu selalu merasa bosan ketika duduk mendengarkan kuliah itu. Rasa ngantuk pun sulit dihindari, apalagi jika sebelumnya kamu sibuk berkegiatan di organisasi dan tak sempat beristirahat dengan layak.

Jadi, harus gimana dong?

Daripada kena marah dosen atau menanggung malu karena ketiduran di kelas, halaulah rasa kantukmu itu dengan cara-cara sederhana seperti di bawah ini. Kalau memang nggak suka kelasnya, paling tidak nggak tidur juga, lah ya!

1. Ambil tempat duduk di baris paling depan. Kamu bakal jadi yang paling “kelihatan” dan terpaksa memperhatikan pelajaran.

Duduklah di depan via sites.lsa.umich.edu

Advertisement

Perjuangan mendapatkan banyak ilmu memang banyak cobaannya. Termasuk suasana kelas yang datar, yang bisa membuat semangatmu layu. Bukannya memperhatikan dosen bicara, pikiranmu malah sibuk entah kemana di alam yang berbeda. Untuk mencegah hal ini, cobalah berpindah tempat duduk ke barisan paling depan.

Mungkin selama ini kamu lebih suka duduk di bagian belakang. Atau mungkin kamu duduk di bagian pinggir yang bisa nyaman bersandar  di tembok. Tapi, duduk di bagian kelas paling depan membuatmu terpaksa memperhatikan apa yang dosen bicarakan. Kamu akan jadi yang paling “kelihatan” oleh dosen, sehingga kamu akan tidak enakan kalau tidur atau ngobrol dengan teman-teman.

2. Agar nyawamu kembali sepenuhnya, mintalah teman sebelahmu untuk mencubitmu hingga kamu terbelalak.

Suruh temanmu mencubitmu via govithrie.blogspot.com

Mengantuk di kelas adalah cobaan paling berat bagi para mahasiswa. Kesempatan untuk mendengarkan ilmu penting dosen lenyap seketika. Nah, agar nyawamu kembali utuh dan konsentrasimu menjadi satu, kamu bisa coba minta tolong teman sebelahmu untuk mencubit lenganmu.

Cubitan akan membuat tubuhmu merasa sakit karena syaraf yang aktif. Gak jarang rasa sakit ini akan membuatmu terbelalak dan menjadi fokus kembali. Tak perlu mencubit terlalu sakit, cukuplah dengan cubitan di lengan yang tidak terlalu perih. Dengan begitu, nyawamu bisa kembali dan kamu bisa fokus lagi dengan materi.

3. Duduk tegap tanpa sandaran bisa membuat fokusmu tetap terjaga. Jadi kamu tak lagi ketinggalan materi penting yang disampaikan di kelas.

Duduk dengan tegak via dahvdaniels.com

Ruangan ber-AC, angin yang sepoi-sepoi, suara dosen yang datar memang adalah pengantar paling pas untuk tidur. Alih-alih bisa tidur dengan nyenyak, kadang kamu malah kena marah dosen atau mendapat nilai jelek. Jika ingin ilmu terserap lancar, kamu harus mengurangi kebiasaan mengantuk di kelas. Salah satu caranya adalah duduk secara tegap tanpa sandaran.

Duduk di kursi dengan bersandar dan kaki yang terjulur lurus ke depan adalah resep paling cepat untuk terlelap. Nah, kalau kamu benar-benar ingin fokus saat di kelas, cobalah untuk duduk dengan tegak. Dengan ini, napasmu bisa lebih lancar, tubuhmu juga bisa menjadi lebih segar. Kamu pun akan terhindar dari godaan untuk tertidur di dalam kelas.

4. Jika rasa kantuk memaksamu terlelap, lawan segera dengan pijatan khusus di tangan dan pelipis mata.

Senyum dan tarik kedua mata dan mulutmu keatas via www.pickthebrain.com

Rasa kantung adalah hal yang wajar dialami setiap orang. Gak jarang hal ini juga menyerangmu kapan saja, salah satunya saat kuliah. Sampai-sampai fokusmu hilang dan tak bisa lagi mendengarkan dosen yang sedang menerangkan. Agar rasa kantuk tak semakin parah, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan pijitan khusus untuk menghalau kantuk.

Kamu bisa pijat bagian pelipis mata secara searah dengan alis mata. Tekan secara hati-hati dan ulang berkali-kali. Selain itu, kamu juga bisa pijat telapak tangan antara ibu jari dan telunjuk tangan. Pijatan ini bisa meningkatkan stamina dan membuatmu tetap membuka mata. Jadi kamu tak akan mudah terserang rasa kantuk lagi saat di kelas.

5. Kumpulkan lagi konsentrasimu untuk mencerna materi kuliah dengan tarik napas dalam-dalam sebanyak 3 kali.

Ambil nafas dalam via allabouthealth.org.uk

Rasa kantuk bisa terjadi karena minimnya oksigen yang mengalir ke otak. Salah satu penyebabnya mungkin kamu kelelahan atau asupan nutrisimu kurang. Karena kamu nggak bisa makan atau tidur di kelas, cobalah untuk menyiasati kekurangan oksigen ini dengan menarik napas dalam-dalam.

Caranya, ambil napas panjang dari hidung, tahan 5 detik lalu hembuskan lewat mulut secara maksimal. Lakukan sebanyak 3 kali. Dengan ini, kadar oksigen dalam darahmu akan meningkat, sehingga kamu bisa lebih fresh dan semangat lagi untuk mendengarkan dosen menerangkan materi.

6. Mengoleskan minyak kayu putih di pelipis mata juga ampuh mengubah matamu yang sayu menjadi lebih hidup.

Pakai minyak kayu putih via ranids.blogspot.com

Banyak mahasiswa yang kehilangan kesempatan untuk mendapat nilai A, hanya karena selalu tidur di kelas. Alih-alih bisa paham apa yang diajarkan, kadang kamu malah tak tahu apa yang dosen bicarakan karenarasa kantuk yang menyerang di kelas. Nah, jika kamu tak ingin rasa kantuk menghalangi kesuksesanmu, kamu bisa halau dengan minyak kayu putih.

Hanya dengan mengolesi minyak kayu putih pada bagian kening atau pelipis matamu, maka matamu yang sayu bisa segera menghilang. Rasa panas dan aroma segar minyak ini akan memberikan sensasi menyegarkan dan tak semangat yang berlipat. Jadi, matamu tak lagi redup dan menjadi lebih hidup.

7. Sebelum berangkat kuliah, kantongilah permen mint agar semangatmu tetap terdongkrak sepanjang kelas.

Makan permen mint via www.wikihow.com

Rasa kantuk yang menyerang seringkali membuatmu jadi tak semangat lagi saat kuliah di kelas. Agar rasa kantuk tak lagi jadi bencana untuk nilai kuliah, cobalah kamu atasi dengan makan. Bukan makan berat, lho, melainkan makan permen seperti permen mint. Rasa mint ini bisa memberikan rasa segar dan mendongkrak mood mu menjadi lebih baik. Dengan begitu, kamu bisa tetap fokus sepanjang kuliah dan mencerna semua materi dengan semangat yang membara.

8. Jika rasa kantukmu sudah parah, bergegaslah ke toilet dan cuci muka.

Cuci muka biar segar via www.anakui.com

Belajar di kelas menjadi berantakan jika rasa kantuk menyerang. Jika rasa kantukmu sudah tak tertahan, maka bergegaslah untuk ke toilet dan cuci muka. Tak hanya itu, kamu bisa cuci tangan dengan sabun dan membasuh mukamu dengan air dingin. Air dingin bisa membuatmu lebih relaks dan segar. Kesegaran cuci muka bisa membuatmu lebi semangat.  Jadi tak heran, rasa kantukmu pun bisa lenyap. Dengan begitu pikiranmu yang melayang bisa kembali menemukan pijakan. Mata sayu juga bisa menghilang.

9.  Rasa kantuk juga bisa dihalau dengan pemandangan indah, jadi gak ada salahnya kamu pilih saja kelas dengan dosen yang menarik mata.

Dosen cantik via celebrity.okezone.com

Tak dapat dipungkiri, papan tulis atau layar LCD seringkali membuatmu merasa bosan. Hingga hal ini akan berujung pada pada rasa kantuk yang parah. Alih-alih ingin mencerna materi dengan baik, kuliahmu malah jadi buyar karena rasa kantuk.

Nah, jika kamu ingin tetap semangat, gak ada salahnya kamu mencari kelas dengan dosen yang menarik mata (ganteng atau cantik) dan punya semangat mengajar.  Sudah jelas, kelas dengan dosen yang menawan dan cara mengajar yang baik akan membuatmu “semangat”, rasa kantuk pun jadi ada.

Rasa kantuk yang menyerang saat kuliah adalah cobaan berat bagi para mahasiswa. Gak jarang hal ini akan membuatmu ketinggalan materi. Nah, agar kamu tak menjadi mahasiswa yang merugi, sekarang kamu bisa terapkan 9 tips ini. Dijamin, otakmu bisa berkonsentrasi kembali.

Semoga berhasil.