Belakangan ini terutama bagi kita yang tinggal di Pulau Jawa gempa bumi sedang jadi kawan akrab. Konon aktivitas alami lempeng bumi ini disebabkan oleh pergeseran subduksi antara lempeng tektonik di Indo-Australia yang mendesak lempeng Eurasia.

Sampai hari ini setidaknya gempa telah dirasakan di Malang, Yogyakarta hingga Mataram. Yeah, sebagai warga Indonesia yang juga dikenal sebagai negara ring of fire kita memang mesti belajar berteman akrab dengan aktivitas alam yang satu ini.

Karena saat ini gempa sedang sering-seringnya Hipwee ingin memberikan 11 tips agar kamu tetap aman saat gempa. Di-bookmark atau di-save dulu juga boleh. Siapa tahu butuh.

1. Mulai dari sekarang amati benda-benda di rumahmu yang mudah runtuh

Hindari barang yang mudah runtuh via id.pinterest.com

Ini bisa saja daun pintu, kipas angin,atau tembok kamarmu. Hapalkan spot benda-benda di dalam rumahmu yang mudah runtuh. Ingatkan diri sendiri agar tidak mendekati spot itu saat gempa terjadi.

2. Pasang ‘pengaman’ di benda-benda itu. Agar kalau gempa terjadi tidak jatuh ke arahmu

Advertisement

Baby proof via themuseumtimes.com

Setelah mengetahui spot berbahaya dari tempat tinggal atau kantormu, lakukan tindakan pencegahan dengan ‘mengamankan’ barang-barang sensitif itu. Letakkan penahan di rak bukumu supaya buku-bukumu tidak langsung jatuh ketika gempa datang. Letakkan barang yang mudah pecak di rak paling bawah agar tidak membahayakanmu.

3. Sisakan ‘ruang berlari’ di semua spot yang sering kamu tempati. Jangan sampai kamu stuck saat gempa

Sisakan ruang untuk berlari via samadhisoft.com

Atur ruanganmu sedemikian rupa supaya ketika gempa terjadi kamu bisa bebas berlari. Jangan sampai ruanganmu diatur terlalu padat hingga tidak menyisakan celah untuk menyelamatkan diri. Atur juga kabel elektronik sedemikian rupa supaya tidak menghalangi langkah.

4. Tetapkan satu ruang yang jadi tempat aman. Saat gempa datang kamu harus lari ke situ demi mencari perlindungan

Tetapkan ruang aman bagi kalian via www.realsafety.org

Tentukan satu spot di tengah ruangan yang bebas dari barang-barang menggantung dan berbahaya. Sepakati ruangan itu jadi tempat berkumpulmu saat gempa tiba.

5. Jangan takut saat gempa melanda. Tetap tenang, posisikan diri di posisi aman

Drop, cover, hold on! via humboldtharborsafety.org

Daripada buru-buru dan panik mencari jalan keluar ketika gempa tiba, tenangkan dirimu dan posisikan diri dalam posisi safety. Letakkan kedua tangan menutupi kepala untuk menghindarkanmu dari reruntuhan ketika gempa.

6. Tidak bisa keluar? Berlindunglah di bawah meja atau perabot yang cukup kuat menahan hantaman

Berlindunglah di bawah perabot supaya kamu aman via tumblr.com

Ketika kamu berada di gedung yang tinggi dan tidak bisa keluar, carilah meja atau perabot yang cukup kuat menahan hantaman. Berlututlah di bawah perabot sampai getaran gempa mereda.

Mau tahu 5 trik aman menghadapi gempa lainnya? Klik halaman selanjutnya ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya