Mendekor ulang rumah memang menyenangkan. Dengan sedikit kreativitas ruangan yang biasa-biasa saja bisa ‘naik tingkat’ jadi lebih enak dipandang mata. Plus asyiknya kalau mau lebih berusaha dananya pun gak harus bikin bujetmu terperas setelahnya.

Kali ini Hipwee khusus mengumpulkan xx hacks dekor rumah yang kelihatannya mewah dan mahal. Tapi kenyataannya murah dan mudah dibuat. Penasaran apa saja?

1. Suka sensi lihat router yang kabelnya belibet? Sembunyikan dengan rapi di balik buku

Wireless router DIY yang membuat rumahmu rapi via www.anamariamunoz.com

Buku yang sudah jutaan tahun tidak terbaca bisa jadi salah satu cara mengubah rumahmu jadi lebih enak dipandang mata. Sampul buku hardcover bisa kamu ubah jadi pembungkus router dan berbagai kabel yang mengganggu pandangan.

Cari cover buku yang tebal dan lebarnya pas untuk ukuran routermu. Dengan begini kabel yang malang melintang akan hilang dari pandanganmu.

2. Sentuhan bohemian bisa kamu bawa ke rumah. Caranya manfaatkan kalung bekasmu jadi pengait tirai

Advertisement

Curtain tie backs bohemian style via www.pinterest.com

Gaya bohemian yang hangat tidak mustahil bisa kamu ciptakan di rumah. Caranya pun cukup mudah dan masuk akal. Yang perlu kamu lakukan hanya memanfaatkan kalung-kalung bekasmu jadi pengait tirai. Pilih kalung dengan hiasan batu khas bohemian agar kesan bohem yang chic lebih terasa.

3. Jangan puas dengan hanger polos. Kamu bisa mengubahnya jadi cantik dengan selotip warna-warni

Tambahkan selotip di gantungan bajumu untuk menciptakan kesan berbeda via diyordie.elleinterior.se

Terutama buat kamu yang punya kloset terbuka (atau sekadar ingin mengubah suasana tanpa perlu banyak usaha) kamu bisa menciptakan kesan ‘naik tingkat’ dengan menambahkan motif di hanger pakaianmu.

Agar hanger polos terlihat berbeda, tambahkan motif dengan menggunakan selotip warna. Dengan begini gantungan baju yang terlihat biasa malah bisa kelihatan menarik mata.

4. Gak perlu mengganti tirai untuk menciptakan suasana baru. Ubah saja pengait tiraimu

Sea shore design for your curtains via www.allcreated.com

Mengganti tirai sudah terbukti menjadikan suasana ruanganmu jadi berbeda. Dengan mengubah pola tiraimu ke pola floral lembut suasana ruangan yang tadinya ramai bisa terasa jadi lebih bersahaja.

Tapi bagaimana kalau kamu gak ada dana untuk mengganti tirai dengan pola dan warna yang beda? Tenang..kamu masih bisa kok mengganti gantungan tiraimu dengan tali yang beda. Kalau biasanya kamu menggunakan gantungan metal yang kaku, ubah jadi gantungan dari tali berwarna cokelat yang natural.

5. Mau menambahkan hint warna pop di ruanganmu? Coba tambahkan cat cerah sisi pintu

Pinggiran pintu warna pop bisa bikin ruanganmu makin cerah via www.radicalpossibility.com

Saat merasa ruangan terlalu polos, tidak ada salahnya menambahkan hint warna pop di ruanganmu. Ini bisa didapat lewat cara yang tidak muluk-muluk. Cat bagian pinggir pintumu dengan cat warna menyala. Walau terlihat sederhana dijamin deh ruanganmu akan terasa beda.

6. Cara yang sama juga bisa kamu lakukan di kabinet penyimpanan. Detail warna ini bikin ruangan jadi segar

Kabinet penyimpanan yang membuat ruanganmu berbeda via www.apartmenttherapy.com

Gak perlu buru-buru ganti kabinet penyimpanan dengan yang baru untuk membawa warna segar di ruanganmu. Kamu bisa mengecat sisi kabinet penyimpanan dengan warna-warna cerah yang menyegarkan. Setiap kabinet penyimpanan terbuka, suasana pun berubah.

7. Punya dana terbatas tapi mau bikin ruangan lebih luas? Cat separuh ruanganmu dengan warna berbeda

Half painted walls yang membuat kesan lebih cerah via www.athomeinlove.com

Ada cara yang bisa ditempuh untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Warnai saja separuh ruanganmu dengan warna berbeda, dan pertahankan warna lama di bagian atasnya.

Cara ini lebih oke jika kamu terapkan pada ruangan yang aslinya berwarna netral. Mengecat bagian bawah dinding dengan warna berbeda akan membuat ruanganmu terkesan lebih tinggi dan luas dari biasanya.

8. Kesan sleek bisa kamu dapatkan dari hiasan dinding berbentuk kanvas. Bukan pigura yang kaku

Jangan pasang pigura. Pasang gambar berkanvas saja via www.photosbybrandt.com

Kalau ingin menambahkan kesan sleek dan minimalis di ruanganmu, bermainlah dengan hiasan di dindingmu. Jangan pasang hiasan dengan pigura yang kaku. Malah, pasang hiasan dinding berbentuk kanvas dengan gambar yang sederhana tapi eye catchy.

9. Sudut rumah yang sepertinya tidak bisa dimanfaatkan bisa diubah jadi sudut penyimpanan kecil

Floating storage via darncrafty.wordpress.com

Punya dead end space di pojokan rumah yang sepertinya sulit untuk dimanfaatkan? Kamu bisa menjadikannya tempat penyimpanan kecil untuk menyimpan buku atau aksesorimu.

10. Jangan tambah tembok baru untuk partisi. Tirai putih bisa membantu untuk ini

Tirai putih bisa menyelamatkan partisimu via senyoretacanyella.blogspot.co.id

Saat merasa membutuhkan sesuatu untuk membagi ruanganmu, jangan buru-buru membangun tembok baru. Kebutuhan partisi bisa kamu dapatkan dari tirai putih yang kesannya sleek dan melapangkan.

11. Pilih sepatu dan baju yang warnanya enak dipandang mata. Tempatkan mereka di ruang penyimpanan terbuka

Gantungan yang terkurasi bisa jadi hiasan yang oke via myscandinavianhome.blogspot.se

Siapa bilang ruang penyimpanan baju dan sepatu gak bisa jadi hiasan? Bisa kok!

Dari 11 cara ini, mana yang ingin kamu coba? Mendekor ulang rumahmu gak seribet yang dikira kan?