Karena merusak kesehatan dan mengganggu kenyamanan orang lain, merokok sering dipandang sebagai kebiasaan yang negatif. Belum lagi harga satu paknya yang bisa setara dengan satu-dua kali makan siang. Bagi mereka yang tidak merokok, orang yang merokok sangat mengherankan. “Kok mau, ya?”

Tentu ada alasan tersendiri kenapa seseorang memilih untuk merokok. Tanpa bermaksud menghakimi, artikel kali ini akan menjabarkan 10 hal yang harus kamu perhatikan jika kamu ingin meneruskan kebiasaan merokokmu itu. Ya, merokok juga tidak boleh sembarangan. Ada aturan yang harus kamu indahkan agar menjadi seorang perokok yang elegan.

1. Jadilah Perokok yang Sensitif: Karena Tak Semua Orang Senang Dengan Asap Rokok, Merokoklah Hanya Pada Tempatnya.

Merokok pada tempatnya via www.todayonline.com

Salah satu hal yang membuat aktivitas merokok paling tidak disukai adalah asap rokok yang mengganggu. Banyak orang tak nyaman dengan asap tersebut karena aromanya yang tak enak, dan tentunya efeknya pada kesehatan. Maka dari itu tak mengherankan jika ada seseorang yang bukan perokok akan menghindar jika ada orang yang di sekitarnya mulai menyalakan rokoknya.

Karena memang asap rokokmu tersebut bisa menganggu kenyamanan orang lain, jadilah orang yang bijaksana dengan tidak merokok di sembarang tempat. Jika memang tersedia smoking room gunakanlah tempat tersebut sebagaimana mestinya. Seandainya tidak ada, usahakan untuk merokok di ruangan terbuka agar asapnya cepat menguap.

2. Jangan Memaksa Temanmu yang Tak Merokok Untuk Ikut Merokok. Merokok Atau Tidak Itu Pilihan, Bukan Kewajiban!

Advertisement

Jangan mengajak orang lain untuk merokok via wallpoper.com

Bagimu, merokok itu enak. Rokok membantumu dan teman-temanmu memperlancar obrolan, dan menemani malam-malam diskusi tak terlupakan kalian. Rokok membantumu berpikir dan menyelesaikan tugas. Rokok menghibur hatimu kalau hati sedang tak karuan. Tidak apa-apa. Itu hakmu.

Tapi kamu harus ingat, rokok itu hak, bukan kewajiban! Jangan pernah menekan teman-temanmu untuk mencoba jadi perokok. Jangan juga menyahuti mereka dengan bilang “Hidup tuh gak seru kalau gak ngerokok…” “Lo harus coba…” Ya elah, udah sih, hormati keputusan hidup masing-masing!

3. Jaga Kesehatanmu Sebisa Mungkin. Tingkatkan Konsumsi Air Putih Untuk Membantu Membuang Racun Rokok yang Mengendap Dalam Tubuhmu

Air putih membuang racun dalam tubuh via www.wisegeek.com

Dalam satu batang rokok mengandung 4.000 jenis bahan kimia yang menyusunnya. Dari 4.000 bahan kimia tersebut, 200 di antaranya masuk ke dalam bahan kimia berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sementara 3 jenis zat penyusun rokok terbanyak adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida. Ketiga zat berbahaya ini dapat menganggu merusak jantung, menimbulkan kanker, dan menyebabkan gangguan impotensi.

Karena tingginya “asupan” racun dari rokok, maka untuk membantu membuang racun tersebut minumlah air putih sebanyak-banyaknya. Salah satu fungsi air putih adalah membuang racun dalam tubuh. Dengan meminum air putih dalam jumlah banyak, racun yang ada dalam tubuhmu bisa terkurangi.

4. Kebanyakan Perokok Juga Punya Bau Mulut Kurang Sedap: Jaga Kebersihan Mulut dan Kantongi Permen Mint Untuk Mengakalinya

Permen mint agar nafas segar via ituteguh.blogspot.com

Merokok membuat mulut menjadi kering, mulut yang kering adalah sumber bakteri yang menyebabkan aroma mulut menjadi tak sedap. Untuk itu kamu memerlukan perawatan ekstra, dengan cara rajin membersihkan mulut dan jika memang diperlukan kantongi pula permen mint agar aroma mulut selalu segar. Menjaga performa mulut agar selalu wangi, selain meningkatkan rasa percaya diri, juga membuat orang nyaman berada di sekitar kita.

5. Seingin Apapun Kamu Menghisap Rokok, Jangan Pernah Menyulut Rokokmu di Dekat Anak-Anak

Tolong jangan lakukan ini via plsbtupi.wordpress.com

Menjadi seorang perokok tentu tidak melanggar hukum. Namun untuk menjaga kesalarasan hidup dengan mereka yang tidak merokok, kamu juga perlu mematuhi beberapa aturan seperti: tidak merokok saat berada di dekat anak kecil. Alasannya, anak kecil jauh lebih rentan terhadap asap rokok daripada orang dewasa.

Asap rokokmu dan efeknya bisa mengenai orang lain yang jaraknya 10 meter dari tempatmu merokok. Jadi bagi kamu perokok hindari merokok di dekat anak-anak karena hal tersebut akan sangat berbahaya bagi kesehatan mereka.

6. Selain Banyak Minum Air Putih, Berolahraga Wajib Hukumnya.

Meskipun merokok berolahragalah dengan rutin via mufardho.blogspot.com

Karena kamu perokok, tak lantas kamu boleh bersikap acuh tak acuh pada kesehatanmu. Kesenanganmu terhadap rokok harus dibayar dengan usaha yang tak mudah untuk “mengimbanginya”. Salah satunya adalah dengan rutin berolahraga. Racun dalam rokok yang menganggu kesehatan jantung harus dibantu dengan olahraga agar tak menurun terlalu parah. Tak perlu olahraga yang mahal kok, dengan jogging kecil secara rutin atau futsal bersama teman juga sudah cukup membantu meningkatkan kesehatan tubuhmu. Kalau kesulitan melakukan olahraga ini karena napasmu yang pendek-pendek, kamu juga bisa melakukan yoga atau pilates.

7. Jangan Langsung Percaya Dengan Kabar Bahwa Rokok Elektronik Adalah Rokok yang “Lebih Baik”. Sebagai Perokok, Kamu Harus Tetap Hati-Hati.

Karena belum tentu aman berhati-hatilah dalam memilih produk via www.newsweek.com

Beberapa bulan terakhir ini banyak perokok yang beralih dari rokok biasa ke rokok elektronik (vaping). Banyak orang meyakini bahwa rokok jenis ini memiliki banyak kelebihan, di antaranya: tidak mengandung tar dan memungkinkanmu memilih kadar nikotin sendiri. Di sisi lain vaping juga diyakini bisa membantu orang lepas dari kecanduan rokok biasa. Namun menurut penelitian yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Jepang, kadar karsinogen dalam vaping justru lebih besar jika dibandingkan dengan rokok biasa. Artinya, vaping bisa lebih menyebabkan kanker daripada rokok biasa. Selain itu kandungan formalin dan asetaldehida pada uap rokok ini lebih berbahaya.

Belum ada yang tahu pasti apakah seberapa aman vaping daripada rokok biasa. Sebagai perokok, hati-hati saja — jangan langsung termakan kabar bahwa vaping adalah alternatif yang lebih aman.

8. Selain Olahraga, Makan Juga Sayur dan Buah yang Berguna Untuk Mempertahankan Kesehatan Tubuhmu

Rajin makan sayur dan buah via www.nusela.net

Ibaratnya nih: kamu sudah belanja banyak hari ini. Untuk menjaga stabilitas keuanganmu, kamu harus melakukan usaha agar keseimbangan neraca pengeluaran dan pendapatanmu tetap terjaga. Begitupun bagi perokok yang tubuhnya telah terkontaminasi dengan racun dalam batang rokok. Kamu harus berusaha ekstra menjaga kesehatan dengan rajin mengkonsumsi sayur dan buah yang banyak.

Sayur dan buah mengandung anti-oksidan yang membantu membuang partikel jahat dalam rokok dalam tubuhmu. Dengan rajin memakan sayur dan buah, paling tidak kamu masih bisa memiliki gaya hidup yang berkualitas.

9. Perokok Cerdas Adalag Mereka yang Menghindari Merokok Di Dalam Angkutan Umum

Merokok dalam angkutan umum is a BIG NO via nandathu.tumblr.com

Seperti telah Hipwee sebutkan, merokok pada tempatnya adalah hal yang bijaksana. Maka dari itu, haram hukumnya bagi kamu merokok di dalam angkutan umum. Selain melanggar etika, hal tersebut jelas-jelas mengganggu kenyamanan orang lain. Angkutan umum tidak memiliki ruangan yang besar sehingga sirkulasi udara di dalamnya sangat terbatas. Asap rokok bisa dengan mudah terhirup oleh orang lain yang tidak ikut menikmati batang rokokmu. Jadi hindari hal tersebut kalau tidak mau dicibir atau malah dimarahi oleh sesama penumpang!

10. Mandi 2 Kali Sehari, Keramas Rutin, dan Tidak Malas Mengganti Pakaian Adalah Cara Agar Bau Rokokmu Tak Tercium Oleh Orang Lain

Rajin ganti baju via zaeabjal.blogspot.com

Para perokok pasti menyadari bahwa aroma rokok itu sangat kuat. Bahkan sangking kuatnya, handphone atau tasmu juga jadi ikutan bau rokok, padahalkan mereka gak ikutan merokok. Untuk itu agar baumu tidak tercium dengan orang lain rajin-rajinlah mengganti baju, mandi 2 kali sehari, dan keramas rutin dapat membantumu memiliki aroma tubuh yang fresh.

11. Jika Kamu Tak Tahan Ingin Merokok Padahal Orang di Sampingmu Tidak Perokok, SELALU Minta Izin Padanya Untuk Menyalakan Batang Rokokmu Tersebut

Tak tahan merokok? Minta izin dulu ya. via www.northcoastjournal.com

Ada beberapa situasi yang terkadang sebagai perokok kamu tak mampu menahan hasrat untuk menikmati sebatang rokok.Tapi akan jadi repot urusannya kalau ternyata orang di sampingmu bukanlah seorang perokok. Situasi seperti ini bisa diakali dengan cara meminta izin padanya. Katakan bahwa kamu benar-benar ingin merokok, tapi kalau tidak diizinkan lebih baik menunda keinginan tersebut atau mencari tempat lain untuk merokok.

12. Namun Sebagus-Bagusnya Saran Dari Poin 1 Sampai 11, Membebaskan Diri Dari Kecanduan Rokok Adalah Pilihan Terbaik

berhenti adalah jalan terbaik via bukaninspirasi2.blogspot.com

Menjadi perokok berkualitas bukanlah pencapaian yang tidak bisa diraih, namun bebas dari belenggu rasa ketagihan merupakan pencapaian yang terbaik. Jadi mulai sekarang, kurangilah asupan rokokmu. Jika bisa, bertekadlah untuk berhenti total dari kebiasaan ini!

Meskipun kamu perokok bukan berarti bukan bisa seenaknya menghisap rokok di mana dan kapan saja. Perlu ada etika agar hidupmu dengan mereka yang tak merokok dapat berjalan selaras. Setuju?