Seringkali hidup rasanya terlalu rumit untuk dijalani. Pekerjaan, tugas sehari-hari, dan berbagai masalah seperti selalu menghantui. Akibatnya, kamu menjadi tidak menikmati apa yang disebut dengan hidup itu sendiri.

Untuk menyiasatinya, mulailah untuk menjalani hari-harimu dengan lebih bermakna. Lakukan kebiasaan-kebiasaan yang meskipun terkesan sepele atau sederhana, tapi sebenarnya punya banyak kebaikan untuk kehidupanmu sehari-harinya. Nah, apa saja sih kebiasaan-kebiasaan kecil itu? Yuk, simak sama-sama!

1. Usahakan untuk bangun pagi setiap harinya. Sebelum tidur, katakan pada dirimu sendiri – kamu ingin bangun jam berapa?

jam berapa kamu akan bangun? via itsarap-styles-with-glitter.tumblr.com

“Semoga besok bisa bangun jam 5 pagi. Sebelum berangkat kerja, mau olahraga dan masak dulu ah~~”

Percaya gak percaya, cara sederhana ini akan menghindarkanmu dari kemungkinan bangun kesiangan hingga terlambat berangkat kerja. Ya, sekadar ucapan yang kamu rapal sebelum tidur bisa jadi semacam alarm alami yang akan membangunkanmu esok pagi.

Advertisement

Kata-kata yang kamu ucapkan adalah sugesti yang ditangkap oleh alam bawah sadarmu sehingga kamu bisa bangun tepat waktu seperti yang kamu inginkan. Hal ini tentu saja sangat penting karena bangun pagi akan membuatmu lebih punya banyak waktu mempersiapkan diri sebelum beraktivitas. Setidaknya, kamu akan melewatkan pagimu dengan lebih tertata.

2. Agar tak bangun lalu tidur lagi, sebaiknya letakkan alarm jauh dari jangkauan tanganmu sendiri.

jauhkan alarm dari jangkauanmu via abystig.tumblr.com

Salah satu kebiasaan buruk yang akan mengacaukan harimu adalah memencet tombol snooze ketika alarm berbunyi. Pasalnya, kebiasaan ini justru akan mengacaukan waktu tidurmu sehingga saat bangaun kamu justru akan merasa tidak fit. Untuk itu, sangat penting meletakkan alarm jauh dari jangkauan tanganmu. Sehingga saat alarm berbunyi, kamu akan langsung bangun untuk mematikannya dan segera beranjak memulai hari.

3. Rasa malas bisa disebabkan karena dehidrasi. Minum air putih saat bangun agar kamu lebih semangat menyambut hari!

minum air putih saat bangun tidur via stylecaster.com

Kamu mungkin sering merasa malas jika harus bangun pagi. Ternyata, salah satu penyebab hal ini adalah kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Untuk itu, sebaiknya kamu selalu menyiapkan botol air minum di sisi tempat tidurmu.

Botol berisi air putih di dekat tempat tidur sekaligus bisa jadi pengingat agar kamu tak lupa minum air putih. Sebaiknya saat sebelum dan setelah bangun tidur, kamu minum cukup air supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi dan bangun dalam kondisi segar.

4. Lakukan rutinitas positif ini setiap hari. Setelah mandi, segera lihat ke cermin dan tersenyumlah sebagai tanda kamu menghargai diri sendiri.

tersenyum pada diri sendiri via 7-themes.com

Atas berbagai alasan yang melatarbelakangi, banyak orang yang ternyata tidak cukup bahagia dengan dirinya sendiri. Akibatnya, hidup pun tidak bisa dijalani dengan bahagia. Lantaran hal itu, kamu wajib mulai mencintai dirimu sendiri. Mulailah dengan cara yang sangat sederhana yaitu menatap ke cermin setiap pagi lalu berkata “aku mencintaimu” dan tersenyum.

5. Sempatkan untuk sejenak berjalan-jalan. Selain menikmati pemandangan, banyak ide baru yang pasti kamu dapatkan.

sempatkan untuk jalan-jalan via sapphiresandalabaster.wordpress.com

Tak bisa dipungkiri, rasa jenuh atau suntuk seringkali datang menghampiri. Kamu merasa terjebak dengan rutinitas sehingga hidup rasa-rasanya sangat membosankan untuk dijalani. Dalam kondisi seperti ini, salah satu cara yang layak kamu terapkan adalah berjalan-jalan.

Ya, jalan-jalan bisa jadi salah satu cara untuk menceriakan harimu. Saat sedang ada masalah atau ditimpa kesulitan, aktivitas jalan-jalan mungkin dapat memecahkan masalahmu. Karena selama jalan-jalan itu kamu akan melihat banyak hal baru, memperoleh pandangan-pandangan baru yang mungkin akan sangat bermanfaat.

6. Jangan selalu merutuki kekurangan. Ingatlah kelebihan-kelebihanmu, maka kamu akan bersyukur pada Tuhan.

Saat dilanda rasa sedih atau kesal akibat sebuah kegagalan atau sesuatu yang belum berhasil didapatkan, cobalah untuk bersyukur. Alih-alih mengingat-ingat kekurangan, cobalah untuk mengingat kembali beberapa kelebihan atau kebaikan yang sudah kamu miliki. Jika bisa melakukan hal itu, pasti kamu akan merasa bersyukur dan tidak terlalu terpuruk dalam kesedihanmu.

7. Latih kemampuan fokusmu dengan meditasi setidaknya 10 sampai 20 menit setiap hari.

tenangkan diri sejenak via hippietrippy.tumblr.com

Tanpa harus paham tentang teknik-teknik yoga atau meditasi yang benar, kamu pun bisa menjajal melakukan kebiasaan ini. Ya, setip harinya luangkan waktu untuk sejenak bermeditasi dan melatih kemampuan fokusmu. Mudah saja, kamu cukup duduk tenang dan memejamkan mata. Atur dan hitung nafasmu mulai dari menghirup hingga melepaskannya. Selama 10 atau 20 menit, pastikan kamu hanya fokus pada nafasmu saja.

8. Meski banyak hal yang harus dituntaskan, mulailah dari yang paling penting untuk dikerjakan.

lakukan yang terpenting dahulu via awarmplacewithin.wordpress.com

Dalam satu hari, tentu ada beberapa hal yang tertulis di to do list-mu dan harus segera dituntaskan. Namun agar kamu lebih produktif dan efektif dalam bekerja, usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas yang paling penting dahulu.

Saat kamu sudah berhasil menyelesaikan tugas yang paling penting atau bahkan paling berat, akan muncul rasa puas yang bisa jadi suntikan energi baru. Setelahnya kamu menjadi lebih semangat dan fokus dalam menyelesaikan sisa tugasmu.

9. Memuji orang lain dengan tulus adalah caramu memberi pada orang lain tanpa mengharapkan imbalan.

berikan pujian pada orang lain via www.huffingtonpost.com

Rasa bahagia memang bisa didapat dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memberikan pujian yang tulus kepada orang lain. Sekadar berkata,

“Pagi ini kamu kelihatan lebih cantik dari biasanya.”

“Makasih ya, Mah. Sarapannya enak banget.”

“Wah, baju kamu bagus banget. Beli dimana sih?”

adalah ungkapan-ungkapan pujian sederhana yang bisa sangat berarti. Dengan memberikan pujian pada orang lain berarti kamu telah memberi tanpa mengharapkan imbalan. Secara otomatis kebiasaan ini akan membuatmu lebih bahagia dalam memulai hari.

10. Olahraga bisa membuatmu bahagia. Setidaknya luangkan waktu 1 jam dalam sehari untuk melakukannya.

olahraga juga bikin bahagia via meganshealthy.tumblr.com

Selain memberikan pujian pada orang lain, rasa senang ternyata juga bisa didapat dengan berolahraga. Pasalnya rasa lelah setelah berolahraga akan memicu munculnya keringat dan produksi zat-zat khusus yang menimbulkan rasa bahagia. Selain itu, tentu saja kamu akan mendapatkan manfaat lain, yaitu tubuh yang lebih sehat dan bugar.

11. Tuliskan apa yang sudah kamu lakukan hari itu. Lupakan kejadian buruk dan catat hal-hal baik yang menghampirimu.

menulislah! via www.emaze.com

Di akhir hari, kamu pun layak mengapresiasi apa yang sudah kamu lewati. Ketika punya waktu luang, jangan ragu untuk menuliskan apa yang sudah kamu lakukan selama seharian. Tulislah hal-hal baik yang kamu dapatkan atau pencapaian-pencapaian yang kamu dapat hari itu.

Menulis hal-hal baik itu sangat penting, karena esok hari kamu dapat membacanya dan bersyukur dengan apa yang sudah kamu miliki. Selain itu, jurnal itu akan menjadi pemicu bagi dirimu sendiri, sehingga di hari-hari selanjutnya kamu akan melakukan yang lebih baik lagi.

12. Banyak kebaikan yang akan kamu dapatkan dengan membaca. Sempatkan waktu untuk mengakrabi buku setiap harinya.

jangan malas membaca via teacoffeebooks.tumblr.com

Hidup akan lebih berwarna ketika otakmu selalu bekerja dan diberi asupan pengetahuan yang kaya. Itulah mengapa kebiasaan yang wajib kamu lakukan adalah membaca. Dengan membaca, kamu akan mendapatkan ide-ide terbaik, wawasan yang bermanfaat, dan ilmu pengetahuan. Dalam satu hari, setidaknya luangkan beberapa jam untuk mengakrabi buku-buku bacaan. Biarkan dirimu sejenak tenggelam dalam buku karena hal itulah yang akan membuatmu menikmati hidup dan waktumu.

Meski terkesan sepele, ternyata kebiasaan-kebiasaan kecil juga bisa mencerahkan harimu. Mulai sekarang, cobalah untuk menerapkan hal-hal di atas, ya! Selamat mencoba… 🙂