Belajar bahasa Inggris itu nggak sulit, dan nggak juga harus keluar duit. Asal punya niat yang kuat dan mau mencoba terus, kamu pasti bisa bicara dengan cas-cis-cus. Mengingat sarana untuk belajar bahasa Inggris pun ada banyak, dan pastinya lebih menyenangkan. Ketimbang harus belajar secara formal di pusat bahasa atau tempat kursus.

Kamu bisa belajar bahasa Inggris melalui musik, buku, atau bahkan film. Tapi, di antara semua media itu, film jadi media paling lengkap untuk bantu belajarmu. Kenapa? Karena saat menonton film kamu belajar mengkoresi percakapan yang kamu dengar dan baca, sekaligus mengetahui artikulasi setiap kata, atau dengan kata lain belajar nagaimana speaking yang baik.

Nah, kira-kira film bahasa Inggris yang mana ya yang cocok buat kamu belajar? Yuk, intip list yang Hipwee buatkan ini!

1. Beruang dari Peru di film The Paddington ini aja fasih banget ngomong dalam bahasa Inggris, masa iya kamu kalah sama dia!

The Paddington via cinefex.com

Jangan kaget kalau di film ini seekor beruang bisa dengan fasih ngomong pakai bahasa Inggris, apalagi dengan akesen yang british banget. Sedangkan kamu, boro-boro ngomong, kadang mendengar orang ngomong bahasa Inggris aja kelimpungan. Malu lah ya sama si Beruang. Hehehe… Tapi tenang, film bergendre komedi dengan cerita yang sederhana ini bakal membimbing kamu belajar bahasa Inggris dengan santai dan mudah, meski aksen setiap tokohnya british sekali.

2. Percakapan antar emosi di dalam kepala ABG bernama Riley di Inside out bantu kamu mengerti bagaimana mengungkapkan perasaan dalam Bahasa Inggris

Advertisement

inside out via www.forbes.com

Namanya film animasi, seabsurd apapun tokoh-tokoh di dalamnya, cerita yang dikemas tetap saja ringan. Film yang rilis tahun kemarin ini, membantu kamu mengerti bagaimana mengungkapkan perasaan dalam bahasa Inggris. Percakapan antar emosi yang berlangsung di dalam kepala remaja bernama Rilley kadang memang rusuh. Tapi, karena bahasa yang digunakan sederhana film ini tetap nyaman kok untuk kamu simak baik-baik.

3. Bukan cuma ceritanya yang ringan percakapan para boneka di film Toy Story ini paling mudah untuk kamu ingat

Toy Story via www.usatoday.com

Toy Story sama absurdnya dengan The Paddington dan Inside Out. Bedanya film ini murni animasi dengan percakapan yang di dominsai para boneka milik seoarang anak bernama Andy. Seperti pada umunya film animasi untuk anak-anak, film ini udah pasti punya cerita dan kosa kata yang nggak rumit alias ringan. Menariknya lagi, Toy Story pun menyajikan sedikit humor untuk kamu para orang dewasa.

4. Mengasah kemampuan bahasa Inggrismu dari tokoh utama di Forrest Gump yang kalau ngomong gugup. Lucu sih, tapi akhirnya kamu akan dibuat terharu oleh perjuangan Gump

Forrest Gump via www.cbsnews.com

Film ini sempurna banget buat kamu yang ingin belajar bahasa Inggris, karena tokoh utama bernama Forrest Grump ini seseorang dengan masalah mental yang bicaranya gagap. Terlebih bahasa di film ini tergolong sederhana dan nggak rumit. Mungkin sebelum menonton film ini kalian akan berpikir, kok lucu ya belajar bahasa inggris dari tokoh utama yang gagap. Eits, hati-hati, setelah nonton filmnya kalian pasti akan terharu sekali dengan perjuangan Gump berseta Ibunya. Film tahun 90’an ini juga memberi kamu sedikit tentang sejarah US dan budayanya.

5. Raja Inggris di The King’s Speech yang masih harus belajar ngomong bahasa Inggris ini, dijamin jadi mood booster semangat belajarmu

The King’s Speech via www.amazon.com

Dianggakat dari kisah nyata tentang King George VI-ayah dari Queen Elizabeth II, neneknya Si pangeran William-yang gagap dan tertekan karena harus menjadi raja. Film yang beraksen british ini tetap bisa kamu nikmati dan mengerti percakapan setiap karakternya. Mengingat King George VI di sini pun berbicaranya gagap. Namun, karena akan dinobatkan menjadi raja, mau nggak mau Sang Pangeran harus belajar melancarkan bicaranya dalam bahasa Inggris pastinya.

6. Bahasa yang formal, artikulasi yang jelas serta cara ngomong yang pelan di film The Sound of Music bantu banget belajar Bahasa Inggris secara simpel

Tha Sound of Music via sojo.net

Drama musikal jadul ini punya cerita yang sederhana sekali. Tentang seorang pembantu yang dikirim untuk mengurus 7 anak seorang kapten. Lalu di akhir cerita si pembantu ini justru menikah dengan sang kapten itu sendiri. Meski cerita sederhana itu dikemas dengan bahasa formal, namun artikulasi yang jelas serta cara bicara setiap karater yang pelan tetap bisa membantu kamu belajar bahasa inggris tanpa perlu khawatir atau bingung.

7. Kata-kata sederhana yang dinarasikan oleh Tom dalam 500 Days of Summer ini punya artikulasi yang jelas dan pengucapan yang pelan. Pas buat latihan listening

500 Days of Summer via hubahuba.me

Masih ingetkan sama film drama romantis tentang seorang cowok yang malah kena korban PHP dari seorang cewek. Aduh… kamu harus kuat tahan emosi saat belajar bahasa Inggris dengan film ini. Pokonya jangan sampai baper dan akhirnya gagal fokus belajar. Karena, sayang banget kalau kamu melewati narasi yang dibacakan oleh Tom dalam bahasa Inggris yang simpel untuk dimengerti dan diikuti. Ditambah artikulasi Tom di sini sangat jelas sekali dan pengucapannya pun cukup pelan.

8. Dead Poets Society mengajakmu membuat perubahan lewat puisi. Siapa tahu setelah nonton ini kamu jadi pujangga yang mahir bersyair dalam Bahasa Inggris

Dead Poets Society via college.usatoday.com

Film 28 tahun yang lalu ini punya ending yang tragis. Tapi setidaknya film ini memberikan inspirasi agar kamu membuat perubahan, terutama dalam kemampuan bahasa ya. Dengan bahasa formal yang mirip-mirip bahasa Inggris yang kamu pelajari di sekolah, membuat film ini nggak membingungkan. Terlebih, film ini pun mengajak kamu untuk tertarik dengan puisi. Wah, siapa tahu kamu bakal jadi pujangga yang mahir bersyair dalam bahasa Inggris, keren nggak tuh? 🙂

9. Film The Words nggak cuma bikin bantu mahir berbahasa Inggris, tapi juga mengingatkan kamu jangan sampai plagiat kayak Si Penulis Rory.

The words via bristowbeat.com

Selain bantu kamu belajar bahasa Inggris, The Words yang bercerita tentang penulis bernama Rory ini mengingatkan kamu untuk nggak melakukan plagiarisme dalam bentuk apapun. Sekalipun kamu nggak kenal dengan pemilik ide aslinya, etika untuk nggak mengcopy paste harus kamu junjung tinggi. Jangan sampai apa yang kamu lakukan ini menyulitkanmu juga kelak.

10. Lewat kisah romantis Letter of Juliet belajar Bahasa Inggris bakal lebih menarik, dijamin kamu bakal senyum-senyum sendiri.

Letters of Juliet via theswellsavvygirl.wordpress.com

Perjalanan seorang perempuan bersama tunangannya ke sebuah kota romantis Verona, justru berujung dengan kisah cinta yang baru. Dengan lika-liku pencarian pasangan, letter of juliet ini menghadirkan dua perpaduan aksen, Amerika dan British. Meski dialek yang kamu dengar terkesan campur-campur, kosa kata yang mereka gunakan tetap ringan dan umum. Pokoknya, lewat kisah romantis Shopie dengan Charlie ini kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan senyam-senyum sendiri. Abis mbak dan masnya unyu banget sih jatuh cintanya, berawal dari perasaan sebel-sebel gimana gitu, eh lama-lama malah jadi cinta. Hehehe…

11. Cara Kate dan Alex menarasikan suratnya dengan ritme yang pelan dan ekspresif, buat kamu wajib untuk lihat di The Lake House ini.

The Lake House via www.movpins.com

Masih berkaitan dengan surat, bedanya the like house ini menceritakan dua orang yang saling berbagi cerita lewat surat dengan perbedaan waktu. Kate dua tahun di masa depan, sedangkan Alex dua tahun di masa lalu. surat-surat yang mereka tulis, dinarasikan seolah-olah mereka saling berbincang dengan ritme yang pelan dan ekspresif. Cerita yang ditawarkan pun memiliki plot unik dengan alur maju-mundur, tapi masih cukup mudah untuk kamu mengerti setiap percakapannya.

12. Siapa yang nggak tahu The Hunger Games, film yang seru ini udah pasti menjamin belajarmu lebih asyik.

Hayo kamu tahu nggak The Hunger Games? Kebangetan banget kalau kamu nggak ahu film mainstream ini. Film aksi, petualangan dan fiksi ilmiah ini punya bahasa yang relatif mudah untuk dimengerti, beda sama film-film fiksi ilmiah lain yang punya alur kompleks. Aksen dari setiap karakter yang Amereka utara juga nggak akan jadi masalah untuk dimengerti, karena mereka nggak berbicara dengan cepat. Belum lagi film berisi aksi, romance dan komedi ini punya plot yang dijamin menarik.

13. The Pacific Rim, film aksi dan fiksi ilmiah dengan cerita yang sederhana dan minim percakapan ini nggak akan buat kamu bosan belajar.

Lebih banyak aksi dan minim percakapan membuat kamu nggak terlalu capek mengikuti setiap percakapan di dalam film. Setidaknya, The Pacific Rim ini bisa jadi film selanjutnya mengantarkan kemampuan bahasa Inggrismu ke level selanjutnya. Soalnya, tempo pengucapan setiap karakter di film ini cukup cepat. Artikulasi salah satu tokoh yang bercampur aksen Jepang juga membuat kamu harus lebih jeli lagi.

Bagaimana, udah dicatat belum film yang mana aja yang akan kamu tonton untuk belajar bahasa Inggris nanti? Semoga film-film di atas membantu ya. Selamat mencoba!