Kebiasaan-kebiasaan seeprti melakukan segala hal terbalik mungkin terlihat sederhana, tapi kenyataannya bisa jadi latihan yang menyehatkan otakmu. Diam-diam, aktivitas ‘aneh’ ini juga bisa menajamkan kemampuan otakmu dan mencegahnya untuk kehilangan ingatan. Latihan otak ini melibatkan sense fisik dan emosional. Dari mulai penglihatan, penciuman, sentuhan, rasa, dan pendengaran. Wah, hebat, ya!

Aktivitas sederhana ini memicu produksi nutrisi di otak yang membuat sel-sel otakmu makin kuat. Kalau kamu mau coba, berikut Hipwee Tips kasih contoh-contohnya…

1. Cobalah makan makanan yang nggak kamu kenal sebelumnya, makanan Korea atau Jepang misalnya

Makanan Korea via rwsentosa.com

Pilih masakan yang rasanya tidak familiar di lidah dan hidungmu. Kalau kamu biasa memakan masakan Indonesia yang kaya bumbu dan harum baunya, coba masakan negara lain yang bahkan tanpa bumbu sama sekali. Ini akan menumbuhkan sugesti positif pada diri dan otakmu, bahwa mencoba hal-hal baru itu banyak menimbulkan hal-hal positif.

2. Kalau kamu biasa menyikat gigi dengan tangan kanan, kali ini cobalah dengan tangan sebelah kiri

Sikat gigi dengan tangan yang berbeda via huffingtonpost.ca

Advertisement

Penelitian sudah membuktikan latihan otak ini bisa mempercepat proses informasi. Selain itu, keseimbangan otak kanan dan kirimu akan semakin terjaga dan kamu bisa lebih fokus menerima banyak hal-hal baru dari luar.

3. Mandi dengan mata tertutup akan meningkatkan kualitas indera perasa melalui tanganmu

Rasakan banyak hal via rd.com

Saat matamu tertutup, inderamu yang lain akan jadi lebih kuat. Saat mandi kamu bisa memanfaatkan tanganmu untuk merasakan temperatur dan bagian-bagian tubuhmu.

4. Ganti kebiasaan rutin yang kamu lakukan tiap pagi, sesederhanan nonton kartun atau membaca koran misalnya

Aktivitas pagi hari via schematherapysociety.org

Jangan pernah melewatkan pagi karena pagi adalah waktu terbaik untuk mengawali pagi hari. Ubah kebiasaan rutinmu di pagi hari dari yang tadinya cuci muka misalnya, jadi nonton kartun atau olahraga. Coba berbagai macam hal yang akan meningkatkan level aktivitas otak.

5. Ganti juga posisi benda yang biasanya horizontal (mendatar) menjadi vertikal (berdiri)

Jangan tiduran kayak gini arahnya via rd.com

Ubah posisi foto, jam, kalender, smartphone atau apapun menjadi berposisi vertikal. Otak kananmu akan mulai menginterpretasikan bentuk, warna, dan hubungan antar benda-benda yang ada di sekitarmu.

6. Coba berganti tempat duduk agar teman dan ‘pemandanganmu’ juga berganti setiap harinya

Ngobrol dengan orang berbeda via collegeowlz.com

Di kelas, kantor, bus, atau bahkan di tempat makan biasanya setiap orang punya posisi duduk favorit tersendiri. Sesekali coba ubah letak dudukmu dan latih inderamu untuk menerima pemandangan baru.

7. Latih hidungmu untuk merasakan aroma-aroma baru saat kamu bangun tidur

aroma bunga via psfk.com

Entah itu parfum ataupun bebauan lainnya, coba cium aroma-aroma baru setiap kamu bangun tidur. Gunanya untuk melatih indera penciumanmu.

8. Iseng memainkan koin kelihatannya nggak berguna, padahal bisa melatih sense tanganmu juga

Memainkan koin via rd.com

Kegiatan iseng ini bisa meningkatkan aktivasi di daerah kortikal yang memproses informasi dan menguatkan sinapsis. Coba masukkan koin dalam sakumu dan mainkan dengan tanganmu. Hitung-hitung membuang rasa bosan lah, ya…

9. Buka jendela mobil lalu dengar, cium, dan rasakan sensasi yang luar biasa

(menghela nafas) via auto.howstuffworks.com

Kamu bisa membangun peta mental dengan melakukan ini karena hippocampus, bagian yang memproses informasi akan mengasosiasikan bebauan, suara-suara, dan apa saja yang kamu lihat.

10. Mainkan 10 hal yang berbeda agar otakmu punya banyak alternatif berpikir

bermain biola via ravepad.com

Membuat berbagai macam alternatif berpikir akan membuat otak semakin kuat. Kamu bisa melakukannya dengan memainkan 10 benda berbeda entah itu alat musik seperti biola, gitar, dan lainnya ataupun benda sesederhana pemukul nyamuk. Yang penting pilih yang cara kerjanya beda.

11. Scan setiap benda yang ada di supermarket, surga yang menyajikan benda-benda di berbagai tingkatan penglihatan

Scan barang di supermarket via rd.com

Benda-benda di supermarket biasanya disusun hingga bertingkat-tingkat. Dan dari sana kamu bisa melatih penglihatan matamu untuk melihat berbagai detail di barang-barang itu.

12. Untuk melatih bagian emosional otakmu, sering-seringlah bekerja secara kelompok

kerjasama via nonprofitrisk.org

Bekerja secara kelompok akan sangat bagus untuk melatih emosimu. Apalagi kalau proyek yang kamu kerjakan itu proyek seni, makin kuat deh penguatan emosionalmu.

12. Membacalah dengan cara yang berbeda untuk mengubah sirkuit otak yang kita gunakan

Jika kamu biasa membaca dari dalam hati cobalah untuk membaca dengan keras atau ubah posisi tubuhmu saat membaca. Dari yang biasanya duduk sambil ngemil, cobalah sesekali untuk tidur terlentang sambil membaca buku atau novel favoritmu.

Praktikkan semua kebiasaan ini dan dapatkan otak yang lebih kuat dalam menjaga memori!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!