Pernah nggak mengalami situasi awkward (canggung) sama teman, kenalan, atau bahkan orang yang nggak kamu kenal? Misalnya, kamu nggak sengaja ketemu seorang kenalan di jalan dan benar-benar nggak tau harus ngobrol apa. Contoh lain, kamu ketemu teman lama tapi malah lupa namanya.

Nah, bingung harus gimana buat menghadapi situasi semacam ini? Hipwee kasih tips-tipsnya di artikel ini, ya…

1. Pas Lagi Males Ngomong

males ngomong, mending tidur via www.inewidea.com

Kebetulan kamu lagi capek dan males banget ngapa-ngapain, termasuk males ngomong. Sialnya, kamu lagi naik transportasi umum dan kursi di sebelahmu kebetulan kosong. Kamu takut kalau-kalau ada yang datang dan duduk di sampingmu sambil maksa ngajakin ngobrol. Kira-kira, apa yang harus kamu lakukan?

Cara paling gampang yang bisa kamu lakuin adalah taruh tas atau ranselmu di kursi kosong sebelah kamu, sebelum pura-pura tidur atau tidur beneran. Lumayan lah, tidur bisa mengurangi rasa capek. Selain itu, kamu wajib pasang earphone — entah kamu beneran dengerin lagu atau nggak. Yang jelas, dua cara ini bakal ampuh banget!

Advertisement

PS: Kalau bisa, lihat dulu kondisi bus atau kereta yang kamu tumpangi. Kalau kondisinya penuh sesak dan para penumpangnya masih berusaha mencari tempat duduk, mungkin sebaiknya kamu tidak menaruh tas atau ranselmu di kursi kosong di sebelahmu.

2. Pas Lupa Nama Teman Lamamu

lupa nama temanmu via www.kawankumagz.com

Yang namanya mengingat nama orang emang nggak gampang ya, guys! Bayangin aja, kamu nggak sengaja ketemu teman lama yang kamu lupa namanya. Parahnya, dia justru menyapa duluan dan ingat nama kamu. Nah lho, trikmu gimana?

Gampang! Kalau temanmu cewek, panggil aja dengan sebutan ‘beb’, ‘say’, ‘cint’, ‘bu’, atau ‘sist’ juga bisa. Tapi, kalau temanmu itu cowok, panggil ‘bro’ aja. Beres deh. Kalau kamu ternyata masih penasaran pengen tau namanya, pancing dia dengan cara: “Eh say, Facebook kamu apa sih? Aku mau add nih…”

3. Nggak Sengaja Ketemu Kenalan

nggak sengaja ketemu kenalan via www.buzzfeed.com

Kamu nggak sengaja ketemu kenalanmu di sebuah mall. Ketika udah sama-sama liat, kamu pun melambaikan tangan sambil dalam hati berkata, “say hello aja deh, terus langsung pamit. Ternyata, setelah berpamitan kalian justru berjalan ke arah yang sama. Mau ngobrol? Pasti jadi awkward karena kamu nggak akrab dan cuma sekedar kenal sama dia.

Pertama, kamu harus jalan sambil liat jam tangan. Lalu percepat langkahmu seakan-akan kamu baru ingat kalau punya janji dan harus buru-buru. Cara kedua, ambil ponsel dan akting ngangkat telepon: “Oke, aku ke sana sekarang. Tunggu, ya”. Jangan lupa ambil langkah seribu alias kabur.

4. Ngomong Apa Sih?

ngomong apa sih? via cheezburger.com

Entah nggak konsen atau kuping emang lagi error, kamu nggak paham apa yang disampaikan lawan bicaramu. Sekali atau dua kali bilang “ulangi”, kamu nggak mungkin bilang itu lagi untuk ketiga kalinya ‘kan?

Sebelum suasana makin kikuk, sebaiknya kamu pamit buat pergi sebentar atau ke toilet. Nah, pas kamu balik, temanmu tentu akan mengulangi pertanyaannya tadi. Tapi, untuk kali ini kamu harus benar-benar pasang kuping ya!

5. Pas Ngajak Salaman Tapi Ditolak

pas ngajak salaman tapi ditolak via kabarislamia.com

Pernah nggak niat mengulurkan tangan buat salaman ke teman cowokmu tapi ditolak? Pasalnya, dia mungkin menganut bahwa ‘nggak boleh menyentuh cewek yang bukan mahram’. Dalam situasi seperti ini, kamu bisa apa?

Sederhana sih. Cukup tarik kembali tanganmu dan letakkan di dadamu sambil kasih senyuman yang paling tulus. Hehe…

6. Kalau Orang Yang Nggak Akrab Sama Kamu Nge-Add Facebook-mu

kalau ada yang add facebook-mu via www.pammarketingnut.com

Ketika seorang kenalan yang baru sekali ketemu tiba-tiba add Facebook-mu, apa yang kamu lakukan? Kamu mungkin sungkan kalau nggak menerima permintaan pertemanannya. Di sisi lain, bagi kamu Facebook cuma buat teman-teman terdekat aja karena banyak hal-hal pribadi dibagi di sana. Jadi, gimana?

a. Langsung accept

b. Ignore aja

c. Tunggu seminggu baru di-accept

Well, supaya nggak ribet sendiri, mending langsung accept aja deh, guys! Daripada bikin orang sakit hati, mending pikirkan nilai positifnya. Kamu bisa nambah teman sekaligus dapat pahala karena menjaga silaturahmi dengan kenalanmu. Kalau kamu tetap mau menjaga kerapihan news feed Facebook-mu, atur aja secara khusus update dari siapa yang mau kamu baca disana.

7. Ketika Temanmu Cuma Mau Nawarin MLM

pas temanmu nawarin mlm via najibkarya.blogspot.com

Suatu hari kamu bahagia banget karena diajak janjian ketemu sama teman lamamu. Tapi, yang terjadi justru benar-benar bikin syok. Berharap bisa nostalgia tentang masa SMA, temanmu justru nawarin supaya kamu ikutan MLM. Gimana cara mengatasi situasi seperti ini?

Bilang aja ogah dan cepet-cepet kabur pulang ke rumah. Ya iyalah! Daripada bosan mendengar penjelasannya seputar downline dan reward, mending kamu tidur di rumah deh.

8. Pas Lagi Stalking

pas lagi iseng stalking via quitstalkingme.com

Lagi selow banget nggak ada kerjaan, akhirnya kamu memutuskan buat stalking Twitter teman baru atau gebetanmu. Saking asyiknya kamu nggak sengaja klik Favorite di salah satu tweet-nya. Caramu ngeles adalah…

Nggak ada. Yang terjadi biarlah terjadi, hahaha. Sisi positifnya, teman baru atau gebetanmu ini juga mungkin nggak bakal bilang ke kamu kalau mereka tahu kamu nge-stalk mereka. Kalau ketemu mereka di dunia nyata, ngomongin hal-hal yang lain aja ya.

Jangan khawatir, ini bisa dicegah. Caranya adalah log out dulu dari Twitter kalau kamu memang niat nge-stalk orang. Kalau bisa stalking juga pakai komputer/laptop karena risiko jari salah pencet bakal jadi lebih kecil.

9. Gimana Caranya Basa-Basi?

cara basa-basi sama kenalan via pursuingmydreams.com

Terjebak buat ngobrol dengan kenalan baru atau orang asing kadang emang bikin suasana awkward. Lantaran belum saling mengenal, kamu nggak tau harus gimana dan ngomong apa.

Hmm.. nggak perlu terlalu serius, cobalah untuk rileks dan mengobrol dengan ‘mengalir’ saja. Coba liat lawan bicaramu. Apa dia pakai kaos bola atau kaos band? Apa dia pakai BlackBerry atau Android? Pilih topik yang nggak terlalu serius tapi juga nggak kacangan. Sebenarnya, apapun bisa jadi bahan obrolan ketika kamu bisa bersikap santai.

10. “Ini Ibu, Bude, Apa Pembantunya, Ya?”

ini ibu atau pembantunya? via www.jakartajavakini.com

Yang satu ini mungkin sedikit lucu, tapi bisa aja terjadi lho! Ceritanya, kamu lagi main ke rumah teman barumu. Kebetulan temanmu masih di kamarnya dan belum muncul buat menyapa kamu. Kamu pun harus menunggu dia di ruang tamu. Tiba-tiba, terlihat seorang perempuan sedang menyapu. Kira-kira, itu ibu, pembantu, atau bude-nya temanmu?

Biar nggak salah tebak, sebaiknya langsung SKSD (Sok Kenal Sok Dekat) aja. Tawarkan buat jabat tangan dan perkenalkan dirimu dengan ramah dan sopan. Perhatikan reaksi lawan bicaramu. Dari situ kamu bisa tau siapa sebenarnya perempuan di rumah temanmu itu.

11. Pas Ketemu Orang Yang Bajunya Sama Denganmu

waduh, bajunya sama via www.cumicumi.com

Panik ketika ada orang yang pakai baju sama denganmu? Pengen buru-buru pulang padahal acara nikahan temanmu baru dimulai?

Selow aja, guys! Kamu cuma perlu melipir menjauh dari orang yang pakai baju sama denganmu. Kamu bisa ambil tempat duduk di barisan tengah dan sembunyi di kerumunan teman-temanmu.

12. Ketika Terpaksa Cipika-Cipiki

mles cipika-cipiki via sumutpos.co

Kamu mungkin termasuk orang yang nggak suka cipika-cipiki (cium pipi kanan-cium pipi kiri) ketika ketemu teman atau kenalan. Nah, biar nggak tiba-tiba dipaksa cipika-cipiki sama kenalanmu, pakai trik ini.

Sebaiknya jaga jarak dengan temanmu itu. Maksudnya, badan kalian nggak boleh terlalu dekat. Ulurkan tangan dari jarak agak jauh, sehingga dia nggak mungkin maksa buat merangkul dan cipika-cipiki ke kamu. Beres.

Setelah membaca artikel ini, kamu tau gimana cara mengatasi situasi canggung sama teman atau kenalanmu ‘kan?