Tubuh sehat dan ideal menjadi impian banyak orang. Berbagai cara dan usaha dilakukan demi mendapatkan penampilan yang ramping mempesona. Banyak program dan produk yang diperuntukkan guna diet bisa kita temukan di pasaran sekarang. Namun sebenarnya, menurunkan berat badan tidak bisa semudah menjentikkan jari begitu saja.

Berapapun uang yang sudah kita keluarkan, sebanyak apapun program diet yang sudah kita ikuti; semuanya tidak akan banyak memberi hasil kalau kita tidak menjadikannya bagian dari pola hidup sehari-hari. Ada baiknya kamu mulai menanamkan gaya hidup sehat demi mendapatkan tubuh ideal dengan membiasakan dirimu melakukan 15 kebiasaan sederhana ini.

1. Minum teh hijau, teh putih atau teh hitam secara teratur bisa membuat lemak membandel luntur.

Minum teh secara teratrur via www.brewingmarketco.com

Kamu pasti sudah sering mendengar manfaat baik dari teh, bukan? Ternyata salah satunya juga untuk melunturkan lemak yang membandel pada tubuh. Hal ini bahkan sudah dibuktikan dengan berbagai riset empiris. Jadi sempatkan dirimu untuk mengonsumsi setidaknya dua cangkir teh hijau, teh putih atau teh hitam setiap harinya. Tanpa tambahan gula, susu atau pemanis apapun.

2. Buat yang doyan pedas ada berita bagus untukmu, cabai merah terbukti bisa membantu menguruskan badanmu.

cabe merah ternyata bermanfaat untuk menurunkan berat via www.eatthis.com

Advertisement

Cabai merah ternyata nggak hanya enak dijadikan makanan, tapi juga terbukti memiliki fungsi dalam menurunkan berat badan. Kandungan capsaicin dalam cabai merah dikenal sebagai zat yang mampu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuhmu. Selain itu cabai merah juga ampuh untuk menjadi obat anti-pilek, anti-flu, pencegah migraine, mengurangi sakit pada persendian dan bagus untuk pencernaanmu. Wow, asal jangan makan berlebihan saja ya!

3. Meskipun disebut-sebut banyak mengandung gula dan karbohidrat, tapi buah-buahan tetap harus rajin kamu santap.

jangan berhenti makan buah via www.pinterest.com

Memang ada beberapa pihak yang bilang buah-buahan bisa menggagalkan dietmu karena kadungan gula dan karbohidratnya yang lumayan banyak. Tapi jangan khawatir sebab meski begitu, buah tetap merupakan alternatif camilan paling sehat yang bisa kamu santap sebagai pengganti camilan berlemak.

Kandungan vitamin dan serat yang tinggi dalam buah-buahan sangat dibutuhkan oleh tubuhmu. Buah dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama meskipun kalorinya lebih sedikit dari makanan berat biasa dan lebih murah juga daripada camilan khusus diet yang ditawarkan di pasaran. Usahakan terus makan buah seperti biasa ya, tidak perlu selalu dijus agar kandungan seratnya tidak rusak.

4. Olahraga angkat beban ternyata efektif untuk membakar lemak di badan!

angkat beban cocok untuk menurunkan berat badan via www.freewavz.com

Mungkin banyak diantara kamu yang enggan melakukan olahraga angkat beban, terutama yang bagi kamu yang perempuan. Nggak sedikit orang takut angkat beban karena berpikir, ini dapat menyebabkan muscle trauma atau membuat tubuhmu menjadi kekar berlebihan. Padahal nggak juga, asal dilakukan dengan proporsional kamu bisa membakar lemak tubuhmu lebih cepat dengan latihan angkat beban.

Lakukan paling tidak dua kali seminggu. Di hari-hari lain selingi dengan kegiatan olahraga lain yang kamu suka seperti kardio atau yoga dan semacamnya.

5. Rajin makan salad memang bagus, tapi hati-hati dengan saus dressing yang kamu pakai. Bisa-bisa malah menambah lemak di tubuhmu!

Jangan asal pilih saus salad via lotusartswellness.com

Nggak sedikit di antara kamu yang memilih mengganti makanan utama atau makan besar dengan menu salad yang terdiri dari sayur-sayuran tinggi serat dan rendah kalori. Memperbanyak makan sayuran memang salah satu langkah yang bagus untuk mengurangi berat badan. Tapi jangan sampai kamu terkecoh dengan saus yang kamu pakai pada saladmu ya.

Bisa saja salad sayurmu memang sudah sehat, tapi dressing yang kamu pakai malah membuat segalanya percuma karena kandungan gula, lemak dan sodium yang tinggi. Contohnya saus seperti mayonaise atau thousand island, rasanya memang jadi lebih yummy tapi percuma saja kalorinya tetap tinggi.

6. Banyak makan sayur juga oke, tapi jangan lupa protein rendah lemak lebih berperan dalam program dietmu!

protein rendah lemah kunci utama diet via www.womenfashion.tips

Memperbanyak makan sayuran sebagai pengganti makanan utama yang kaya kandungan karbohidrat dan lemak memang bagus. Tapi tahukah kamu, kalau memperbanyak konsumsi protein rendah lemak justru lebih efektif lagi untuk dietmu?

Yap, makan daging putih dan daging ikan kaya omega tiga terbukti membuatmu kenyang lebih lama sehingga kamu nggak akan tergoda untuk ngemil atau makan terus. Selain itu daging rendah lemak dengan protein tinggi juga bagus untuk metabolisme, membuat pembakaran makanan dalam tubuh lebih cepat sehingga tidak ada kesempatan bagi lemak untuk menumpuk.

7. Jangan lupa kacang-kacangan dan buah-buahan tinggi serat. Kesehatan pencernaanmu akan terjaga karena ini

makanan kaya serat via mealsonwheels.org

Kalau kamu masih sering tergoda untuk ngemil, carilah kudapan sehat tinggi serat sebagai ganti keripik kentang yang berlemak. Beralihlah ke kacang-kacangan dan biji-bijian yang akan membantu kesehatan pencernaanmu. Buah-buahan kering seperti kismis juga layak kamu jadikan kudapan nikmat, yang membuatmu nggak dihantui rasa bersalah setiap selesai ngemil.

8. Kebiasaanmu membuka kulkas atau mengujungi dapur setelah lepas waktu makan malam harus segera ditinggalkan!

Stop lirik isi lemari es via metrocebu.com.ph

Kebiasaan ini sering kita lakukan tanpa kita sadari. Padahal sudah makan malam, tapi rasanya masih saja gatal ingin melihat apa lagi isi lemari es atau laci pantry. Dari sana kita yang sebenarnya sudah kenyang, secara tidak sadar akan tergoda untuk makan lebih banyak lagi ketika melihat ada makanan menganggur di dalam lemari es atau dapur.

Disiplinkan dirimu. Setelah selesai makan malam (disarankan sebelum jam 7 sore) segera tahan diri untuk tidak melihat-lihat isi lemari es dan dapur lagi. Cara ini efektif untuk mengurangi kebiasaan ngemil tengah malam yang bisa membuatmu bobotmu semakin membengkak. Cara ini juga bisa membuatmu menurunkan berat badan secara berangsur-angsur setiap minggunya.

9. Makan pelan-pelan saja, demi kesehatan pencernaan dan kesuksesan upayamu melangsingkan tubuh juga

makan pelan-pelan demi kesehatan via www.thedcladies.com

Terkadang kalau sudah di hadapan makanan–apalagi yang kamu sukai–kamu suka lupa diri. Rasanya semua ingin dinikmati secepat mungkin. Padahal memakan makananmu secara perlahan dan mengunyah setiap suapan dengan sempurna sangat berpengaruh besar dalam mengurangi jumlah kalori dalam asupan makananmu lho! Semakin sedikit kalorinya semakin banyak bobot tubuh yang bisa kamu kurangi.

Menikmati makananmu dengan perlahan juga bisa membantu pencernaanmu dan membuatmu merasa lebih kenyang meskipun jumlah makanannya tidak sebanyak biasanya.

10. Jangan jadi kentang di sofa! Selalu gerakkan tubuhmu dalam segala suasana

Jangan malas-malasan saat menonton tv via www.fitwatch.com

Meskipun sedang santai di rumah–menonton acara televisi favorit sambil menunggu waktu makan malam misalnya–kamu tetap bisa membakar lemak. Caranya sederhana, setiap iklan muncul daripada bengong menanti iklannya selesai gunakan jeda waktu itu untuk berolahraga ringan seperti loncat berdiri atau push up. Dengan begitu saja kamu bisa membakar hingga 270 kalori perharinya lho!

11. Tinggalkan eskalator dan lift, beralihlah menggunakan tangga. Sekalian olahraga~

Gunakan tangga mulai sekarang via www.pinterest.com

Sudahlah daripada kamu bete menunggu giliran lift yang lama, atau terlambat gara-gara escalator yang geraknya pelan dan penuh orang, lebih baik kamu naik tangga saja ketika sedang berada di gedung bertingkat. Selain menghemat waktumu, juga sekalian membakar kalori berlebih!

12. Bawa bekal makan siang dari rumah juga ampuh membantumu mengatur kalori. Minimal gak kalap lagi

bekal makan siang sangat membantu via www.weddingdigestnaija.com

Membawa makan siang dari rumah juga sangat berpengaruh lho dalam program penurunan berat badanmu. Selain hemat uang jajan dan uang makan, kamu juga tahu bahan-bahan apa saja yang kamu masukkan ke dalam tubuhmu setiap harinya. Kamu dapat mengontrol asupan lemak, protein dan sodiummu. Kalorinya lebih bisa kamu monitor sendiri, menu-menu sehatpun bisa kamu kreasikan. Sementara kalau membeli makan siang, kamu tidak bisa benar-benar tahu berapa asupan kalori yang sudah kamu makan hari itu.

13. Di tengah waktu kerja kamu juga bisa olahraga. Gerakan yang ringan-ringan saja

olahraga ringan dari meja kerjamu via www.huffingtonpost.com

Tidak ada alasan untuk tidak ‘berolahraga’ meskipun kamu bekerja atau bersekolah yang kegiatan sehari-harinya lebih banyak duduk di meja saja. Kamu bisa melakukan banyak kegiatan kecil seperti mengatur mejamu, merapikan buku atau dokumen, dan membersihkan lingkungan sekitar mejamu. Selain itu ada juga gerakan-gerakan sederhana yang bisa kamu lakukan sambil tetap berada di mejamu contohnya dengan melakukan yoga sederhana.

14. Tahu nggak kalau tertawa bisa membantumu melangsingkan badan?

tertawalah demi tubuh impianmu via radfemthunder.tumblr.com

Iya lho, tertawa yang sering disebut-sebut sebagai obat segala penyakit juga rupanya bisa membantumu menurunkan berat badan. Telah ada riset yang membuktikan kalau tertawa selama 10 sampai 15 menit sehari dapat membakar hingga 40 kalori! Kurangi kebiasaanmu untuk murung atau galau, nikmati hidup dan tertawalah saat kamu sempat.

15. Terkontrolnya berat badan juga bisa tercapai dengan tidur teratur dan tepat waktu

tidur malah membantu mengatur berat badanmu via mailovesbeauty.blogspot.com

“Jangan kebanyakan tidur, nanti jadi gembul!”

Ternyata pernyataan yang sering kita dengar itu tidak selamanya benar. Sebuah penelitian dari Universitas Pensylvania membuktikan bahwa tidur teratur dan tepat waktu ternyata bisa membantu mengontrol berat badanmu lho. Sebaliknya kurang tidur malah beresiko membuat bobotmu bertambah hingga 1,5 kg setiap minggunya. Sudahi kebiasaan burukmu untuk begadang ya!

Yang terpenting dari semua usaha di atas adalah jangan pernah menyerah!

Nah, ternyata kebiasaan-kebiasaan kecil yang baik dan sering kita sepelekan sebenarnya bisa membantu kita mencapai tujuan besar yang selama ini diidamkan.

Kalau kamu menanamkan kebiasaan hidup sehat di atas sebagai pola hidupmu mulai dari sekarang, berat badan ideal akan kamu dapatkan tanpa kesulitan berarti dan akan kamu pertahankan dengan sendirinya.