Urusan dapur memang gampang-gampang susah. Kalau kamu suka masak, dapur bisa jadi tempat pelarianmu untuk melepas stres. Sementara kalau kamu memang anti sama yang namanya masak, justru masuk dapur bisa bikin kamu tambah stres!

Tapi kita semua butuh makan, sehingga pengetahuan minimal tentang dapur itu adalah kewajiban. Nah, supaya kamu tak usah gentar, kali ini Hipwee akan membagikan rumus-rumus rahasia yang bakal bikin urusan dapurmu jadi lebih mudah dan praktis. Simak, yuk!

1. Kamu Bisa Lho Membuat Pisang Mentah Jadi Matang Hanya Dalam 24 Jam

Bahan sulapan pisang via www.realfoods.co.uk

Simpan pisang mentahmu di dalam tas kertas atau plastik tertutup, bersama dengan buah apel, tomat, atau pir utuh yang belum dipotong atau dikupas. Apel, tomat, dan pir akan mengeluarkan gas ethylene yang akan membuat pisangmu matang lebih cepat. Cek deh kalau udah sehari semalam. Pasti hasilnya kayak sihir… sim salabim, pisang mentah jadi matang. Atau kalau semaleman masih kurang cepat, masukin aja ke oven! Pisangmu bisa langsung matang.

2. Kalau Kamu Mau Pisangmu Tahan Lama, Ini Caranya

walaupun tinggal sendiri, gak keburu busuk kok kalau dimakan sendiri via media-cache-ak0.pinimg.com

Advertisement

Pisahkan buah-buah pisangmu dari tandannya, lalu bungkus ujung buahnya dengan plastik atau alumunium foil. Ujung pisang itu yang ngeluarin gas ethylene, makanya harus “dibekap”. Kalau mau menambah umurnya lagi, kamu bisa masukin pisangmu ke dalam kulkas.

3. Kalau Mau Tomat Tahan Lama, Jangan Masukin Kulkas! Simpan Tomat Di Suhu Ruangan Dalam Keadaan Terbalik

jadi pajangan alami via dianesfoodblog.files.wordpress.com

Dengan membalik tomat, kamu mencegah masuknya udara dari luka bekas petikan di dekat batang, sekaligus menghambat keluarnya kelembaban dalam buah yang bisa membuat tomatmu kempes.

4. Sayuran Untuk Lalapan Kayak Selada Itu Juga Ternyata Bisa Tahan Lebih Dari Seminggu Lho, Kalau Kamu Menyimpannya Seperti Ini

bisa pakai tupperware, atau mangkuk biasa yang ditutupi plastik via andthismarinewife.com

Letakkan paper towel atau tisu makan yang kasar-kasar itu di tempat penyimpanan sayuran hijaumu. Tisu itu bisa menyerap kelembaban yang bikin sayuran layu. Jadi, sayuran seperti selada masih bisa tetap crispy walaupun berumur lebih dari seminggu. Tapi jangan jadi malah tambah malas makan sayuran ya, mentang-mentang sekarang udah tahu caranya menyimpan sayuran biar tahan lama!

5. Kenapa Harus Mahal-Mahal Beli Sabun Khusus Buah dan Sayuran, Kalau Kamu Bisa Bikin Sendiri Dengan Mudah?

Dengan sedikit usaha, buah dan sayurmu jadi lebih aman untuk dimakan via www.listotic.com

Hanya dengan 3 bahan yang dapat ditemukan di manapun, kamu bisa bikin sabun cuci buah dan sayuran yang sama efektifnya dengan sabun-sabun khusus yang di jual di toko. Sabun dengan bahan-bahan alami ini juga jauh lebih aman untuk kesehatanmu dibandingkan sabun yang komposisinya gak bisa kamu eja.

6. Tahu Gak Sih Kalau Selama Ini Kamu Mengupas Jeruk Dengan Cara yang Salah?

Kukumu Gak Perlu Patah Lagi Gara-Gara Ngupas Jeruk

Gara-gara ngupas jeruk kemarin, harus ngerapiin kuku lagi deh via 2.bp.blogspot.com

Kalau Aja Kamu Tahu Trik Ini

Gak bakal lagi deh ngupas pake tangan via www.listotic.com

7. Terus Buat Apa Juga Repot-Repot Mengiris Semangka?

Padahal Ngiris Semangka Itu Bisa Semudah Ini Lho

Gak usah buang tenaga ngiris kulit tebalnya via www.listotic.com

Mengiris semangka itu identik dengan menguras tenaga karena buahnya besar dan kulitnya tebal. Tapi sebenarnya kamu gak harus lho memotong semangka sampai ke kulit-kulit tebalnya. Ikuti saja cara di atas untuk mendapat potongan semangka yang cantik.

8. Nah, Kalau Trik Ngupas Mangga, Udah Tahu Belum?

kotoran kulitnya juga cuma dikit via www.mango.org

Gak perlu deh kamu menguliti mangga kayak kamu mengupas apel. Mulai sekarang, iris saja bagian-bagian samping mangga di luaran bijinya. Nah terus bagian dagingnya kamu sisir pelan-pelan pakai pisau menjadi bentuk kotak-kotak gitu.

Ada beberapa orang yang membalikkan kulit mangga, terus dimakan begitu aja. Tapi kalau gak mau kotor, pakai saja sendok untuk menyendok daging mangga sampai bersih. Taruh piring, dan nikmati!

Atau Kalau Mau Lebih Seru, Coba Kupas Mangga Pakai Gelas

memang butuh latihan sih kalau cara yang ini via 1.bp.blogspot.com

Moncong gelas yang oval itu pas banget untuk ‘menyendok’ daging buah mangga keluar dari kulitnya dengan bersih. Mungkin pada percobaan pertama, kamu masih belum tahu angle yang tepat, halah ngeles, Tapi kalau sudah cukup latihan, mengupas mangga itu bakal semudah menciduk air.

9. Jangan Kira Memotong Makanan Cuma Bisa Pakai Pisau, Justru Buat yang Lembek-Lembek Mending Kamu Pakai Dental Floss

Kalau pakai pisau justru berantakan via www.listotic.com

Pernah gak kamu mencoba mengiris tahu sutera terus malah berantakan kemana-mana? Makanan-makanan lembek memang rada susah diiris gara-gara bentuknya yang gampang hancur. Maka dari itu jangan pakai pisau untuk mengiris makanan selembut itu. Pakai tali atau dental floss. Dijamin, lebih mulus hasil irisannya!

10. Udah Gak Jaman Lagi Kali Ngupas Bawang Putih Satu-Satu Pakai Pisau!

Jaman sekarang gak pake ngupas, adanya shake shake via www.listotic.com

Ini nih urusan dapur yang sering buat orang males masak: ngupas bawang putih! Apalagi kalau butuh banyak, males banget gak sih ngupas siung per siung pakai pisau?

Nah mulai sekarang kamu bisa deh tinggalkan cara kuno itu. Ambil aja piring dan tupperware. Gencet bawang-bawangmu dengan piring sampai kulitnya sedikit terkelupas. Terus masukkan ke dalam tupperware dan tinggal goyang-goyang aja. Voila, bawangmu sudah kepisah dari kulitnya.

11. Mengupas Jahe Juga Gak Usah Pakai Pisau

Ternyata jauh lebih gampang pakai sendok via www.listotic.com

Bentuk jahe yang gak beraturan suka buat kita malas untuk mengupasnya. Kalau pakai pisau, bisa-bisa jarimu malah kepotong saking berkelok-keloknya badan jahe. Pakai peeler juga susah karena ukurannya yang kecil. Nah pakai apa dong? Pakai sendok!

Kulit jahe itu gak sekeras yang kamu kira. Sisiran sendok aja udah cukup bikin kulitnya lepas. Apalagi lekukan sendok lebih sesuai dengan kelokan badan jahe daripada pisau.

12. Gak Perlu Khawatir Sama Buah yang Cepat Berubah Warna Abis Dikupas, Karena Kamu Sekarang Kamu Tahu Trik Ini

Asam Sitrat Bisa Buat Potongan Apelmu Tetap Putih

Selain gak berubah warna, bisa tambah seger juga via crystalcartierphotography.com

Cuma dalam waktu beberapa menit aja potongan-potongan apel yang belum sempat kamu makan pasti berubah warnanya jadi kecoklatan-coklatan gimana gitu… Kalau warnanya gak cantik gitu jadi malas gak sih makannya?

Nah, coba deh, trik ini. Rendam dulu irisan apelmu ke dalam air dingin yang sudah dicampur perasan atau potongan lemon, jeruk, atau jeruk nipis. Asam sitrat dan vitamin C dari buah sitrus akan memperlambat proses oksidasi yang menyebabkan apel berubah warna jadi cokelat. Cukup 5 menit aja, dijamin tampilan apel dan pir-mu tetap cantik untuk waktu yang lama.

Campuran Air Madu Juga Punya Khasiat yang Sama

Campuran 2:1 air:madu bisa membuat apelmu tampak segar via www.crunchyparenting.com

Selain bisa membuat apelmu tambah manis, madu ternyata punya kandungan peptida. Protein peptida dalam madu memiliki efek yang sama dengan asam sitrat untuk memperlambat proses oksidasi. Jadi, campurkan saja air madu dengan buahmu supaya kulitnya tak menjadi cokelat!

Air Es Juga Bisa Mempertahankan Warna Potongan Kentang

Biar gak cepet coklat via hellohomebody.files.wordpress.com

13. Ada Lho Hal yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Memotong Atau Memeras Lemon

Sayang kalau masih banyak kesisa, lemon kan mahal via www.listotic.com

Gerakan menggulung-gulung buah lemon, jeruk, atau jeruk nipis punya dampak melepaskan sari-sari yang tersembunyi di bawah kulitnya. Apalagi lemon yang kulitnya tebal, gerakan ini wajib hukumnya sebelum kamu memotong lemon. Kalau mau yang lebih ekstrem lagi, kamu bisa panggang lemonmu di dalam oven selama 10-20 detik. Dijamin sari atau jusnya akan keluar lebih banyak.

14. Walaupun Tiap Hari Kamu Makan Telur, Belum Tentu Kamu Tahu Trik-Trik Ini!

A. Sebelum Dimasak, Pastikan Dulu Telurmu Masih Layak Buat Dikonsumsi

Kalau sudah ngambang, buang saja via www.listotic.com

Semakin lama umur telur, semakin besar kantung udara yang ada di dalamnya. Gara-gara udara yang terkumpul itu, telur yang sudah lama bakal mengambang kalau dicemplungkan ke air. Kalau udah mengambang, tandanya telur itu sudah gak layak dikonsumsi.

B. Nyebelin Gak Sih Kalau Mecahin Telur Pasti Ada Kulitnya Yang Ikut Nyemplung

bisa kayak magnet, emang kulit-kulit telur itu ditakdirkan bersama. Gak dicampuri tangan manusia via www.listotic.com

Gak usah deh susah-susah ngambil sendok atau nyemplungin tanganmu yang gak higienis untuk ngambil pecahan kulit telurnya. Gunakan saja pecahan kulit lainnya. Cara ini lebih gampang karena ternyata kulit-kulit telur itu bisa kayak magnet, saling menarik satu sama lain. Jadi, kamu gak perlu ngobok-ngobok telur yang mau dimasak.

C. Memisahkan Kuning Telur Pun Gak Sesusah yang Kamu Bayangkan Kok

Hisap kuning telurmu pakai botol via 2.bp.blogspot.com

Tinggal siapkan botol plastik kosong untuk menghisap kuning telurmu. Remas botol kosongmu untuk menghilangkan udara di dalamnya. Lalu, dekatkan botol ke kuning telur. Nah waktu udara mulai mengisi kembali bagian botol yang kosong, kuning telur juga bakalan ikut kesedot oleh dorong udara itu. Jadi semacam vacuum cleaner khusus kuning telur gitu deh.

D. Cara Mudah Untuk Bisa Ngerebus Telur yang Bulat Sempurna

tusuknya jangan terlalu dalam via www.rurallyscrewed.com

Dengan menusukkan paku pin ke ujung bagian telur yang lebar, kamu bisa mengeluarkan kantung udara yang membuat bentuk telur tidak bulat sempurna. Tusukan itu juga akan menyebabkan keretakan-keretakan kulit yang lebih banyak, jadi nantinya kalau telur sudah matang akan jauh lebih mudah untuk dikupas.

E. Ngupas Kulit Telur Rebus Itu Juga Gak Harus Jadi Siksaan Lho

Mau bisa ngupas kulit telur rebus pakai sekali tiup kayak gini

Kamu bisa campurkan satu sendok teh baking soda dalam rebusan telurmu. Lalu setelah matang, lubangi sebagian kecil dari kulit atas dan bawah telur. Nah tinggal tiup deh. Dijamin telurmu bakal langsung ‘loncat’ dalam keadaan telanjang dari kulit.

Atau…

hasil bergoyang bersama via 2.bp.blogspot.com

Kalau kamu masak telur dalam jumlah banyak, setelah matang kamu bisa menggoyang-goyangkan telur-telur tersebut dalam satu panci. Telur-telur yang bergoyang bersama itu bakal buat retak kulit-kulit mereka. Jadi, kamu gak usdah repot-repot mengupas telur satu-satu.

F. Buat Telur Orak-Arik Dalam Cangkangnya?! Bisa… Bisa…

dicampur dari dalam via cdn.instructables.com

Kamu perlu persiapan khusus untuk membuat telur yang kerap kali disebut golden egg sama orang-orang Jepang ini. Pertama, siapkan stocking atau lengan baju. Masukan telur mentah ke tengah-tengah stocking atau lengan bajumu. Lalu ikat ujung-ujung telur dengan tali atau karet. Nah sekarang putar telur dengan pegangan stocking atau lengan panjang bajumu. Gerakannya seperti skipping rope gitu. Setelah 10-15 menit, rebus telur itu. Kamu bisa menikmati telur orak-arik langsung dari cangkangnya.

15. Kalau Tahu Cara Ini, Rebusan Kaldumu Gak Bakal Tumpah-Tumpah dan Perlu Diaduk Terus

Biar ditinggal, rebusanmu gak bakal banjir keluar via www.listotic.com

Pasti kamu sering kan harus ngaduk rebusan mie atau kaldu supaya air nya gak membludak keluar kan? Gak bisa ditinggal! Apalagi kalau apinya besar, lebih cepat lagi naik ke atas. Alhasil kamu harus pakai api kecil. Nah itu nunggunya lebih lama lagi.

Coba kamu taruh spatula kayu di atas pancimu. Kamu pasti terheran-heran karena airnya bisa tetap dalam panci walaupun kamu gak ngaduk sekalipun. Penjelasan ilmiahnya sih Hipwee gak begitu ngerti, tapi yang pasti sendok kayu itu memecahkan balon-balon udara yang sampai di permukaan atas panci. Jadi udara yang memberi tenaga air buat naik ke atas itu gak bakal melewati batas panci. Tapi sendok atau spatula besi gak bakal punya efek yang sama lho. Soalnya bahan-bahan itu terlalu cepat panas.

16. Gak Mau Sendokmu Bengkok Gara-Gara Es Krim di Freezer Jadi Batu?

hiks hiks hiks kan udah gak sabar lagi, harus nunggu berapa lama.. via s3-ec.buzzfed.com

“Ini kenapa sih es krimnya keras kayak batu?”

Mungkin gara-gara nyimpannya gak begini..

Tetap lembut kayak waktu pertamakali beli via www.listotic.com

Walaupun ada freezer di rumah, es krim literan yang kamu beli minggu lalu pasti sudah gak senikmat sewaktu kamu pertama beli. Mau disendok keluar juga susah banget karena kerasnya sudah kayak batu.

Nah, sebenarnya ada cara sederhana yang bisa membuat es krimmu seenak dan selembut sebelumnya. Siapkan aja plastik ziplock atau plastik dengan klep bukaan yang kedap udara. Upayakan untuk mengeluarkan udara sebanyak mungkin dari plastik yang diisi es krim tersebut untuk hasil optimal.

17. Es Batumu Bisa Lebih Cantik Kalau Airnya Direbus Dulu

kalau bening kan juga bisa buat ngaca! via mixingglass.files.wordpress.com

Mau es batumu jadi bening biar nggak sekelam hidupmu? Rebus dulu air yang akan kamu bekukan. Walaupun kamu pakai air mineral yang sudah aman diminum, proses merebus air bakalan bisa lebih banyak menghilangkan kandungan gelembung udara dalam air. Nah gelembung-gelembung itulah yang kalau membeku akan menjadi keputih-putihan. Jadi kalau mau es batumu cantik, rebuslah airmu terlebih dahulu.

18. Kamu Gak Akan Lagi Beli Frozen Yogurt Mahal, Kalau Tahu Bagaimana Mudahnya Buat Versi Rumahnya…

Rasanya juga gak kalah lagi via www.listotic.com

Beli aja minuman yogurt dengan bentuk cup yang sering kamu temui di mini market terdekatmu. Mereknya sesuai selera masing-masing lah. Lalu, tanam batang es krim kayu (banyak di jual di toko rumah tangga) di atasnya kayak sedotan. Nah, tinggal masukin ke freezer deh. Kamu bakal bisa menikmati frozen yogurt dengan harga miring dan minim usaha, dengan rasa yang bisa bersaing dengan versi mahalnya di mall.

19. Ide Lucu yang Bisa Buat Minuman Dinginmu Bebas Lalat

berasa di restoran

Pasang aja mangkuk roti kertas yang biasanya digunakan untuk memanggang bolu di atas gelasmu. Terus, bolongi mangkuk kertas itu dengan sedotan. Dijamin minumanmu gak bakal dihinggapi lalat. Jadi ‘kan bisa segar lebih lama.

Wah udah berasa di pinggir pantai, menikmati minuman yang ada payung-payungnya itu lho!

20. Punya Banyak Makanan Atau Minuman Sisa? Lihat Deh Apa yang Bisa Kamu Awetkan di Baki Es Batu!

A. Saus Pasta

pasti aja ada sisa saus, kalau buat spagheti sendirian via www.listotic.com

Pasti sering kebanyakan bikin saus pasta kan?! Terutama kalau tinggal sendiri,,hiks. Gak usah repot-repot manasin di panci setiap malam. Dengan membekukan sisa saus pasta di cetakan es batu, kamu bakal bisa menikmati hidangan pasta yang rasa sausnya masih segar sampai berminggu-minggu.

B. Daun-Daunan Untuk Bumbu Dapur

sayang kalau dibuang, malas juga kalau harus beli dikit-dikit via www.listotic.com

Nah, daun-daunan bumbu seperti seledri, peterseli, rosemary, dan lain sebagainya ternyata bisa kamu awetkan untuk waktu yang lama lho. Gara-gara harganya yang juga gak murah, cara ini pasti berguna banget. Bekukan saja daun-daunan itu dalam minyak zaitun atau minyak pilihanmu. Kamu jadi bisa pakai bahan-bahan ini kapanpun tanpa harus lari ke supermarket tiap kali masak.

C. Minuman Apapun Sisa Pesta Semalam

buat es kopi gak pernah segampang ini via delightfulemade.com

Bekukan sisa kopi kemarin malam dalam cetakan es. Besok siangnya, kamu bisa menikmati es kopi dengan sangat mudah. Tinggal tuang susu dingin terus cemplungin balok-balok es kopi. Kalau biasanya kamu harus nunggu kopinya dingin dulu, dengan cara ini es kopi bisa dibuat dengan instan deh. Cara ini juga bisa kamu terapkan untuk minuman apapun.

Pada dasarnya, makanan atau minuman apapun bisa dibekukan untuk mendapatkan masa pakai yang lebih lama. Jadi ya pintar-pintar aja, biar kamu gak buang-buang makanan yang sebenarnya masih bisa diselamatkan.

21. Buka Tutup Toples yang Macet Itu Gak Butuh Otot, Tapi Otak

tambah gaya gesek lewat karet via www.listotic.com

Pasti pernah ‘kan menghadapi tutup toples yang tiba-tiba susah dibuka? Kamu pun kelimpungan mencari orang yang punya otot untuk minta tolong. Tapi sebenarnya kalau kamu tahu trik ini, satu-satunya yang kamu butuhkan adalah karet gelang. Lingkarkan karet gelang tepat di bawah tutup toples. Karet gelang bakal nambah gaya gesek yang dibutuhkan untuk membuka tutup itu.

Nah, kalau pakai karet gelang masih susah, coba ambil sarung tangan karetmu untuk nambah gaya gesek lagi, dijamin pasti tutupnya lebih gampang kebuka.

Gimana nih ide-ide lucu yang bisa kamu praktikan di dapur ini? Semua rumusnya gampang dan praktis, ‘kan? Dan yang pasti, semua bisa membuat aktivitasmu di dapur jadi tambah seru. Silakan dicoba! 😉