Hampir semua perempuan pasti ingin punya tubuh langsing agar terlihat menarik. Sayangnya, banyak dari mereka harus usaha ekstra-keras buat menjaga tubuh tetep langsing, mulai dari diet ketat, minum macem-macem jamu pelangsing, sampai yang nggak pernah absen ngegym.

Tau nggak sih kalau sebenarnya ada cara-cara sepele alias sederhana buat tetep langsing? Nggak percaya? Yuk, simak tips-nya disini!

1. Jangan Menyiksa Diri Sendiri

langsing tapi jangan menyiksa diri sendiri via seeekupp.wordpress.com

Girls, langsing bukan berarti kamu nggak boleh makan apa-apa lho! Kamu boleh kok makan apa aja yang kamu suka, tapi pilih salah satu aja. Menurut Amy Shapiro MS, RD, CND dari Real Nutrition NYC, satu-satunya alasan kenapa makanan bisa bikin gendut adalah porsinya.

2. Makan Sampai Puas, Bukan Sampai Kenyang!

Advertisement

makan sampai puas via snacktherapy.com

Kalau menurut penulis buku tentang etika, Emily Post, kita harus makan dengan sopan. Caranya, letakkan garpu setiap sekali suapan. Dengan cara ini kamu juga bisa tahu kapan kamu merasa puas dan harus berhenti makan sebelum kekenyangan.

3. Harus Ada Sayur Di Piringmu

jangan lupa makan sayur via sliceofnutrition.blogspot.com

Sayuran itu mengandung serat dan air yang penting banget buat metabolisme tubuh lho! Jadi, makan sayur setiap hari — kalau bisa tiga kali sehari.

4. Pesan Porsi Kecil

pesan porsi kecil via www.brainstrom.org

Menurut Stephanie Middleberg, MS, RD, CDN dari Middleberg Nutrition, kalau ada pilihan mau porsi besar atau kecil, sebaiknya kamu memesan porsi yang kecil.

5. Pahami Dirimu Sendiri

ngemil, tapi jangan kelewatan via dietpill-reviews.co.uk

Kamu pasti sering nggak tahan pengen ngemil ‘kan? It’s okay girls, tapi pastikan kamu milih salah satu aja ya, apakah permen, kacang, atau keripik. Yang pasti, batasi porsinya, jangan sampai kelewatan!

6. Kalau Lagi Dine Out, Makan Salad Atau Sup Sebelum Makanan Utama

makan salad dan sup via www.foodnetwork.ca

Kalau kamu tanya alasannya kenapa, salad dan sup ternyata bisa membuatmu merasa kenyang sekalipun makanan-makanan itu rendah kalori. Nah, kalau udah kenyang, kamu pasti nggak akan menghabiskan hidangan utamanya.

7. Jangan Rakus!

duh, jangan rakus ya via imgfave.com

Aturannya sih sederhana aja, kalau pengen tetep langsing, kamu nggak boleh rakus. Misal ada roti, minuman ringan, puding, atau makanan penutup di meja makan, please jangan dimakan semua!

8. Sisakan Makananmu

sisakan makananmu via acrossthefader.org

Khusus buat yang sering makan di luar nih, pasti nggak asing dong ya sama nasi goreng atau nasi Padang yang porsinya suka kelewatan. Pasalnya, mereka memang menghidangkan porsi makanan untuk umum, nggak peduli laki-laki atau perempuan, dan langsing atau gemuh. Nah, supaya tetep langsing, sebaiknya sisakan 1/4 porsi makananmu. Kalau kamu nggak mau merasa bersalah karena dikira buang-bungan makanan, kasih aja ke temen atau dibungkus buat dibawa pulang.

9. Banyak Minum Air Putih

banyak minum air putih via blog.paleohacks.com

Percaya nggak percaya, ada lho orang-orang yang nggak bingung membedakan antara lapar dan haus. Menurut Shapiro, minum 8 gelar air putih per hari bisa membantumu tetap langsing. Bisa juga tambahkan lemon untuk memberi rasa dan sumber vitamin C.

10. Menjaga Pola Makan 24 Jam

jaga pola makan 24 jam via blog.myfitnesspal.com

Menjaga pola makan itu harus konsisten 24 jam nonstop. Jangan sampai kamu hanya disiplin di siang hari tapi mulai makan sembarangan di malam hari. Percaya deh, usaha biar tetep langsing bakal gagal total!

11. Jangan Makan Di Depan TV

stop, jangan makan di depan tv! via ashtonsteele.com

Nah lho, siapa yang punya kebiasaan makan di depan TV? Menurut Shapiro, makan di depan TV cenderung membuatmu nggak sadar apa aja dan berapa banyak yang udah kamu makan. Kalau memang merasa masih lapar, pilih camilan rendah kalori seperti popcorn dan buah untuk menemanimu ketika nonton TV.

12. Makan Camilan Sebelum Kondangan

makan camilan sebelum kondangan via www.weddingandpartynetwork.com

Guys, jangan sampai kalap ketika dateng ke nikahan temen atau acara lainnya. Sekalipun di sana banyak makanan yang bikin kamu ngiler, sebaiknya tahan diri. Salah satu cara yang sederhana yang bisa kamu coba adalah makan camilan sebelum berangkat ke acara itu.

13. Siapkan Camilan Di Tas

siapkan camilan via www.hartsspace.com

Kamu nggak pernah tahu kapan rasa lapar menyerang. Misalnya, ketika jalan-jalan di mall kamu bisa langsung belok ke restoran fast food tanpa pikir panjang. Sebaiknya, siapkan snack sehat di dalam tas! Kamu bisa siapkan snacks bar atau buah potong buat menangkal rasa lapar kapan saja.

14. Jangan Minum Kalori

Ketika merasa haus, kamu nggak disarankan minum soda, jus, atau bahkan susu. Pasalnya, minuman-minuman itu mengandung jumlah kalori yang cukup tinggi. Usahakan untuk selalu minum air putih ya..

15. Belajar Jadi Vegetarian

belajar jadi vegetraian via www.mindbodygreen.com

Middleberg sebagai ahli nutrisi menyarankan supaya kamu belajar jadi vegetarian dan mulai mengurangi asupan protein hewani.

16. Pilih Makanan Berserat

pilih makanan berserat via blogs.extension.iastate.edu

Misalnya, kamu bisa memilih roti gandum daripada yang berbahan dasar terigu. Gandum dan biji-bijian lainnya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh sehingga membuatmu kenyang lebih lama. Selain itu, gandum juga menjaga kadar gula dalam darah.

17. Rutin Sarapan

usahakan rutin sarapan via secretsmagazine.com.au

Penelitian membuktikan bahwa sarapan bisa membantu metabolisme tubuh dan mencegah seseorang makan lebih banyak di malam hari.

18. Olahraga Minimal 3 Jam Seminggu

jangan lupa olahraga via www.livelovesmall.com

Bagaimanapun, kamu tetap wajib berohraga paling nggak 3 jam dalam seminggu. Pergi ke gym, lari pagi keliling komplek atau jalan kaki ke tempat kerja bisa jadi alternatif olahraga yang bisa kamu pilih.

19. Tapi, Olahraga Bukan Segalanya!

olahraga tapi tetap jaga pola makan via www.theguardian.com

Merasa sudah rutin berolahraga bukan berarti kamu boleh makan sembarangan setelahnya. Tetap jaga pola makan supaya waktu dan tenaga yang kamu gunakan untuk berolahraga nggak jadi sia-sia.

20. Hindari Menu Makan Malam Yang Nggak Seimbang

menu makan malam harus seimbang via www.jambarteambuilding.com

Perhatikan jumlah kalori, asupan karbohidrat, vitamin, dan mineral dalam menu makan malammu. Jika kamu sudah selesai makan sepiring nasi goreng, jangan coba-coba melirik es krim atau yoghurt di kulkas!

21. Makan Sebelum Tidur? No Way!

jangan makan sebelum tidur via ethnichealthcourt.com

Makanan mengandung kalori yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber tenaga. Tidur memang tetap butuh tenaga, tapi nggak sebanyak yang akan kamu dapat dari makanan sebelum tidurmu itu.

22. Please, Jangan Jadi Tong Sampah

jangan jadi tong sampah via www.multivu.com

Kamu: Loh, nasi-nya kok nggak abis?
Temen: Udah kenyang banget! Makan aja kalau mau.
Kamu: Ya udah sini, daripada dibuang.

Hentikan perilaku macam ini, please! Kamu bukan tong sampah. Menjaga berat badanmu sendiri juga tak kalah penting dari memastikan bahwa makanan nggak mubazir.

23. Taruh Camilanmu Di Piring

Tips yang satu ini emang sepele banget. Jangan sekali-kali makan camilan langsung dari bungkusnya, tapi taruh camilanmu di piring. Dengan begitu kamu akan sadar sudah berapa banyak yang kamu makan dan kapan harus berhenti ngemil.

24. Jangan Lemah!

jangan turuti perutmu via dietexpertnj.wordpress.com

Kamu nggak boleh lemah dan menuruti perutmu yang seperti merasa lapar setiap satu jam. Ingat, cukup makan tiga kali dalam sehari, sedikit camilan, dan biarkan tubuhmu punya waktu untuk mencerna makanan.

25. Jauhi Pemanis Buatan!

jauhi pemanis buatan via abcnews.go.com

Faktanya, pemanis buatan hanya akan membuat kamu lebih mudah lapar, kembung dan gampang lelah. Cukup satu sendok gula atau madu untuk secangkir teh manis sebagai sumber energi di pagi hari.