Kesibukkan yang menyita waktu membuatmu cukup sulit membagi diri untuk hal lain. Salah satu hal yang sejak lama kamu inginkan saat sudah bosan dan lelah sehari-hari yaitu me time. Kegiatan satu ini biasanya berupa perawatan diri yang kamu lakukan di salon. Kondisi cuaca panas dan aktivitasmu yang sering outdoor menyebabkan kesehatan rambut kurang terawat. Oleh sebab itu, berbagai jenis perawatan rambut di salon kamu coba, mulai dari creambath, hair spa, hingga hair mask.

Karena sudah lelah dan ingin segera memulai perawatan, kamu asal saja menyebut perawatan rambut. Padahal, setiap jenis perawatan memiliki tujuan, bahan, dan langkah-langkah berbeda karena disesuaikan kondisi rambut. Untuk itu simak 4 fakta creambath, hair spa, dan hair mask supaya kamu tahu perbedaannya dan nggak asal memilih lagi.

1. Sama-sama menyehatkan rambut, namun memiliki perbedaan dari bahan krim yang digunakan. Hair spa mirip creambath, hanya saja krimnya lebih kaya vitamin

hampir sama, tapi ada bedanya via kura2guide.com

Pada dasarnya, krim yang digunakan creambath, hair spa, dan hair mask memiliki khasiat yang baik bagi rambut. Namun dari ketiga perawatan rambut itu ada perbedaannya, yakni krim hair spa kandungannya lebih kaya vitamin dibanding creambath. Hal ini karena masalah yang diperbaiki creambath lebih umum dan belum ‘terkena’ rebonding atau pengkriting rambut. Krim creambath biasanya mengandung bahan-bahan tradisional, seperti berbagai buah dan sayur. Jika kondisi rambutmu masih tak terlalu masalah, silakan pilih creambath. Tapi misalnya sangat rusak, Hipwee Tips sarankan piih hair spa saja karena formula krimnya lebih terpilih.

2. Creambath itu bisa untuk perawatan rambut yang masalahnya masih taraf wajar. Baik untuk rambut yang belum terkena rebonding atau diwarnai. Sedangkan hair spa lebih ditujukan untuk rambut rusak dan sering di-rebonding

untuk rambut rusak via www.indoindians.com

Advertisement

Masalah rambut rusak yang sering di-rebonding atau diwarnai bisa kamu atasi dengan hair spa. Perawatan ini memang ditujukan untuk menyehatkan masalah rambut rusak. Beberapa di antaranya yaitu rambut kering, kusam, berminyak, dan kaku. Di sisi lain, creambath diperuntukkan buat rambut yang masalahnya masih taraf wajar. Oleh karena itu, creambath hanya bisa memengaruhi lapisan rambut terluar (kutikula) dan tidak mencapai ke bagian lapisan rambut lebih dalam (korteks). Hal ini tentu berbeda dengan khasiat hair spa yang bisa menjangkau korteks.

3. Buat kamu yang rambutnya rontok parah, silahkan pilih hair mask. Perawatan ini memang untuk menangani masalah rambut rontok

khusus rambut rontok via tabloidnyata.com

Ketika rambutmu mengalami kerontokan yang cukup parah, hal itu bisa diatur menggunakan jenis perawatan hair mask. Ya, hair mask memang bertujuan untuk mengatasi rambut rontok, terutama akibat rebonding atau pengkriting rambut. Kandungan bahan di dalam masker mampu mengembalikan kesehatan alami rambut kamu. Rambut kamu akan lembap, mengkilap, dan mudah diatur.

4. Adanya relaksasi berupa pijatan adalah hal yang kamu mau saat sedang lelah. Kamu bisa menikmati relaksasi itu pada creambath dan hair spa

tidak ada pijatan via www.huffingtonpost.ca

Salah satu hal yang membuatmu merasa fresh setelah melakukan perawatan rambut yaitu relaksasi berupa pijatan. Rasa lelah dan kesal dengan kondisi rambut dapat menghilang seketika. Untuk merasakan pijatan ini, kamu bisa memilih perawatan creambath dan hair spa. Frekuensi pijatannya lebih banyak creambath dibanding hair spa. Sedangkan hair mask sama sekali tidak ada pijatan supaya tak membuat rambut makin rontok. Tapi, kamu masih bisa merasakan pijatan-pijatan pada bagin tubuh seperti leher, bahu, dan sedikit bagian punggung. Karena ketiga jenis perawatan rambut ini dilengkapi dengan relaksasi yang nggak cuma untuk rambut, tapi juga bagian tubuh lainnya.

Sesibuk-sibuknya kamu beraktivitas, paling tidak kamu tetap meluangkan waktu untuk me time. Meski terdengar sepele, me time itu perlu supaya pikiran dan fisik segar sejenak. Bahaya juga jika kamu terus-menerus menyibukkan diri dan tidak beristirahat. Bisa saja masalah rambut yang sejak lama sudah ada makin parah, terutama selalu asal memilih jenis perawatannya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya