Mungkin kamu akan berpandangan sinis ketika melihat sekumpulan orang tertawa terbahak-bahak di sebuah kafe, atau kamu beranggapan bahwa menonton standup comedy adalah buang-buang waktu, dan OVJ adalah acara paling tidak bermutu di dunia. Atas alasan ingin dikenal sebagai orang yang lebih intelek kamu pun memutuskan mengganti channel ke acara yang dianggap lebih “bermutu.” Debat antar pengacara atau acara berita, misalnya.

Namun, nyatanya acara debat tersebut tidak lebih bagus dari acara lawak. Waktu malam yang sebaiknya kamu gunakan untuk istirahat dan merilekskan pikiran malah membuatmu dijejali dengan debat kusir yang tak jarang menimbulkan emosi dan ketegangan.

Hidup terlalu serius dan minim tawa bisa membuatmu jadi manusia merana. Jika kamu adalah tipe manusia yang susah menemukan kelucuan di balik keseriusan kali ini Hipwee akan memaparkan sejumlah alasan serius kenapa mulai detik ini kamu perlu lebih banyak tertawa.

1. Masalah pasti datang silih berganti. Tapi tertawa akan memberimu sudut pandang lain dalam permasalahan yang sedang dihadapi

Sehingga membuat dirimu menjadi lebih optimis dalam menjalani hidup. Dengan ini kamu otomatis akan jadi jarang merasa sedih, khawatir, dan depresi. Menghadapi masalah pelik karena kehabisan uang yang seharusnya digunakan untuk bayar kuliah? Daripada bingung dan cemberut (yang juga tidak akan menyelesaikan masalah) — tertawa saja.

Dengan atau tanpa tertawa masalah yang sama akan tetap ada. Hanya saja setelah tertawa masalah itu akan lebih ringan dirasa.

Advertisement

Bill Cosby, seorang standup comedian via www.mashable.com

“Jika kamu mampu menertawakan permasalahan yang sedang kamu hadapi, maka kamu akan mampu melewatinya”

Bill Cosby – Standup Comedian

2. Tertawa bisa mendekatkan hubunganmu dengan teman. Dengan tawa yang dibagi bersama keakraban akan semakin terasa

Hipwee yakin jika kamu sering menertawakan hal-hal konyol yang pernah kamu dan sahabatmu lakukan. Misalnya saja ketika kalian pertama kali iseng-iseng masuk club dengan menggunakan celana pendek, dan diusir satpam karenanya? Atau ketika kamu dan dia naksir pada cowok yang sama dan berusaha menarik perhatiannya dengan cara konyol?

Dengan menertawakan hal yang sama kedekatan itu akan terbentuk dengan sendirinya. Kalian akan merasa lebih dekat tanpa perlu banyak usaha.

Persahabatan dan Tertawa via www.tumblr.com

“Tertawa adalah jarak terpendek diantara dua orang”

Victor Burge – Musisi

3. Tertawa akan membuatmu merasa bebas. Lewat tawa kamu bisa melepaskan perasaan-perasaan negatif yang terpendam.

Tertawa akan melepaskan perasaan-perassan negatif via www.telegraph.co.uk

Jika selama ini kamu selalu menyembunyikan perasaanmu terhadap orang lain, dengan tertawa, kamu bisa melepaskan sebagian beban yang ada di benakmu. Alasan ini diperkuat dengan adanya penelitian bahwa tertawa terbukti secara ilmiah mampu menurunkan tekanan darahmu.

Seperti kita tahu, tekanan darah yang tinggi dapat dipicu oleh stress yang berlebih, hal ini sering terjadi pada mereka yang memiliki beban pikiran yang hebat. Banyak orang diluar sana yang menderita penyumbatan pembuluh darah, hingga menyebabkan stroke karena terlampau stres memikirkan masalah hidup.

Oleh karena itu, bila sekarang kamu dipusingkan dengan berbagai masalah yang melanda, cobalah sesering mungkin menonton acara-acara komedi yang banyak disiarkan di televisi.

4. Mulai sekarang, sering-seringlah tertawa karena jika kamu bisa bahagia, maka tertawa akan bisa membuatmu awet muda.

Tertawa akan membuatmu awet muda via www.lifehack.org

Tertawa akan mengurangi hormon stress di tubuhmu, karena dengan tertawa hormon endorphin akan dilepaskan. Endorphin adalah hormon kebahagiaan yang akan membuatmu menjadi lebih nyaman. Fakta mengenai pentingnya hormon endorphin dalam kesehatan pernah diulas oleh Dr. Shigeo Haruyama dalam bukunya yang berjudul The Miracle of Endorphin.

Haruyama menjelaskan bahwa otak manusia yang sedang tertawa bisa melepaskan senyawa-senyawa yang mirip dengan morfin. Di samping dapat meningkatkan suasana hati, kerja farmaseutikalnya juga sangat luar biasa. Antara lain membantu memperlambat proses penuaan dan memperkuat penyembuhan diri sendiri.

5. Tertawa adalah salah satu olahraga terbaik. Ia bisa meningkatkan saluran pernafasan, dan melancarkan aliran darah di tubuhmu.

Seperti dikemukakan dari laman Cnet, bahwa tertawa dapat menjadi salah satu alternatif olahraga yang baik. seorang pendiri Laughter Yoga bernama Dr. Madan Kataria, mengemukakan bahwa tertawa dapat menarik otot perut, sehingga tertawa hampir sama dengan melakukan latihan perut. Riset juga membuktikan bahwa mereka yang tertawa 100 kali akan sama hasilnya dengan berolahraga menggunakan sepeda statis selama 15 menit. Tertawa dengan puas sama artinya dengan latihan untuk seluruh bagian tubuhmu.

Itulah beberapa hal mengenai manfaat tertawa yang baik untukmu. Jadi mulai hari ini, sering-seringlah menonton acara komedi seperti  Indonesia Lawyer Club  Indonesia Lawak Klub untuk lebih menghibur dirimu.

Masih kurang alasan kenapa kamu harus mulai tertawa hari ini?