Buat kamu yang nggak mau dompet merana, telunjuk.com mempersembahkan artikel ini.

Buat beberapa orang belanja memang menciptakan rasa bahagia. Ada perasaan puas selepas mampu membeli barang yang sudah diidamkan sekian lama. Apalagi kalau berhasil membeli barang yang murah diantara barang setipe lainnya. Happy dan puas banget deh rasanya!

Tapi kegiatan yang satu ini juga kadang jadi sumber kebangkrutan yang tidak bisa dihindari. Jika tidak hati-hati kebiasaan belanja bisa mengakuisisi dana yang sudah disiapkan untuk kebutuhan lain selama ini. Nah, agar hal ini tidak terjadi kali ini Hipwee dan telunjuk.com menyiapkan 5 cara belanja yang aman buat dompetmu.

1. Belanjalah setelah kenyang. Jangan biarkan perut lapar bikin kamu kalap dan lapar mata

Jangan sampai lapar terus kalap. Sebelumnya pastikan kamu makan dulu via tumblr.com

Menurut beberapa penelitian hasrat belanja juga terhubung dengan rasa lapar di perut. Semakin kamu belanja dengan perut kosong, semakin besar pula kemungkinanmu untuk ‘kalap’ dan lapar mata. Karena itu, sebenarnya disarankan untuk belanja setelah makan sebelumnya.

Diakui atau tidak, cara ini memang cukup masuk akal. Dengan perut kenyang pilihan yang kamu ambil akan jauh lebih rasional. Nggak ada lagi rasa terburu-buru dan perasaan, “Ya udah deh ambil aja.” saat melihat barang incaran. Perut yang kenyang membuatmu berpikir dan memutuskan dengan jauh lebih tenang.

2. Ajak teman yang kritis untuk jadi pengingat. Terutama kalau kamu susah berhemat

Kalau memang susah berhemat jangan belanja sendirian via tumblr.com

Mengendalikan hasrat belanja sendiri memang kadang sulit dilakoni. Tidak jarang kita butuh orang lain untuk jadi voice of reason dalam kegiatan belanja. Bukan berarti kita nggak bisa menahan hasrat loh ya — tapi memang kadang pendapat orang lain jauh lebih netral dan mudah diserap saat memberikan saran.

Saat kamu merasa susah mengendalikan keinginan belanja dan susah berhemat, coba deh ajak teman yang terkenal irit dan vokal untuk jadi partner belanja. Dia ini bisa memberikan saran barang mana yang layak dibeli, barang mana yang sebaiknya dihindari.

Jangan kaget kalau selama proses belanja dia memberikan berbagai sarannya: “Eh, yakin lu mau beli ini? Nggak kemahalan? Udaaah…beli online aja ini, kayaknya lebih murah.”

3. Kurang nyaman kalau belanja bareng teman? Nggak punya teman yang bisa diandalkan? Cek telunjuk.com aja sebelum belanja

Cek telunjuk.com sebelum belanja buat cari pembanding di sana via tumblr.com

Kalau memang kamu nggak punya teman yang bisa ‘diboyong’ saat belanja, sekarang ada kok cara serupa tapi lebih praktis untuk dilakukan. Sebelum kamu memutuskan keluar rumah dan datang ke berbagai pusat perbelanjaan, cek dulu aja harga barang itu di berbagai marketplace online.

Nggak perlu takut ribet karena harus mengecek seluruh marketplace satu persatu. Karena telunjuk.com sekarang bsia membantumu. Lewat telunjuk.com kamu bisa punya kesempatan untuk membandingkan harga dari beragam marketplace yang ada. Sebut aja nih, kamu pengen beli iPhone 6. Tinggal ketik iPhone 6 di kolom pencarian telunjuk.com — kamu udah bisa menemukan komparasi harganya. Klik beli, langsung deh kamu ter-direct otomatis ke laman marketplace tujuan.

Nggak cuma membandingkan harga saja. Telunjuk.com juga dengan baik hati memberikan info soal voucher dan promo yang sedang berlangsung di marketplace itu. Ucapkan selamat tinggal pada usaha-tanya-teman-untuk-mencari-referral-code. Lewat telunjuk.com semua udah ada!

4. Merasa susah mengendalikan diri? Belanja di akhir bulan bisa jadi pilihan

Susah mengendalikan diri? Belanja saja di akhir bulan via tumblr.com

Kalau kamu susah menahan hasrat comot sana-sini saat belanja, coba deh mengubah pola belanja dari awal bulan ke akhir bulan. Cara ini membuatmu tahu berapa banyak uang yang sebenarnya bisa dibelanjakan bulan itu.

Kamu juga nggak lagi perlu was-was saat harus membayar di kasir. Kan udah akhir bulan, sebentar lagi gajian — dan uang yang bisa dibelanjakan saat itu juga nggak banyak-banyak amat sih :p

5. Lebih baik survey sana-sini dulu sebelum membeli. Selain lebih hemat, jelas ada kepuasan di hati

Selain hemat, ada kepuasan di hati via tumblr.com

Nggak ada salahnya membandingkan harga lebih dulu sebelum memutuskan membeli suatu barang. Toh sekarang udah ada telunjuk.com yang sangat memudahkan. Bahkan tanpa perlu keluar rumah, berbagai informasi soal harga di berbagai marketplace sudah bisa kamu dapatkan. Plus berbagai promonya pula.

Kebiasaan untuk tidak malas membandingkan ini bisa menyelamatkan. Dengan begini kamu jadi tahu berapa sebenarnya harga barang itu di pasaran. Dan tentunya puas dong kalau bisa dapat harga yang jauh lebih murah? Belanjamu nggak cuma memenuhi kebutuhan saja. Tapi juga cerdas dan memberikan kepuasan di dada.

Jadi gimana? Menurutmu mana cara yang paling oke buat diaplikasikan? Sudah siap belanja dengan nyaman dan nggak perlu membobol tabungan?