Nggak cuma wajah atau body saja yang wajib kamu rawat, hal-hal lain seperti bau-bauan di tubuhmu juga wajib diperhatikan. Masa’ iya, wajahnya cantik tapi kaki atau keteknya bau. Iyuuuuuh!

Nah kali ini Hipwee Tips akan membahas soal bau sepatu yang memang sangat mengganggu, bahkan memubuat harimu jadi kelabu. Nggak harus keluar uang banyak untuk membeli pengharum di mall-mall, kamu bisa kok membasmi ‘bau neraka’ di sepatumu dengan bahan serba alami. Walau sedikit repot, tapi percayalah bahwa cara-cara ini akan lebih ampuh daripada pakai penyemprot sepatu. Here we go…

1. Setelah dipakai, usahakan selalu jemur sepatumu di tempat terbuka. Gunanya, agar bakteri dan bau nggak bersarang di sana

jemur sepatu via maskoolin.com

Sesekali jemur sepatumu di terik matahari. Tapi, bagaimana jika hujan terus menerus mengguyur kotamu hingga tak sempat menjemur sepatu di bawah matahari? Gunakan The power of kipas angin! Selain sepatumu yang awalnya basah karena kehujanan dan bisa jadi kering, bau dari sepatumu pun akan sedikit berkurang.

2. Daun jeruk yang selama ini dikenal sebagai penyedap masakan juga mampu mengharumkan sepatumu. Ambil sedikit saja, say good bye sama bau!

daun jeruk via pinterest.com

Advertisement

Caranya gampang, cukup sapukan daun jeruk tersebut pada sepatu, atau remas daun jeruk tersebut sampai memar dan oleskan pada sepatu kesayanganmu!

Bye-bye bau!

3. Kalau masih belum mempan juga, coba deh pakai sejumput baking soda

baking soda via maskoolin.com

Jika menggunakan daun jeruk tak mempan, cobalah dengan baking soda! Bukan, bukan untuk membuat kue, tapi untuk menghilangkan bau sepatumu. Caranya gampang, taburkan baking soda tersebut pada bagian sepatumu yang berbau. Diamkan, lalu baunya akan hilang dalam sehari semalam.

4. Kopi bukan cuma sahabat sejati buat begadang, tapi juga keren buat menghilangkan bau sepatu yang memabukkan

kopi via duniamu.id

Kamu yang doyan ngopi, ikhlaskan sedikit bubuk kopimu demi sepatumu yang bau. Pastikan sepatumu sudah dalam keadaan kering, ya.

Sediakan bubuk kopi secukupnya, lalu bungkus kopi tersebut menggunakan tisu. Nah, bila bubuk kopi tersebut sudah dibungkus dengan tisu, masukan tisu tersebut ke dalam sepatu dan diamkan selama semalaman.

5. Bedak bayi nggak kalah ampuhnya buat hilangkan bau busuk di sepatu. Gini caranya!

bedak bayi via wajibbaca.com

Caranya gampang, kok. Tapi pastikan dulu kalau sepatumu sudah kering, ya! Tinggal taburkan bayi ke sepatumu, lalu diamkan semalaman. Nggak cuma bikin wangi, pakai bedak bayi juga ampuh menjaga bagian dalam sepatumu awet. Uhuy!

Mumpung sekarang sedang musim hujan, semoga tips menghilangkan bau sepatu tadi bermanfaat buatmu, ya. Praktikkan segera, biar sepatumu bebas mau busuk yang menyiksa. Selamat mencoba!