Problematika menstruasi cewek memang cukup rumit. Siklus haid yang kadang nggak menentu, warna darah yang berubah-ubah, dan pengaruhnya terhadap mood cewek adalah beberapa di antaranya. Meski hampir setiap bulan mengalami, kamu sendiri masih suka bingung sama haid, salah satunya gumpalan darah yang seringkali keluar saat hari-hari pertama.

Sebenarnya itu apa sih? Kok menggumpal gitu?

Darah menstruasi yang seperti gumpalan itu biasanya keluar ketika hari ke 1-3 haid. Warnanya pun terlihat seperti merah pekat, bahkan hitam. Walaupun demikian, darah gumpalan juga biasa keluar disertai juga dengan darah lain yang warnanya merah terang. Oleh karena itu, supaya kamu makin memahami persoalan haid, terutama tentang darah yang menggumpal nggak bikin kamu bingung lagi, simak ulasan berikut ini yuk!

1. Keluarnya darah berupa gumpalan itu wajar. Sejatinya, hari-hari pertama haid memang begitu adanya

Darah yang menggumpal saat menstruasi adalah suatu kewajaran jika kamu mengalaminya. Hal ini biasa terjadi pada hari-hari pertama, biasanya 1-3 hari, yakni ketika itu darah lagi keluar banyak-banyaknya. Namun, jika keluarnya darah sangat berlebih dan gumpalannya juga demikian, kondisi ini bisa jadi disebabkan oleh:

Advertisement
  • Perubahan hormonal
  • Fibroid
  • Keguguran
  • Mioma uteri
  • Terjadinya adenomiosis
  • Infeksi Rahim
  • Ada obstruksi

Biar lebih paham soal istilah-istilah di atas, silahkan baca detailnya di sini, ya!

2. Darah haid yang keluar terlalu banyak dan antikoagulan yang belum berfungsi optimal juga jadi penyebab darah menggumpal

karena antigokulan via www.alldaychemist.com

Sejatinya darah berupa gumpalan ini terjadi akibat zat pencegah pembekuan darah (antikoagulan) yang nggak punya cukup banyak waktu buat menyelesaikan tugasnya. Karena sudah haid duluan, dan hari-hari pertama darah keluar lagi deras-derasnya, maka darah yang keluar seperti menggumpal.

3. Perhatikan dulu warna darahnya. Akan disebut normal jika begini…

warnanya pekat juga normal via www.rd.com

Warna darah menstruasi memang berubah-ubah. Ada yang merah terang, coklat, hingga merah pekat seperti hitam. Nah, warna merah pekat cenderung gelap ini biasa terjadi pada darah yang keluarnya berupa gumpalan.

Dan kamu pun tak perlu khawatir karena darah ini merupakan darah yang cukup lama tersendat keluar dan sehingga tertahan, serta baru bisa dikeluarkan ketika siklus haidmu datang.

4. Tapi kalau nggak mau berhenti dan makin berlebihan keluarnya, lebih baik periksa ke dokter. Karena bisa menyebabkan anemia

konsultasikan ke dokter via thoughtcatalog.com

Satu hal yang pasti kalau darah haid keluar derasnya terus-menerus dan gumpalannya nggak berhenti juga, sebaiknya periksa ke dokter. Hal ini karena darah yang keluar dengan berlebihan dan lama berhenti bisa membuatmu gampang lelah. Bahkan, kamu pun bisa mengidap anemia, lho. Daripada kenapa-kenapa dan menduga-duga melulu, mendingan cek ke dokter segera, ya!

5. Rajin konsumsi sayuran, buah-buahan, daging merah, dan kacang-kacangan yuk! Ini baik untuk jaga kesehatan tubuhmu selama haid

perbanyak makan buah-buahan via practiseglow.com

Ketika sedang masa datang bulan, rasa laparmu kadang bisa hilang alias nggak nafsu makan. Tapi, bukan berarti kamu jadi nggak makan lantaran nggak merasa lapar. Kondisi tubuh saat lagi haid perlu tetap kamu jaga agar tetap sehat dan mampu menjalani aktivitas seperti biasanya.

Oleh karena itu, kamu perlu konsumsi sayuran, buah-buahan, daging merah, dan kacang-kacangan untuk menjaga nutrisi dan asupan yang masuk ke tubuh. Ini sangat bagus buat kesehatanmu!

Selain makanan, kamu pun perlu mengonsumsi air mineral yang cukup agar tubuh tetap fit dalam beraktivitas. Meski darah yang kelur pada hari-hari pertama deras dan disertai gumpalan, tubuhmu tetap terjaga kesehatannya. Dan jangan nggak usah bingung lagi ya soal darah yang menggumpal, karena sejatinya itu normal!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya