Smartphone atau ponsel pintar sudah dianggap sebagai bentuk paling canggih dari perkembangan ponsel. Fitur-fitur yang dimiliki oleh smartphone akan mempermudah para penggunanya menyelesaikan tugas-tugas penting sekaligus tetap terhubung dengan orang-orang terdekat mereka. Tapi, fitur canggih yang ditawarkan smartphone membutuhkan daya yang besar untuk berjalan maksimal. Mengatasi hal-hal sepele berikut ini akan membantu kamu memperpanjang daya tahan baterai smartphone kamu.

1. Matikan Fitur Lokasi & Navigasi di Smartphonemu

Batasi Penggunaan Lokasi via www.androidcentral.com

Kamu harus membatasi penggunaan fitur ini dengan memilih dengan seksama aplikasi mana saja yang diperbolehkan mengakses keberadaan kamu. Jika kamu menjalankan aplikasi navigasi, pastikan GPS sudah dimatikan seketika kamu sampai ke tempat tujuan. Dengan begitu, smartphone kamu tidak akan terus berusaha mendeteksi posisimu — aktivitas yang tentunya akan menyedot banyak tenaga baterai.

2. Membatasi Aplikasi Yang Berjalan di Ponselmu

Menjalankan Terlalu Banyak Aplikasi Menguras Baterai via societyandreligion.com

Multi-tasking memang sangat berguna ketika kamu berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Tapi pastikan kegiatan multi-tasking kamu berubah menjadi battery-killing. Segera matikan aplikasi yang sudah tidak diperlukan, ramalan cuaca dari minggu lalu mungkin?, agar baterai smartphone kamu bertahan lebih lama.

3. Pastikan Layar Smartphonemu Tidak Terlalu Cerah

Advertisement

Tingkat Kecerahan Layar Digunakan Seperlunya via cdn.cultofandroid.com

Dengan ukuran yang besar, layar smartphone menguras banyak daya baterai. Bayangkan betapa banyak daya yang terkuras jika layar selebar itu diatur dengan tingkat kecerahan maksimal. Sekarang bayangkan berapa banyak yang kamu hemat jika tingkat kecerahan layar diturunkan.

4. Jangan Lupa Mematikan Fitur WiFi dan Bluetooth

Jika Tidak Digunakan, Matikan Saja via images.says.com

Mungkin karena Bluetooth bukan lagi fitur sepenting dulu kamu sering membiarkannya terus menyala. Padahal Bluetooth yang menyala juga menguras baterai walaupun tidak sedang terkoneksi. Begitu pula dengan Wifi. Wifi yang menyala akan terus berusaha mencari dan mendeteksi jaringan yang ada di sekitarnya. Jadi, jika tidak diperlukan matikan saja.

5. Jangan Biarkan Smartphonemu Terlampau Panas

Stay Cool via upload.wikimedia.org

Percaya atau tidak, suhu yang tinggi lebih cepat menguras baterai smartphone dibandingkan suhu yang lebih rendah. Tapi bukan berarti riwayat smartphone kamu tamat karena kamu tinggal di negara tropis. Pastikan saja smartphone kamu tidak terpapar sinar matahari dalam waktu yang sangat lama. Jangan tinggalkan smartphonemu di samping jendela atau terpanggang di dalam mobil.

Itu dia lima hal yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai smartphone-mu. Semoga bisa membantu! Karena secanggih apapun fitur piranti pintarmu, kalau cepat mati bakal nggak guna juga, ‘kan?