“Kok makanan panas kamu tiup? Gak boleh loh.”

“ Apaan sih, ribet banget. Gini aja.”

Sering gak nemu percakapan seperti ini? Banyak orang meremehkan hal-hal kecil di kehidupan sehari-hari, padahal beberapa hal-hal yang diremehkan itu bisa berakibat buruk ke tubuh kita nantinya. Tak terkecuali, 5 hal yang kerap diremehkan berikut ini. Meremehkannya bisa membuat daya tahan tubuh kita lemah, sehingga kita pun sering sakit. Hmm… kalau sudah bertemu 5 hal ini, jangan meremehkan mereka lagi ya!

1. Ganti kebiasaan tidur dengan posisi tengkurap dengan miring ke kanan atau ke kiri.

Tidur dengan posisi yang benar. via juicemigourmet.com

Gak bisa dipungkiri, kalau udah badan capek, pasti bawaannya pingin tidur dan langsung geletak di kasur. Dan kalau badan digeletakin gitu aja posisinya pasti tengkurap, padahal banyak penelitian yang membuktikan bahwa kematian pada anak-anak banyak terjadi saat tidur tengkurap. Kenapa? Karena pada saat tidur tengkurap di atas perutnya setelah suatu periode tertentu akan mengalami kesulitan bernafas. Seluruh berat badannya akan menekan ke arah dada, yang menghalangi dada untuk merenggang dan berkonstraksi saat bernafas. Hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya kekurangan asupan oksigen yang dapat mempengaruhi kinerja jantung dan otak.

Posisi tidur yang sangat dianjurkan untuk kesehatan adalah posisi miring ke kanan atau ke kiri, yuk mulai ubah kebiasaan tidur selama ini!

2. Diamkan saja makanan yang panas, jangan meniupnya

Advertisement

Jangan lagi meniup makanan atau minuman yang panas. via www.harianaceh.co.id

Kita punya refleks untuk meniup makanan dan minuman panas supaya lebih cepat dingin dan siap dimakan. Padahal, sebenarnya itu sangat tidak dianjurkan karena berbahaya. Bertemunya H2O (air dalam gelas) dengan karbondioksida atau CO2 (udara yang kita tiupkan melalui mulut) akan menghasilkan asam karbonat atau H2CO3. Nah, jika senyawa kimia ini masuk ke dalam perut kita bisa menyebabkan gangguan fungsi jantung. Selain itu, di dalam mulut kita juga terdapat senyawa partikel berbahaya dari sisa-sisa makanan dan minuman atau mikroorganisme buruk. Jadi kalau kita meniup makanan dan minuman yang panas, sama saja kita memberikan racun ke dalamnya.

3. Potong kuku seminggu sekali, jangan tunggu sampai panjang.

Potonglah kuku yang sudah panjang via www.sanramonmanicures.com

Ada beberapa orang yang sengaja memanjangkan kukunya untuk kecantikan, tapi sebenarnya ini buruk untuk kesehatan kita. Karena tangan kita adalah tempat kuman-kuman atau virus menempel, kuku yang panjang bisa jadi tempat yang pas untuk kuman-kuman tersebut menempel dan bersembunyi di dalamnya. Kalau sudah di sana, saat kita memegang makanan maka dengan mudah kuman akan menempel pada makanan dan masuk ke tubuh kita. Sungguh menyeramkan ‘kan, kuku yang terlihat cantik di luar ternyata menyimpan monster yang setiap saat bisa menyerang?

4. Kalau kamu tahu manfaat makan dengan tangan langsung, kamu pasti akan melupakan sendok-garpu.

Makan dengan tangan bukan hal yang menjijikan lagi. via blog.tourism.gov.my

Di sini pasti ada orang-orang yang anti makan dengan tangan, padahal gak selamanya itu gak higienis. Jstru, makan dengan tangan ada banyak banget manfaatnya. Tentu dengan tangan yang sudah bersih dan dicuci sebelumnya.

Makan dengan tangan akan lebih melindungi kita dari bakteri yang buruk. RNase pada tangan akan mengurai bakteri tersebut hingga mereka tidak lagi menjadi aktif. Selain itu, tangan juga punya jaringan syaraf yang langsung terhubung pada otak dan hati. Kita jadi lebih menikmati makanan yang sedang kita santap karena sambungan syaraf ini.

5. Minum dan makan memang harus duduk, bukannya berdiri.

Minumlah dengan keadaan duduk. via www.mtlblog.com

Banyak nih yang melakukan kegiatan makan dan minum sambil berdiri. Padahal, hal ini sangat tidak baik — apalagi minum berdiri. Minum sambil berdiri akan menyebabkan jatuhnya cairan dengan keras ke dasar usus. Jika hal ini terjadi berulang-ulang dalam waktu lama, usus bisa melar dan terdorong ke bawah, yang kemudian bisa menyebabkan disfungsi pencernaan. Jika ditelusuri lagi, hal ini yang menyebabkan penyakit kista ginjal. Ngeri ‘kan ya?

Itulah hal-hal kecil dan kebiasaan yang buruk dan sering disepelekan oleh orang-orang. Setelah membaca artikel ini, semoga kamu tak meremehkannya lagi ya. Tidak mudah memang untuk mengubah kebiasaan, makanya harus kita lakukan pelan-pelan. Yuk ubah kebiasaan sehingga jadi lebih sehat mulai sekarang!