Memiliki tidur malam yang berkualitas sangat penting untuk berbagai hal. Mulai dari menjaga daya tahan tubuh, memacu kreativitas, mendapatkan berat badan ideal, hingga meningkatkan nilai akademik. Berbagai penelitian membuktikan bahwa orang yang tidur 8-9 jam per harinya juga diprediksi akan hidup lebih panjang. Itu artinya, tidur malam adalah sebuah kebutuhan yang tidak dapat disepelekan.

Akan tetapi pada kenyataannya tidur malam dengan nyenyak tidak selalu menjadi hal mudah bagi setiap orang. Stres pekerjaan atau pendidikan, masalah dalam hubungan percintaan, kelelahan yang dalam, serta berbagai faktor lainnya bisa jadi membuat tidur malam menjadi terganggu. Alhasil keesokan harinya kamu tidak bisa menunjukkan performa terbaik saat mengerjakan berbagai hal.

Jika memang hal ini sedang menjadi masalahmu, berikut ini Hipwee akan memberikan 5 kiat tidur malam agar lebih nyenyak. Mau tahu apa saja? Cek di artikel ini ya!

1. Walaupun Tak Terasa Seperti Itu, Tidur Tetaplah Sebuah Aktivitas. Dan Sebagaimana Aktivitas-Aktivitas Lainnya, Tidur Harus Diatur Sedemikian Rupa.

tidur terjadwal via www.updevelopment.org

Salah satu kebiasaan yang membuat tidur malam kamu tidak senyenyak yang diharapkan adalah jam tidur yang berantakan. Artinya setiap hari kamu memiliki waktu tidur dan bangun yang berbeda-beda. Memiliki jadwal tidur seperti ini membuat tubuhmu menjadi tidak ‘displin’. Tubuh yang terbiasa memiliki jadwal tidur yang berbeda akan sulit diajak bekerja sama.

Advertisement

Untuk mengakali kondisi tersebut, kamu harus menetapkan jadwal tidurmu sendiri. Dengan jadwal tidur ini kamu akan tidur dan bagun pada jam yang sama setiap harinya. Misalnya saja kamu memilih untuk tidur pada pukul 21:00 dan bangun pukul 05:00 keesokan harinya maka sampai seterusnya itulah jam tidur yang berlaku untukmu. Membiasakan diri dengan jadwal tidur seperti ini memang bukan hal yang mudah. Namun bila ingin tidur malam lebih berkualitas, ini adalah ide yang paling pas.

2. Perhatikan Juga Jam Makan Malam: Sebaiknya Kamu Tidak Tidur Dalam Keadaan Kekenyangan Atau Malah Kelaparan

jaga porsi makan via www.trusper.com

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa porsi makan yang tidak proporsional akan menganggu kualitas tidurmu. Ya tidur malam dengan perut kosong atau kekenyangan justru akan membuat tidur tidak nyaman. Maka dari itu kamu harus mengukur apa yang kamu makan sebelum waktu istirahat malam datang. Jangan sampai apa yang masuk ke dalam perutmu justru menganggu kualitas tidurmu. Makanlah dengan porsi yang pas.

Selain porsi makan kamu juga harus memerhatikan jenis makanan yang kamu makan. Ada baiknya menghindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas kalau tidak ingin kualitas tidurmu terganggu.

3. Usahakan Untuk Membuat Ruang Tidurmu Selalu Dalam Keadaan Nyaman Dengan Lampu Temaram

matikan lampu sebelum berangkat tidur via www.amazon.com

Tidak hanya harus berdisplin soal waktu tidur dan jenis makanan yang dimakan, bagi kamu yang punya masalah dengan tidur malam mengatur kamar agar selalu dalam keadaan bersih dan nyaman adalah sebuah keharusan. Rajinlah membersihkan ruang tidur dan mengganti sprei secara teratur. Dengan langkah ini maka kamu akan lebih mudah tertidur pada malam hari.

Lampu yang temaram juga dapat membantumu mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak. Alasannya adalah karena dengan lampu gelap tubuh akan menjadi lebih rileks sehingga kamu akan merasa lebih tenang dalam beristirahat. Tidur dengan mematikan lampu juga membantumu meminimalisir rasa stres setelah seharian beraktivitas.

4. Jangan Meminum Kopi Setelah Melewati Jam 3 Sore. Apalagi Jika Kamu Tidak Ingin Terjaga Sepanjang Malam…

hindari kopi via www.huffingtonpost.com

Ingin tidur malam lebih nyenyak tapi masih gemar meminum kopi di siang dan malam hari?

Jika ya sebaiknya kamu mengubur keinginan tersebut. Kopi adalah jenis minuman yang mengandung kafein, dan zat tersebut justru membuatmu semakin sulit tidur. Apalagi jika kamu bukan peminum kopi rutin — pengaruh kafein pasti akan lebih terasa di otakmu. Jika kamu ingin meminum kopi sebaiknya batasi pengonsumsiannya hanya pada pagi hari saja.

5. Pergi Tidur Dalam Kondisi Tubuh Bersih Akan Membuat Tidur Malammu Lebih Berkualitas. Jadi, Jangan Malas Mandi Ya!

mandi dulu kali via www.flickr.com

Terakhir, kamu juga memerhatikan kebersihan tubuh saat hendak tidur. Pergi istirahat dalam keadaan kotor akan membuat tubuh terasa gatal dan penat. Jika sudah begini sulit rasnya jika kamu ingin tidur nyenyak sepanjang malam. Maka dari itu untuk menghindarinya ada baiknya kamu pergi mandi sebelum waktu tidurmu datang.

Nah itu tadi 5 kiat tidur nyenyak dari Hipwee untuk kamu semua. Meskipun mungkin saat ini sedang disibukkan dengan berbagai kegiatan jangan pernah menyepelekan pentingnya tidur malam.