Pori-pori merupakan sebuah rongga kecil yang jadi akses pernapasan kulit. Namun, akan menjadi masalah saat pori-pori tampak besar, terutama kamu yang memiliki tipe kulit berminyak atau kombinasi. Pori-pori wajah yang terlalu besar bisa mengganggu penampilan karena kulit jadi terlihat kasar dan nggak mulus. Belum lagi pori-pori wajah yang besar ini akan memicu munculnya komedo dan jerawat.

Sebenarnya, banyak cara mengecilkan pori-pori wajah, apalagi dengan makin berkembangnya peralatan medis maupun teknologi kecantikan. Namun tentunya akan lebih aman dan sehat jika menggunakan bahan-bahan alami yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan kulit. Nah, berikut Hipwee Tips berikan solusi praktis untuk mengatasi masalah pori-pori yang besar dengan menggunakan masker rumahan yang bisa kamu buat sendiri. Simak, ya!

1. Campuran putih telur, madu dan air lemon adalah ramuan yang ampuh hilangkan masalah kulit berminyak dan pori-pori besar di wajah

putih telur, madu dan lemon via thekitchenmccabe.com

Khasiat putih telur untuk mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit wajah sudah dikenal sejak lama. Sementara kandungan anti bakteri alami dari madu dan air perasan lemon mampu membasmi jerawat dan kotoran yang bersarang pada pori-pori wajah. Kamu yang punya kulit berminyak nggak perlu khawatir karena madu baik untuk menyeimbangkan kadar minyak pada wajah.

Pisahkan putih dan kuning telur, kemudian kocok putih telur sampai berbuih. Campur satu sendok makan madu, putih telur, dan beberapa tetes perasan lemon sampai adonannya cukup kental dan baunya nggak terlalu menyengat. Oleskan pada wajah hingga merata. Biarkan meresap selama setengah jam. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

2. Masker alami dari campuran soda kue, cuka apel dan tomat ini bisa dicoba untuk menyamarkan pori-pori yang besar dan nggak rata

Advertisement

soda kue, cuka apel, dan tomat via www.aroosjoon.com

Soda kue dan cuka apel ampuh untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran, minyak berlebih, dan sisa-sisa racun yang menyumbat pori-pori. Dengan begitu, pori-pori wajahmu nggak akan tampak membengkak lagi. Sementara itu, tomat berfungsi sebagai astringen (zat yang mampu mengurangi keluarnya minyak dan menutup luka atau pori-pori) alami yang baik untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit.

Siapkan satu sendok makan cuka apel, setengah cangkir bubuk soda kue, dan irisan tomat segar yang sudah dihaluskan. Campur semua bahan jadi adonan yang rata. Oleskan pada wajah dan diamkan selama kira-kira 20 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

3. Nggak hanya mengecilkan pori-pori, masker susu dan buah pisang juga ampuh bikin kulit wajahmu putih dan cerah

pisang dan susu bubuk via www.thenewpotato.com

Buah pisang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik yang dibutuhkan kulit wajah. Begitu juga dengan susu bubuk murni yang kandungannya baik untuk mengecilkan pori-pori dan menghaluskan wajah. Kamu bisa membuat masker wajah dari buah pisang dan susu bubuk.

Caranya, haluskan kedua bahan ini dan gunakan sebagai masker pada wajah hingga rata. Diamkan sekitar 20 menit agar nutrisinya bisa diserap kulit wajah lalu bilas dengan air hangat dilanjutkan dengan air dingin. Lakukan pemaskeran selama seminggu sekali dengan rutin.

4. Campuran mentimun, lidah buaya dan brown sugar selain mengecilkan pori-pori juga membantu menjaga kelembapan kulit

mentimun, lidah buaya, dan brown sugar via www.onegreenplanet.org

Mentimun dan lidah buaya berkhasiat sebagai astringen yang alami. Sementara itu, brown sugar (juga dikenal sebagai raw sugar atau gula tebu yang nggak diproses terlalu lama dan berwarna kecokelatan) berguna untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan sisa minyak yang menyumbat pori-pori. Jika kulit wajahmu sensitif, namun pori-pori tampak mengganggu, masker ini bisa jadi solusinya.

Haluskan mentimun sampai berbentuk seperti bubur. Sementara itu, siapkan lendir lidah buaya. Campur keduanya dan tambahkan brown sugar, sebaiknya hingga tekstur adonan mentimun dan lidah buaya jadi berpasir dan agak kasar. Oleskan pada wajah hingga merata sambil dipijat ringan. Diamkan selama 15-30 menit lalu bilas hingga bersih.

5. Gunakan sereal oatmeal, madu dan susu sebagai masker pengecil pori-pori untuk wajahmu

oatmeal, madu, dan susu via healthandmindcare.com

Oatmeal merupakan sebuah sereal yang berasal dari gandum dan kaya akan serat. Selain baik bagi pencernaan, kandungan serat tersebut juga bisa mengecilkan pori wajah dengan cepat dan aman. Kombinasikan oatmeal dengan madu dan susu bubuk.

Siapkan dulu 2 sendok makan oatmeal, 5 sendok makan madu alami, dan 2 sendok makan susu murni bubuk. Campur semua bahan tadi sampai merata dan membentuk pasta. Gunakan masker oatmeal secara merata pada bagian wajah yang sudah bersih. Diamkan masker bekerja selama kurang lebih 30-45 menit. Lalu bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Jadi, kapan lagi kamu punya wajah mulus dengan pori-pori yang kecil dan bebas kotoran? Segera buktikan keampuhan masker alami yang bisa kamu buat sendiri tadi, yuk!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya