Bentar lagi orangtua kamu ulang tahun? Atau ulang tahun perkawinan? Atau kamu sekadar ingin menyiapkan sesuatu yang istimewa untuk menghibur mereka? Memberikan kejutan buat orangtua kita nggak perlu selalu mahal dan merepotkan loh, apalagi kalau kamu masih belum mapan-mapan banget. Coba deh, sekali waktu kamu beri surprise pada ayah dan ibumu dalam bentuk masakan hasil buatanmu sendiri!

Iya; kalau biasanya kamu cuma tahu makannya aja, sekarang giliran kamu yang susah payah mengisi meja makan keluarga dengan kreasimu. Ooh, kamu belum pernah masak sebelumnya, atau merasa nggak jago? Nah ini malah bisa jadi moment buatmu belajar mengasah kemampuan sekalian memukau orangtuamu. Nih, Hipwee kasih beberapa resep masakan anti-gagal yang bisa kamu cobain sendiri.

1. Go international di dapur rumahmu dengan spaghetti bolognese aldente yang yummy!

spaghetti-bolognese

Jangan biarkan judul makanan ini mengintimidasi kamu ya. Spaghetti, iya spaghetti yang masakan Italia itu. Nggak, masak spaghetti dan pasta itu nggak mustahil kok bahkan untuk pemula sekalipun. Asal kamu ada kemauan (dan bahan-bahan) kamu juga bisa bikin sajian Eropa yang keliatan mentereng ini buat ortumu! Begini cara buatnya:

  • Rebus spaghetti kering dalam air mendidih yang diberi garam dan sedikit minyak sampai aldente (kurang lebih 9 menit). Biasanya sudah ada petunjuk cara merebus yang rinci di setiap kemasan spaghetti yang kalian beli, mudah kok.
  • Panaskan 60 ml minyak zaitun dalam penggorengan yang besar. Ketika minyaknya mulai mengeluarkan asap, masukkan 1 buah bawang bombay yang dicincang dan 2 siung bawang putih cacah. Tumis selama 8 menit pada panas sedang hingga bawang bombay menjadi empuk. Setelah itu masukkan dan tumis 1 batang seledri dan 1 buah wortel, yang sudah dipotong-potong semuanya, selama 5 menit.
  • Kemudian masukkan dan tumis 500 gram daging giling. Aduk-aduk daging hingga terpisah-pisah dan masak selama 10 menit pada panas tinggi hingga warna daging tidak lagi merah muda.
  • Kecilkan kompor menjadi api kecil lalu masukkan 800 gram tomat kalengan dan 400 ml air kaldu (dari 1 kaldu blok yang dilarutkan dalam air) masak hingga mengental. Bumbui dengan garam dan merica secukupnya. Tuangkan di atas spaghetti yang sudah direbus tadi. Tambahkan parutan keju sesuai selera.

Kalau kalian tidak punya cukup duit untuk membeli bahan-bahan yang lengkap, sudah banyak bumbu bolognese siap pakai yang tersedia di toko-toko bahan makanan. Tinggal ditambahkan beberapa bumbu seperti bawang bombay, seledri dan wortel agar lebih sedap.

2. Papa mamamu nggak suka pasta? Kalau steak daging pasti suka dong? Suka kan?

Advertisement

Steak and Fries
Nah apa lagi ini? Semakin terdengar rumit ya? Jangan patah arang dulu, kawan! Steak rumahan juga bisa enak seperti di restoran! Begini caranya:

  • Awalnya kita buat dulu sausnya. Yaitu dengan memanaskan margarin untuk menumis 1 buah bawang bombay yang dicincang sampai wangi. Lalu tambahkan 2 sendok teh tepung terigu, campur rata. Setelah itu masukkan 150 ml air kaldu sapi, 1 sendok makan saus tomat, 2 sendok makan saus barbeque, 1 sendok teh lada hitam, 1 sendok teh garam, ½ sendok teh gula lalu aduk hingga rata dan masak hingga mengental.
  • Lumuri 4 potong bagian sirloin daging sapi ukurang 200 gram dengan lada hitam, garam, dan bawang putih serta pala yang dihaluskan. Diamkan selama 30 menit hingga bumbunya meresap, kemudian panggang di atas wajan anti lengket dengan api kecil. Jangan lupa dibolak-balik sisi-sisinya ya, agar matang merata. Angkat ketika kedua sisi daging sudah matang sempurna, berwarna coklat keemasan. Tuangkan saus yang sudah dibuat sebelumnya ke atas steak buatanmu.

3. Kalau ada microwave di rumah, brownies murah meriah bisa dicoba. Enak dan legit, pas buat kudapan ngeteh sore bersama

microwave-brownies
Siapa sih yang nggak suka brownies, apalagi kalau dibuatin sama anak kesayangan sendiri, ngga usah beli. Kebayang ga senyum yang terulas di bibir papa mamamu? Nih cara membuatnya:

  • Campurkan 75 gram bubuk coklat, 150 gram gula pasir, 60 gram tepung terigu, dan 1 sendok teh baking powder dalam satu mangkok. Di mangkok yang lain campurkan 2 butir telur, 160 gram butter yang sudah dilelehkan dan kocok sempurna hingga warnanya menjadi terang dan berbuih. Setelah itu tambahkan 2 sendok teh vanili.
  • Tuangkan campuran telur dan butter tadi ke dalam campuran tepung, aduk merata hingga menjadi satu adonan. Tambahkan 240 gram choco chips dan aduk agar tersebar ke seluruh adonan.
  • Tuang adonan ke dalam loyang kaca khusus microwave berukuran 22 x 22 cm yang permukaannya sudah diolesi minyak sayur atau mentega. Masak dalam microwave selama 6 menit dengan panas tinggi. Selesai deh!

4. Apabila papa mamamu suka cemilan gurih-gurih buat teman nonton tv, kejutkan mereka dengan perkedel keju kornet buatanmu.

perkedel-kentang-telur-kornet-sapi
Habis pulang kerja, atau mengurus rumah seharian, wajar kalau orang tua kamu juga sangat mendambakan waktu santai sambil menonton hiburan di televisi. Bayangin terkejutnya mereka ketika kamu suguhi kudapan enak tapi mudah ini, bakal seneng deh! Ikuti langkah berikut ini ya:

  • Haluskan 250 gram kentang kukus. Setelah itu campur kentang dengan ½ sendok teh garam, ¼ sendok teh merica bubuk, 1 butir telur kocok, 1 kaleng kecil daging kornet, 2 batang daun barang yang diiris halus, dan 30 gram keju parut. Aduk rata. Di mangkuk yang berbeda, kocok lepas dua butir telur untuk pelapis perkedel.
  • Bentuk adonan itu menjadi berbentuk bulat-bulat agak pipih, kemudian celupkan ke bahan pelapis dari telur kocok tadi. Kemudian goreng dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan. Sajikan dengan saus sambal!

5. Belakangan cuaca sering banget mendung dan hujan, kayaknya sekoteng cocok nih buat disuguhin ke ayah ibumu.

bdtu0vj132g48sss400c40w4g
Perpaduan aroma rempah, manis, gurih dan segar dari sekoteng bisa bikin suasana hati ortu kamu jadi hangat ke kamu, sehangat minuman itu sendiri. Jadi coba deh, buat sajian berikut ini untuk mereka:

  • Rebus 100 gram biji buah delima atau pacar cina hingga lunak, kemudian tiriskan. Bahan-bahan lain yang perlu direbus sendiri-sendiri adalah 200 gram kacang tanah (yang dikupas kulit arinya) dan 100 gram kacang hijau.
  • Di panci yang berbeda, campurkan 1 liter air dengan 100 gram gula pasir, dan satu ruas jahe lalu rebus hingga mendidih.
  • Untuk setiap satu mangkuk kecil sekoteng, masukkan 2 sendok makan biji delima atau biji pacar cina, 2 makan sendok kacang tanah, 1 sendok makan kacang hijau, dan potongan roti tawar sesuai selera. Setelah itu siram dengan air gula jahe hangat yang telah dimasak tadi.

Gimana, udah dapet bayangan mau bikin hidangan spesial apa buat orang tua tercinta? Selain ini masih banyak resep lain yang bisa kamu kreasikan sendiri di rumah loh. Jangan gengsi untuk membantu ibu atau ayah ketika memasak di dapur, agar ilmunya bisa kamu pelajari juga dari mereka. Kalau nanti kamu sudah mencoba memasak dan tahu usaha yang dibutuhkan untuk menghadirkan makanan dan lauk pauk di atas meja makanmu, kamu juga akan lebih menghargai makanan yang orang tuamu berikan untukmu.