Cuaca panas terik dan hujan deras yang nggak menentu belakangan ini jadi salah satu penyebab demam dan flu yang menyerang mereka dengan daya tahan tubuh yang lagi kurang bagus. Meski terdengar sebagai penyakit yang ringan, nyatanya demam dan flu sangat mengganggu aktifitas dan membuat rasa serba salah di beberapa kegiatan.

Kalau kesayanganmu saat ini lagi merasakan nggak enaknya penyakit itu, kamu nggak perlu bingung untuk memanjakannya. Cukup dengan memasak makanan yang akan membuatnya merasa lebih segar. Coba deh kamu simak menu-menu di bawah ini sebagai panduanmu untuk membuatkan kesayanganmu makanan spesial dari hasil tangamu sendiri.

1. Bubur ayam biasanya jadi favorit mereka yang lagi demam dan kamu pasti nggak akan kesulitan membuatnya.

burnas, bubur nasi~ via www.qraved.com

Bubur selalu jadi menu makanan yang sepertinya wajib untuk disantap ketika seseorang sedang merasa nggak enak badan. Seringkali nafsu makan yang hilang akan muncul setelah mencicipi bubur nasi yang lezat dan lembut, sehingga nggak susah untuk mengunyah dan menelannya. Kamu bisa banget dengan mudah bikin bubur nasi yang lembut karena pada dasarnya bubur terbuat dari bahan yang sama dengan nasi, yakni beras. Bubur nasi yang lezat bisa kamu buat dari bahan dan dengan cara seperti di bawah ini.

Bahan utama:

Advertisement
  • 250 gr beras
  • 1200 ml air
  • 1 sdm garam
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang daun bawang (dicincang halus)
  • 2 batang seledri (dicincang halus)
  • 250 gr daging ayam (dipotong-potong)

Cara membuat:

  • Pertama, kamu harus tuang air matang dan beras secara bersamaan, setelah mendidih, tambahkan garam dan juga daun salam agar buburnya memiliki aroma harum yang dapat menggoda seleramu. Kalau kamu mau buat bubur nasi yang tawar, nggak usah kamu kasih garam ya.
  • Lalu, kamu harus mengaduknya sampai beras jadi mengental dan menyerupai bubur yang seringkali kamu lihat. Sambil terus diaduk, jangan lupa untuk memasaknya dengan api yang kecil ya dan jika kamu rasa itu terlalu kental, kamu bisa menambahkannya dengan air panas secukupnya.
  • Sembari menunggu buburnya matang, rebus juga potongan ayam yang sudah kamu potong-potong.
  • Kemudian, tambahkan ayam rebus, daun bawang dan daun seledri, dan aduk sebentar sampai merata, lalu matikan apinya.
  • Dan kamu sudah bisa menyajikan bubur itu selagi masih hangat. Untuk tambahan isi lainnya kamu bisa menyesuaikan dengan selera ya.

2. Demam dan flu yang lagi dirasanya, bisa segera membaik dengan sup ayam yang kamu bikin untuknya.

Sup ayam bisa menjadi salah satu obat bagi kesayangan kamu yang terserang demam dan flu karena pada sup tersebut tersaji banyak vitamin dan protein sekaligus. Kamu nggak perlu membuang banyak waktu k0k untuk membuat sup ayam bening lantaran cara membuatnya yang sangat simple. Cobain deh resep ini.

Bahan utama:

  • 500 gr daging ayam (harus kamu cuci bersih, kemudian kamu potong kecil-kecil ya)
  • Beberapa buah kentang (dipotong dadu)
  • 2 buah wortel (dipotong dadu)
  • 2 siung bawang putih (dikeprek ya)
  • 2 cm jahe (dikeprek juga ya)
  • 2 batang seledri kemudian dipotong kecil
  • 1 batang daun bawang yang juga dipotong nggak terlalu kecil
  • 1 buah jeruk nipis yang kamu peras airnya aja
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdt garam
  • sdt gula pasir
  • 1 batang serai
  • 500 ml air

Cara membuat:

  • Pertama, kamu harus lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan diamkan selama 10-15 menit, setelah itu cuci ayam kebali dan tiriskan.
  • Selanjutnya, didihkan air, kemudian masukan daun bawang dan seledri yang sudah dipotong kecil. Lalu, kamu bisa masukan ayam dan kamu harus mengecilkan api.
  • Sambil menunggu, kamu bisa menumis bawang putih yang sudah dikeprek dalam wajan yang lain untuk kemudian bawang tersebut dimasukan ke dalam kuah yang tadi.
  • Lalu kamu bisa masukan jahe serta serai untuk mengilangkan bau anyir dari ayam.
  • Jika ayam sudah empuk, kamu boleh masukan wortel dan kentang.
  • Terakhir, masukanlah bumbu penyedap yang sudah disiapkan, yakni merica, garam, dan gula. Cicipilah, jika terasa ada yang kurang kamu bisa menambahkannya sesuai selera. Aduk hingga mendidih dan angkat.
  • Sup ayam pun sudah siap kamu sajikan, boleh juga kalau kamu mau menaburinya dengan bawang goreng.

3. Kamu bisa membuat kesayanganmu bugar dan kuat kembali seperti Popeye dengan membuatkannya sayur bayam dan jagung manis bening.

biar kuat kayak Popeye! via www.satujam.com

Sayur bayam dengan jagung manis di dalamnya dapat mengembalikan kekuatan kesayanganmu yang sedang tepar karena flu dan demam. Jika kamu membuatkannya sayur bayam ini, dijamin dia akan segera merasa jauh lebih baik. Memasak makanan favorit tokoh kartun Popeye ini juga nggak kalah mudahnya kok. Coba aja kalau kamu nggak percaya lihat resep ini.

Bahan utama:

  • 2 ikat daun bayam (disiangi terlebih dahulu)
  • 4 buah wortel (dipotong dadu)
  • 1 buah jagung manis (dipotong sesuai selera)
  • 1 buah tomat (dipotong dalam beberapa bagian)
  • 3 butir bawang merah (dipotong halus)
  • 2 siung bawang putih (diiris tipis)
  • 800 ml air
  • garam dan merica sekucupnya
  • kaldu bubuk (sesuai dengan selera)

Cara membuat:

  • Didihkan air, kemudian masukan wortel dan jagung terlebih dahulu. Tunggu beberapa saat, kemudian masukkan bahan yang sudah diiris halus.
  • Setelah itu wortel dan jagung dirasa cukup empuk, masukan bayam hingga daun berubah sedikit layu, lalu masukan garam, merica, kaldu bubuk secukupnya. Aduk terus sampai daun bayam benar-benar layu, dan matikan api.
  • Bayam siap dihidangkan dalam mangkuk cinta untuk kesayanganmu.

4. Selain sayuran, kamu juga bisa membuatkan kesayanganmu makanan manis untuk membuat mood-nya jadi lebih baik. Puding roti kukus mungkin bisa jadi pilihanmu.

puding roti… via 2.bp.blogspot.com

Roti yang memiliki kandungan gizi cukup tinggi ini sangat bisa membantu menguatkan tubuh kesayanganmu yang sedang lemah. Siapa bilang roti nggak bisa diolah jadi sesuatu yang lain dari biasanya. Kamu bisa banget buat puding roti kukus untuk mengembalikan mood dia yang sedang buruk karena penyakitnya itu. Nggak perlu takut kesusahan membuatnya deh, karena cukup mudah kok membuat puding roti kukus ini.

Bahan utama:

  • 1 pak roti tawar (bisa menyesuaikan selera)
  • 2 butir telur
  • 100 ml susu cair tawar
  • 50 gram keju (diparut)
  • gula (sesuai selera)
  • 1 bungkus susu kental manis (sesuai selera)
  • 1 sdt vanilli
  • santan

Cara membuat:

  • Potong roti kecil-kecil, kemdian kamu bisa susun di dalam loyang.
  • Kocok telur, gula, susu, dan vanilli sampai semuanya tercampur rata, kemudian masukan santan.
  • Setelah semuanya tercampur, tuang itu ke dalam loyang yang sudah terdapat roti lalu kukuslah hingga matang.
  • Setelah matang, kamu bisa memasukannya ke dalam kulkas.
  • Sebelum disajikan dingin-dingin, kamu bisa menambahkan susu kental manis dan keju parut di atas puding roti kukus tersebut lho.

5. Bubur sumsum juga boleh banget kamu bikin untuk kesayanganmu, dia pasti akan suka dan segera sembuh dari sakitnya itu.

dari bubur sumsum siapa tau jadi tulangnya… via www.google.co.id

Makanan manis lainnya yang bisa dengan mudah kamu buatkan untuk kesayanganmu adalah bubur sumsum. Dia pasti akan sangat suka kalau kamu buatkan itu untuknya, tekstur bubur sumsum yang lembut akan buatnya nggak kesulitan untuk mengunyah dan kuahnya yang manis akan membuatnya merasa kembali bertenaga. Membuatnya juga nggak susah kok, coba aja lihat di bawah ini.

Bahan untuk bubur:

  • 400 gr tepung beras
  • 1500 ml santan dari kelapa segar
  • 1 sdt garam halus
  • 2 helai daun pandan

Bahan untuk kuah:

  • 400 gr gula merah
  • 200 ml air bersih
  • 1 helai daun pandan

Cara memasak:

  • Campurkan santan, tepung beras, dan garam dalam panci. Aduk sampai merata dan kamu harus mengaduknya selagi dingin sampai tepung menyatu dengan santan dan nggak ada lagi gumpalan. Setelah itu, baru deh kamu nyalakan api berukuran sedang dengan terus mengaduknya.
  • Kemudian masukan daun pandan, terus kamu aduk sampai mengental dan meletup-letup. Kalau sudah ada letupan, kamu boleh matikan api dan dinginkan.
  • Sambil menunggu dingin, kamu bisa masak air yang sudah kamu siapkan bersama gula merah sampai mendidih, jangan lupa masukan juga daun pandannya. Kalau gula merah sudah benar-benar cair, angkat kemudian dinginkan juga ya.
  • Dengan begitu, bubur sumsum sudah siap dihidangkan kok. Kamu kasih ke dia saat masih hangat akan jauh lebih nikmat.

Itulah menu makanan yang bisa dengan mudah kamu buat untuk kesayanganmu yang sedang demam dan flu. Siapa tahu dengan makan makanan yang kamu buat dari tanganmu sendiri, dia akan segera sehat. Kamu juga perlu memberikannya buah-buahan yang mengandung vitamin C dan juga yang paling penting adalah jangan lupa mendoakannya agar mereka bisa kembali beraktifitas seperti biasa. Semoga lekas sembuh untuk kesayangan kalian ya.