Penyakit maag atau tukak lambung seringkali menyerang anak-anak muda seusia kita. Mau gimana lagi? Kita memang selalu terantuk jadwal yang padat, gaya hidup tak teratur, sampai stres kuliah atau kerja.

Punya maag artinya kamu nggak bisa sembarangan dalam memilih makanan. Salah-salah, perutmu bisa sakit seharian dan kamu terpaksa harus bedrest karena kondisi fisik yang tak memungkinkan. Tapi jangan salah, menjaga pola makan ini bukan berarti kamu nggak bisa makan enak! Di bawah ini, Hipwee sudah mengumpulkan 6 resep masakan yang ramah buat kamu yang punya penyakit maag. Rasanya enak, bikinnya pun nggak ribet!

1. Ayam panggang madu adalah menu daging yang justru mampu meredakan “gejolak” dalam perutmu

Honey-glazed chicken fillet via balancedforkhealthylife.com

Punya masalah tukak lambung artinya harus berkompromi dengan jenis daging yang kamu konsumsi. Salah-salah, perutmu “bergejolak” dan bisa sakit perih seharian. Nah, pastikanlah kamu memilih jenis daging yang lembut, lunak, tidak pedas, dan tidak digoreng. Misalnya ayam panggang yang diolesi madu ini. Selain nyaman di lambung, makanan ini sudah pasti lezat dan cara membuatnya pun mudah.

Ini bahan-bahan yang kamu butuhkan:

Advertisement
  • Fillet ayam
  • kecap
  • mentega (untuk menumis)

Bumbu:

  • 4 sdm madu
  • 3 bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 buah kemiri
  • 3 cm lengkuas
  • 2 buah daun jeruk
  • garam secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Bersihkan fillet ayam hingga siap dimasak
  2. Campur semua bahan bumbu kecuali madu dan tumbuk semuanya sampai halus. Setelah halus, barulah tuangkan madu pelan-pelan
  3. Tumis bumbu dengan mentega, sampai harum
  4. Lumuri daging ayam dengan bumbu madu lalu diamkan selama 30 menit
  5. Panaskan pemanggang dan panggang ayam sampai matang/sedikit kecokelatan
  6. Angkat
  7. Sajikan dengan nasi hangat

Madu berkhasiat mengurangi tingkat keasaman lambung sehingga perutmu justru bisa merasa lebih nyaman setelah memakan sajian satu ini. Jangan lupa, tak boleh bikin sambal yang terlalu pedas, ya.

2. Jangan sembarang juga memilih sayuran. Kamu bisa mencoba potato and spinach soup satu ini

Spinach and potato soup via thedailydish.us

Kalau kamu punya sakit maag, ada beberapa sayuran yang sebaiknya kamu hindari, seperti bawang bombay, bawang merah, dan kulit tomat. Sayur-sayuran ini bisa meningkatkan gas dalam perutmu dan membuat sakit maag-mu kambuh.

Terus, sajian sayur seperti apa sih yang sehat, kaya serat, tapi ramah untuk perutmu? Coba deh resep sup kentang dan bayam yang satu ini!

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 1 ikat bayam, dicuci dan dipotong-potong jadi kecil (350 gram)
  • 1 liter kaldu sayur
  • 1 kentang ukuran medium, potong-potong
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 tomat, buang kulitnya
  • Garam untuk penyedap rasa

Cara membuatnya:

  1. Panaskan minyak goreng dengan api kecil,
  2. Tumis potongan kentang, daging tomat, dan bayam. Taburkan garam secukupnya
  3. Tambahkan sedikit saus yang kamu dapat dari tumisan tadi dengan kaldu sayur. Didihkan.
  4. Campurkan tumisan dengan kaldu sayur dan santap selagi hangat. Jangan langsung dimakan saat panas, perutmu bisa bergejolak!

Resep dari sini.

3. Kunyit adalah obat natural untuk sakit maag. Untuk resep yang mudah, cobalah bikin segelas susu kunyit ini

Susu kunyit via www.bestherbalhealth.com

Tahukah kamu kalau kunyit adalah obat alami untuk tukak lambung? Yup, kandungan kunyit bisa menutup dan menyembuhkan luka dalam lambung. Karena itu, cobalah membuat segelas susu kunyit hangat ini. Caranya mudah kok!

Bahan yang kamu butuhkan:

  • Bubuk kunyit / kunyit seukuran seperempat kelingkingmu, lalu dihaluskan
  • 1/2 cangkir air
  • 1 cangkir susu
  • Serbuk pala (jika ada)
  • madu untuk penambah rasa

Cara membuatnya:

  1. Didihkan air dan bubuk kunyit di panci kecil dengan api sedang selama 8 menit
  2. Di panci yang terpisah, panaskan susu. Matikan api setelah susu mendidih
  3. Campurkan kedua bahan tersebut dan tambahkan madu sebagai pemanis rasa

Susu kunyitmu siap diminum, yum!

4. Agar waktu sarapan tak terbuang sia-sia, buatlah resep oatmeal pisang dan apel yang lezat ini

Oatmeal apel dan pisang via tastespace.wordpress.com

Oatmeal pisang dan apel ini selain mudah dibuat juga sangat baik untuk perutmu. Apel mengandung antioksidan flavonoid yang bisa meredakan nyeri maag sekaligus memperkuat dinding lambungmu.

Berikut yang kamu butuhkan untuk membuatnya:

  • oatmeal sebanyak 1/2 mangkok ukuran medium
  • 1 cangkir air
  • 1 pisang
  • Garam secukupnya
  • Apel dipotong-potong dan dipanggang hingga kecokelatan
  • Madu

Kamu hanya tinggal menanak oatmeal hingga masak, mencampurkan pisang dan apel, dan menambahkan madu di atasnya. Voila!

5. Yang terakhir, coba membuat smoothie unik dari tahu sutera, stroberi, dan pisang ini

Strawberry banana tofu smoothie via www.wasfatnowfit.co.uk

Mungkin agak aneh kedengarannya, bikin smoothie dari sepotong tahu. Tapi sebenarnya tekstur tahu yang lembut dan rasanya yang unik ini bisa berpadu dengan sempurna dengan buah stroberi dan pisang. Selain bergizi, kamu bisa kenyang meminumnya tanpa harus merasa nyeri setelahnya.

Ini bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 2 potong tahu sutera
  • 1 cangkir penuh buah stroberi dingin
  • 1 buah pisang dingin
  • 1/2 cangkir susu kedelai
  • 1 sdm selai kacang (tidak wajib)
  • 2-3 buah es batu

Caranya gampang: campurkan semua bahan ke dalam blender sampai semua halus dan tercampur. Dijamin gak bakal menyesal deh membuatnya! 🙂

Punya penyakit maag berarti kamu harus lebih hati-hati memilih makanan. Jauhi teh, kopi, sambal pedas dan makanan-makanan lain yang enak tapi bisa membuat perutmu melilit. Nah, supaya sajian yang kamu makan tidak itu-itu saja, 5 resep mudah di atas bisa kamu coba. Selamat mencoba, ya! 😉