Kodrat mahasiswa dan pekerja muda macam kamu adalah mengerjakan tugas nggak henti-henti. Satu tugas selesai, eh udah datang tugas yang baru lagi. Bahkan kadang kamu juga harus membantu teman atau adikmu mengerjakan tugas mereka — sembari dikejar deadline dan target pribadi.

Saking banyaknya tugasmu ini, kadang kamu harus selesai mengerjakannya dalam semalam. Bahkan dalam beberapa jam.

Kalau situasi di atas tadi menggambarkan kamu, artinya kamu butuh tips jitu. Gimana caranya supaya tugas selesai dalam semalam tapi hasilnya tetap memuaskan. Dan badanmu nggak remuk karena begadang.

Simak aja yuk tips di bawah ini! Sudah dikumpulkan Hipwee dan Acer Aspire E-Series buat kamu, nih!

1. Kamu butuh konsentrasi tinggi. Jaga konsentrasi kamu dengan Teknik Pomodoro ini

Alarm khas Teknik Pomodoro via flickr.com

Teknik Pomodoro yang berasal dari Italia ini terbukti ampuh menjaga konsentrasi. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu penunjuk waktu seperti jam dan stopwatch. Intinya begini: selama 15 menit penuh, kamu harus fokus pada pekerjaanmu. Lalu, selama lima menit setelahnya kamu bisa istirahat. Begitu terus berulang-ulang sampai tugasmu akhirnya rampung.

Gampang, ‘kan? Dijamin tugasmu akan selesai lebih cepat dengan teknik ini

2. Kerjakan tugasmu sendiri. Kalau maksa mengerjakan bareng teman, nanti tugasmu nggak akan jadi

Mending menyendiri! via www.risingbean.com

Ngerjain tugas sendirian memang kadang malesin. Akhirnya, kamu pun berinisiatif mengajak teman ngerjain tugas bareng di kafe atau perpustakaan.

Tapi hati-hati. Bisa-bisa tugasmu nggak jadi-jadi karena kamu keasyikan gosip atau ngopi bareng teman-teman.

“Ah, nanti aja deh ngerjain tugasnya… Toh masih besok siang dikumpulinnya…”

Lebih baik kamu mengurung diri untuk sementara. Lagipula, ini akan lebih membantumu menjaga konsentrasi juga. Tutup pintu kamar dan kalau perlu pasang tanda “Jangan ganggu” di pintunya. Biar semua orang tahu kamu perlu waktu sendiri dulu.

3. Targetkan tugasmu selesai lebih cepat daripada biasa. Kalau gagal, masih ada waktu yang tersisa

Konsen dulu. Biar cepet selesai via hipwee.com

“Oh, kalau bikin grafik begini biasanya aku perlu dua jam… Coba ah, satu jam bisa selesai nggak ya?”

Kalau kamu biasa mengerjakan tugas itu dalam dua jam, sekarang coba tantang dirimu untuk merampungkannya dalam satu jam saja. Dengan begitu, otakmu akan bekerja lebih keras karena sense of urgency tugasmu jadi lebih tinggi. Nggak ada deh ceritanya telat nyelesaiin tugas!

4. Biarpun harus cepat, jangan lupa urusan sitasi. Biar kamu terhindar dari plagiasi

Jangan lupa sitasi dan bibliografi

Plagiasi atau penjiplakan karya ilmiah adalah haram jadah. Jangan sampai kamu melakukannya, apalagi kalau nggak sengaja. Hanya karena lupa mencantumkan sitasi atau kutipan ilmiah, kamu dituduh melakukan plagiasi. Nggak mau dong?

Supaya waktumu nggak habis untuk mencantumkan sitasi dan bibliografi, manfaatkan situs khusus sitasi atau fitur di Microsoft Word. Kamu tinggal pilih deh mau gaya APA, Chicago, MLA, Harvard, atau gaya sitasi tertentu yang diminta dosenmu. Nggak usah input manual!

5. Pilih notebook yang mumpuni. Kencang dan stylish, supaya semangat mengerjakan tugas sampai selesai!

Pastikan pilihanmu tepat! via www.gadget-terbaru.com

Supaya proses mengerjakan tugasmu lancar, tentu kamu harus memilih notebook atau laptop dengan performa mendukung. Pastikan notebook atau laptopmu itu punya prosesor yang mampu mendukung kebutuhan tugas ataupun pekerjaan. Seperti prosesor Intel Core i3, i5 dan i7 generasi terbaru yang menjaimin performa lebih kencang. Tugas dan pekerjaan pun bisa tuntas lebih lancar .

Notebook Acer Aspire E Series E5-473, E5-473G, dan E5-573 sudah dilengkapi prosesor generasi terbaru di atas lho. Nggak hanya itu saja. Tiga seri notebook ini juga dilengkapi dengan Teknologi Bluelight Shield, yang mengurangi emisi cahaya biru dari monitor laptop ke tingkat yang jauh lebih aman. Matamu jadi nggak cepat lelah, kerja lama-lama jadi nggak masalah!

Selain performa terjamin, lebih asyik lagi kalau laptop kamu terlihat stylish dengan desain warna-warni. Permukaan laptop Acer Aspire E Series pun dikemas dengan kontur fine linenlebih elegan dan nyaman digenggam. Dengan semua kelebihan yang ada ini, kamu pasti lebih pede membawanya ke mana-mana.

Karena notebook yang kamu pakai akan krusial menentukan tepat waktunya tugasmu, pilih notebook yang memang mumpuni dan stylish seperti Aspire E Series ya!

6. Istirahatkan badan begitu tugas kelar. Jangan sampai remuk karena begadang. Kasihan :’)

Capek 🙁 via www.gopixpic.com

Badan yang dipakai begadang semalaman pasti akan kelelahan. Karena itu, istirahatkan badanmu seharian — jangan begadang lagi malam berikutnya kalau nggak mau tepar. Makan sup hangat dan susu yang membantu tubuhmu kembali ke performa semula, dan cobalah tidur siang supaya badanmu bisa tetap segar. Jangan sampai kamu remuk karena begadang. Kamu masih perlu tubuh yang sehat demi mengerjakan tugas-tugas lainnya yang sudah menumpuk ;p

Nah, gimana tips dari Hipwee dan Acer di atas? Ada yang mau menambahkan tips jitu pribadimu dalam mengerjakan tugas? Jangan ragu tambahkan di kolom komentar, ya! 🙂