“Ciyeeee, bawa bekal, kayak anak TK aja!”

“Kalau bawa bekal dikira pelit dan anak mama banget, jajan aja ah ntar!”

“Nggak setia kawan nih, temennya pada makan di luar kok malah bawa bekal sendiri.”

Itulah sekelumit hal yang akan kalian dapatkan ketika membicarakan soal bekal yang kalian bawa ke sekolah, tempat kerja atau dimana pun saat kalian harus bertemu banyak orang atau kolega. Bagi anak rumahan yang nggak doyan makan di rumah, membawa bekal adalah hal yang sangat mustahil karena malas dan nggak mau diejek teman-temannya, tapi berbanding terbaik dengan orang yang menganggap bekal sebagai sarana penghematan plus menyehatkan tubuh. Kira-kira bekal apa saja sih yang gampang dibuat dan bisa bikin hemat sekaligus menyehatkan?

1. Isi tas mu dengan yoghurt kemasan ini sebagai bekal yang menyehatkan sekaligus menyegarkan

yoghurt menyegarkan dan menyehatkanmu via goodhealthdiva.blogspot.com

Kamu nggak perlu kuatir tentang borosnya beli yoghurt kemasan yang harganya memang agak mahal. Carilah yoghurt kemasan yang biasa saja (yang penting yoghurt, bukan jamu) dengan harga yang sesuai dengan kantongmu. Banyak kok di supermarket, yoghurt asli dengan harga antara 5-8 ribu saja.

2. Jus buah. Kamu nggak wajib minum dan bawa bekal jus setiap hari, cukup 2-3 hari saja dalam seminggu.

bikin sendiri jus buahmu! via palmbeachillustrated.com

Advertisement

“Kan aku nggak punya blender? Gimana mau bawa bekal jus?”

Tenang, banyak gerobak-gerobak penjual jus yang sudah buka pada pagi hari dan stock buah yang lengkap, kok. Membawa bekal jus ke tempat kerja atau sekolahmu akan mengurangi rasa ingin ngemilmu, lho. Karena kandungan vitamin dalam buah-buahan membuat perutmu terasa penuh dalam waktu yang cukup lama. So, worth to try ya!

3. Sebelum pergi, boleh lho sekali-kali masak nasi merah dengan sayuran tumis sebagai pelengkapnya! Dengan bekal ini, kamu nggak perlu jajan waktu jam makan siang tiba.

nasi merah kaya protein via cooking.nytimes.com

Beras merah memiliki kandungan yang berbeda dengan beras-beras lainnya. Kandungan protein nabati dan mineral yang kaya di beras ini membuat harganya cukup mahal. Nggak heran, beras merah biasanya hanya dikonsumsi oleh mereka yang diet atau punya uang lebih untuk makanan sehari-hari. Tapi, nggak apa-apa kok sekali-kali kalian mencoba mengolah nasi merah ini dengan sayuran tumis lengkap dengan lauknya sebagai bekal agar kenyang lebih lama dari biasanya. Belajar bikin olahan nasi merah sehat ini di sini.

4. Kalau nggak mau repot, ya nasi putih saja. Jangan lupa sertakan sayuran tumis dengan sedikit minyak sebagai lauknya ya!

nasi putih lauk sayur via flwyd.blogspot.com

Kalau kalian nggak mau ribet dan keluar uang banyak, menu nasi putih plus sayuran ini patut kalian jadikan bekal sehari-hari. Olahan yang super mudah dan murah ini bisa menghemat pengeluaranmu buat jajan dan tetap kenyang yang sehat tentunya.

5. Coba roti tawar gandum dengan selai kacang yang gurih ini! Nggak cuma murah, roti gandum juga lebih sehat dan berserat dibanding roti lainnnya.

roti gandum penuh manfaat via garudasuplemen.com

Jangan dulu bilang mahal, sekarang sudah ada roti gandum yang murah tapi tetap enak dan sehat, kok. Harga roti gandum ini cuma sekitar 10.000 ribu saja dengan isi 10 potong roti. Nah, kalau kamu nggak suka selai kacang, bisa kok diganti selai lainnya sesuai selera.

6. Roti tawar biasa dengan keju rendah lemak di dalamnya juga bisa kamu jadikan alternatif bekal. Buat aktivitasmu lebih bersemangat dengan lezatnya keju, yuk!

roti tawar isi keju rendah lemak via hungryoke.blogspot.com

Siapa sih yang nggak doyan keju? Hampir setiap orang doyan dengan salah satu produk olahan susu ini. Selain rasanya yang gurih dan juga nikmat, kandungan vitamin serta kalsium dalam keju juga baik untuk tubuh (asalkan jangan sering-sering dikonsumsi ya). Well, untuk alternatif bekalmu yang kali ini sebaiknya menggunakan keju rendah lemak ya, agar kandungan lemak jenuhnya nggak terlalu banyak jika dipadukan dengan roti tawar biasa tadi.

7. Nyummm! Salad buah bikinan sendiri ini memang paling enak, sehat dan cocok buat dijadikan bekal.

salad buah penuh vitamin via fruitsaladrecipephotos.blogspot.com

Coba deh sekali-kali bawa bekal salad buah ini ke tempat kerja atau sekolahmu. Kamu tetap boleh kok menuruti ajakan teman-temanmu untuk makan bakso atau mie ayam saat istirahat, tapi usahakan akhiri dengan salad buah bikinanmu sendiri yang pastinya enak dan menyehatkan. Jangan lupa, tambahkan madu atau sirup rendah gula untuk menambah cita rasanya ya.

8. Lebih sering makan siang di luar saat jam istirahat? Susu rendah lemak ini cocok untuk mengisi perutmu saat pagi harinya.

susu rendah lemak sumber energi via telegraph.co.uk

Untuk memulai harimu, susu rendah lemak bisa menjadi andalan untuk mengisi perut di pagi hari. Selain mengandung energi yang baik bagi tubuh, susu dengan kandungan lemak yang rendah bisa menambah konsentrasi serta daya ingatmu, lho!

9. Salad sayur ala restoran yang bisa kamu buat menjadi tumis sayur homemade kaya vitamin serta rendak lemak.

salad sayur sederhana via freshcannedfrozen.com

Kalau jam makan siang tiba dan kamu bingung mau makan di mana, bawa saja salad sayur atau tumis sayur homemade dengan isian sayuran sesuai selera. Tambahkan nasi putih atau merah (jika ada) serta lauk pauk yang sehat pula. Hmmm… makan siangmu makin berwarna, deh!

Mulai sekarang, nggak perlu repot bawa bekal sendiri ke sekolah atau tempat kerjamu ya. Nggak harus bosan juga dengan menu bekal yang itu-itu saja karena 9 variasi bekal tadi akan sangat membantumu!