Malu rasanya saat bertelanjang kaki usai buka sepatu, lantas langsung merebak bau yang kurang sedap. Penyebabnya bisa disebabkan karena kaki yang berkeringat dan lembap yang bercampur dengan bakteri sehingga menimbulkan bau menyengat, atau karena kaus kaki maupun sepatu yang jarang sekali dicuci atau dibersihkan.

Memang, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Seperti mencuci kaki dengan sabun antiseptik dan mengeringkannya, atau membubuhkan bedak di sepatu untuk mengurangi kelembapan. Namun ada cara lain yang juga berfungsi untuk terapi penyembuhan kaki yang berbau lho. Tanpa harus menggunakan bahan kimia macam-macam, kamu bisa buat sendiri rendaman khusus untuk atasi bau kaki. Mudah kok!

1. Basmi kuman penyebab bau kaki sekaligus melemaskan lagi otot-ototmu yang kaku dengan rendaman garam dapur

Rendaman garam via bangka.tribunnews.com

Garam dapur punya khasiat yang bagus untuk menghilangkan bakteri yang bersarang di kaki, melancarkan sirkulasi darah, mengatasi kaki kering dan pecah-pecah sekaligus dapat digunakan sebagai terapi relaksasi.

Campur air hangat dengan garam secukupnya, lalu rendam kaki selama 20 menit. Sikat kaki dengan lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk, lalu bilas dan keringkan.

2. Tak hanya berkhasiat saat diminum saja, teh juga bisa dijadikan bahan rendaman untuk mengurangi keringat di kaki

Advertisement

Rendaman teh via www.grazeme.com

Kandungan asam atau tanin yang terdapat dalam teh ampuh menyempitkan pori-pori kulit sehingga dapat mengurangi keringat di kaki. Selain itu, teh juga berfungsi sebagai antibiotik alami yang dapat membunuh bakteri di kaki. Belum lagi aromanya yang dapat membuat tubuhmu jadi rileks.

Untuk mengurangi bau kurang sedap di kaki, rebus dua kantung teh hitam selama 15 menit. Masukkan air dingin ke dalam larutan air teh. Lalu rendam kaki ke dalam campuran tersebut selama 15-20 menit. Sikat kaki dengan lembut, bilas dan keringkan.

3. Selain berfungsi untuk mengatasi jerawat, gunakan rendaman air lemon untuk atasi bau kaki yang menyengat

Rendaman lemon via www.merg.pl

Lemon memiliki kandungan mineral dan vitamin C yang mempu memberikan rangsangan bagi kesehatan kulit agar tetap mulus dan sehat, termasuk juga kulit kaki. Air lemon akan bekerja dengan mengelupas sel-sel kulit mati yang menumpuk di kaki sebagai penyebab bau yang kurang sedap.

Siapkan 2 buah lemon, bagi dua dan peras airnya, campurkan dengan air hangat termasuk juga sisa potongan lemon yang telah diperas tadi. Rendam kakimu dalam campuran ini selama 15-20 menit. Gosok-gosok telapak kaki dengan irisan lemon hingga bersih, lalu bilas dan keringkan.

4. Khasiat soda kue memang nggak ada duanya. Selain bisa membersihkan peralatan dapur, juga bisa mengangkat kotoran di kaki dan menghilangkan baunya

Rendaman soda kue via ahealthadvisory.com

Soda kue terkenal dengan khasiatnya yang ampuh membersihkan kotoran dari kuman dan bakteri. Butiran halusnya juga bisa dijadikan scrub alami yang mengangkat sel kulit mati.

Rendam kaki ke dalam air hangat yang telah dicampur soda kue secukupnya selama kurang lebih 20 menit hingga air menjadi dingin. Lanjutkan dengan menggosok kaki dan memijatnya sesekali untuk memberi efek relaksasi. Lalu bilas dan keringkan.

5. Ternyata obat kumur juga punya manfaat untuk membersihkan kotoran dan bakteri yang bersarang di kaki lho!

Rendaman obat kumur via www.rd.com

Pada dasarnya, kandungan thymol pada obat kumur bisa membubuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut, termasuk juga di kaki. Selain itu, obat kumur juga bisa dimanfaatkan untuk merawat tumit yang kasar dan pecah-pecah, menghindari terkelupasnya kulit, dan membuat kaki lebih segar dan lembut.

Campur beberapa tetes obat kumur dengan air hangat. Bersihkan kaki terlebih dahulu, lalu rendam ke dalam campuran tersebut selama 20 menit. Gosok kaki sesekali untuk menghilangkan sel kulit matinya. Bilas dan keringkan.

6. Cuka nggak hanya bisa digunakan untuk tambahan bahan masakan saja, tapi untuk usir bakteri penyebab bau kaki juga

Rendaman cuka via inmymindtoday.com

Tingginya zat anti bakteri dan anti jamur dalam cuka, membuat bahan ini bisa dimanfaatkan sebagai rendaman kaki. Cuka mampu menciptakan lingkungan yang nggak ramah bagi bakteri untuk berkembang biak. Sehingga kaki pun terhindar dari bau kurang sedap yang menyengat.

Rendamlah kaki dengan larutan cuka dan air hangat selama kurang lebih 20 menit untuk mengurangi bakteri-bakteri penyebab bau tak sedap di kaki. Gosok-gosok kaki dengan sikat yang lembut sambil dipijat-pijat. Lalu bilas dan keringkan.

Lakukan terapi yang telah Hipwee Tips sebutkan di atas untuk mengurangi bau tak sedap di kaki secara teratur, ya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kaus kaki maupun sepatu yang menjadi salah satu faktor penyebab kemunculan kuman dan bakteri. Semoga bermanfaat, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya